Proses dan Tahapan Pelayanan Prima

Proses dan Tahapan Pelayanan Prima

Proses dan tahapan pelayanan prima (Judiari, 2010; 106) :

Proses dan Tahapan Pelayanan Prima

  1. Pancarkan segenap sikap positif kepada orang lain/pelanggan.
    Langkah: identifikasi kebutuhan dasar manusia (pengertian), membaca kebutuhan pelanggan (perhatian), pengaturan waktu pelayanan (tepat waktu), situasi dan kondisi, kepekaan dan empati (mendengarkan).
  2. Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan.
    Langkah: identifikasi kebutuhan dasar manusia (pengertian), membaca kebutuhan pelanggan (perhatian), pengaturan waktu pelayanan (tepat waktu), situasi dan kondisi, kepekaan dan empati (mendengarkan).
  3. Aplikasi diri pengidentifikasian kebutuhan pelanggan.
    Langkah: ambil inisiatif untuk memperluas tanggung jawab, berkomunikasi dengan jelas/asertif, pengertian, pelanggan disambut dengan baik, membantu mereka merasa penting, memberikan lingkungan yang menyenagkan.
  4. Ada pengakuan kepuasan dari pelanggan yang anda layani.
    Langkah: tuntaskan semua kebutuhan pelanggan, ambil langkah ekstra bagi pelayanan, beri sikap yang menjadikan pelanggan berada di pihak anda.

 

Baca juga Hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Pelayanan Prima