Tujuan pelayanan prima adalah memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan atau masyarakat serta memberikan fokus pelayanan kepada pelanggan. Pelayanan prima akan bermanfaat bagi upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan dan sebagai acuan penyusunan standar pelayanan. Berikut beberpa tujuan pelayanan prima menurut para ahli :
Tujuan Pelayanan Prima Menurut Para Ahli :
- Tujuan pelayanan prima menurut (Daryanto dan Ismanto Setyabudi, 2014) adalah memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan ataumasyarakat serta memberikan fokus pelayanan kepada pelanggan.
- Tujuan pelayanan prima menurut Suyyety dan Gita Kunrinawan dalam (Suminar.R dan Apriliawati.M, 2017) adalah untuk menimbulkan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan, dan untuk menjaga agar pelanggan merasa dipentingkan dan diperhatikan segala kebutuhannya.
- Tujuan pelayanan prima menurut (Suminar. R dan Apriliawati. M, 2017) pelayanan prima bertujuan memberdayakan masyarakat bukan memperdayakan sehingga akan menumbuhkan kepercayaan publik atau masyarakat kepada pemerintahannya.
- Tujuan pelayanan prima menurut (Rahmayanty, 2013; 12-13) :
a) Memberikan rasa puas dan kepercayaan pada konsumennya. Kualitas memberikan dorongan kepada pelanggan untuk menjalin hubungan yang kuat dengan perusahaan.
b) Kemudian adanya pelayanan prima tetap menjaga dan merawat pelanggan merasa diperhatikan dan dipentingkan segala kebutuhannya atau keinginannya.
c) Serta upaya mempertahankan pelanggan agar tetap loyal untuk menggunakan produk barang atau jasa yang ditawarkan tersebut. - Tujuan pelayanan prima menurut Daryanto dalam (Suminar.R dan Apriliawati. M, 2017)tujuan pelayanan prima adalah :
a) Untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan.
b) Untuk menimbulkan keputusan dari pihak pelanggan agar segera membelibarang atau jasa yang ditawarkan pada saat itu juga.
c) Untuk membutuhkan kepercayaan pelanggan terhadap pelanggan terhadapbarang atau jasa yang ditawarkan.
d) Untuk menghindari terjadinya tuntutan-tuntutan yang tidak perlu dikemudianhari terhadap produsen.
e) Untuk menciptakan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan.
f) Untuk menjaga agar pelanggan merasa diperhatikan segala kebutuhannya.
Pelayanan Prima dilaksanakan dari 2 sektor
Menurut Sutopo dan Adi Suryanto dalam (Suminar.R dan Apriliawati.M 2017) pelayanan Prima dilaksanakan dari 2 sektor, yaitu :
- Sektor Publik Pada sektor publik didasarkan pada asioma bahwa “pelayananadalah pemberdayaan” yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatsecara sangat baik atau terbaik.
- Sektor Bisnis Pada sektor bisnis atau swasta pelayanan bertujuan atauberorientasi pada profit atau keuntungan.Menurut (Freddy, 2017) tujuan pelayanan prima adalah memberikan pelayanan.
Lihat juga pembahasan terkait lainnya :
- Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan
- Metode Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menurut Kotler
- Prinsip-Prinsip Kualitas Pelayanan Menurut Kusmayadi
- Pengertian Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli
- Pengertian Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
- Mengukur Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
- Prinsip-Prinsip Kualitas Pelayanan Menurut Ahli
- Pengertian Pelayanan Prima Menurut Para Ahli
- Konsep Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
- Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menurut Kotler
- Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menurut Ahli
- Faktor Penyebab Buruknya Kualitas Pelayanan
- Cara Meningkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan
- Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan
- Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen
- 4 Metode Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan
- Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan
- Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
- Aspek Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan
- Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan
- Dimensi Kualitas Pelayanan Menurut Tjiptono
- Pentingnya Pelayanan Prima Bagi Perusahaan
- Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen
- Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Menurut Ahli
- Manfaat Pelayanan Prima Menurut Para Ahli
- Kriteria Kualitas Pelayanan Menurut Ahli
- Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli
- Proses dan Tahapan Pelayanan Prima
- Paradigma Pelayanan Sepenuh Hati
- Loyalitas Pelanggan Secara Harfiah
- Dimensi Kualitas Pelayanan Prima
- Pengertian Loyalitas Konsumen
- Konsep dasar pelayanan prima
- Fasilitas Pelabuhan Peti Kemas
- Pengertian Loyalitas Pelanggan
- Indikator Loyalitas Pelanggan
- Manfaat Kepuasan Pelanggan
- Alat Ukur Kualitas Pelayanan
- Dimensi Kualitas Pelayanan
- Definisi Konsep Pelayanan
- Prinsip Pelayanan Prima 3A
- Pengertian Kualitas Jasa
- Konsep Pelayanan Prima A6
- Konsep Pelayanan Prima
- Kualitas Pelayanan Prima
- Ciri Ciri Pelayanan Prima
- Ciri Ciri Pelanggan Puas
- Fungsi Pelayanan Prima
- Unsur Pelayanan Prima