Cara Meningkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Cara Meningkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Cara meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Pelanggan sebenarnya merupakan asset terbesar bagi setiap organisasi, karena tanpa mereka perusahaan tidak akan ada. Kelangsungan suatu bisnis mutlak tergantung dari tidak adanya perhatian yang besar terhadap kebutuhan pelanggan. Semakin banyak dan semakin loyal pelanggan terhadap kita, maka semakin kuat kemungkinan bisnis kita meraih sukses.

“Menurut Daryanto (2015:49) pelanggan merupakan orang orang yang kegiatannya membeli dan menggunakan suatu produk, baik barang maupun jasa secara terus menerus.”



Pelanggan bagi perusahaan adalah asset, karena itu peningkatan kualitas pelayanan diupayakan terus – menerus untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan yang terbaik perlu didukung oleh berbagai hal. Menurut Kasmir (2006:308)..

Cara Meningkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan

  1. Tersedia karyawan yang baik
    Karyawan yang melayani pelanggan, dalam hal ini karyawan merupakan faktor penentu utama kesuksesan perusahaan selama melayani pelanggan. Kenyamanan pelanggan juga sangat tergantung dari karyawan yang melayaninya. Karyawan harus ramah, sopan, dan menarik. Disamping itu karyawan harus cepat tanggap, cerdas, pandai bicara, menyenangkan serta pintar.
  2. Tersedia sarana dan prasarana
    Dalam melayani pelanggan hal lain yang juga penting diperhatikan adalah sarana dan prasarana yang dimiliki perusahaan. Meja dan kursi serta peralatn pendukung lainnya harus nyaman untuk ditempati dan dipandangi. Sarana dalam ruangan juga harus tenang, tidak berisik, dan sejuk. Kelengkapan dan kenyamanan sarana dan prasarana ini akan membuat pelanggan betah berurusan dengan perusahaan.
  3. Bertanggung jawab
    Karyawan yang baik harus bertanggung jawab kepadasetiap pelanggan sejak awal hingga selesai. Artiya, dalam melayani peanggan harus dari awal hingga akhir pelanggan akan merasa puas jika karyawan bertanggung jawab terhadap pelayanan yang diinginkannya. Jika terjadin sesuatu, karyawan yg daari awal mengerjakannya segera mengambil alih tanggung jawabnya.
  4. Mampu melayani secara cepat dan tepat
    Seorang karyawan dituntut untuk mampu melayani secara tepat dan cepat. Dalam melayani pelanggan seorang karyawan diharapkan melakukan pelayanan sesuai prosedur. Layanan yang diberikan sesuai jadwal untuk pekerjaan tertentu dan tidak membuat kesalahan, dalam arti pelayanan yang diberikan sesuai dengan keinginan pelanggan.
  5. Mampu berkomunikasi dengan baik
    Seorang karyawan harus mampu berbicara dengan baik kepada setiap pelanggan atau calon pelanggan. Dan cepat memahami keinginan mereka. Artinya seorang karyawan harus dapat berkomunikasi dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti. Usahakan untuk tidak menggunakan istilah yang sulit dimengerti dan dapat menyebabkan pelanggan bingung.
  6. Berusaha memahami kebutuhan pelanggan
    Seorang karyawan harus cepat tanggap terhadap apa yang diinginkan oleh pelanggan. Karyawan yang lamban akan membuat pelanggan lari. Usahakan mengerti dan memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan.

 

Baca juga Paradigma pelayanan sepenuh hati



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Pelayanan Prima