Fungsi Pelayanan Prima

Fungsi Pelayanan Prima

Fungsi Pelayanan Prima Menurut Para Ahli

Pelayanan pada dasarnya adalah kegiatan yang ditawarkan oleh organisasi atau perorangan kepada konsumen (yang dilayani), yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki. Pelayanan prima biasanya berhubungan erat dengan bisnis jasa pelayanan yang dilakukan dalam upaya untuk memberikan rasa puas dan menumbuhkan kepercayaan terhadap pelanggan atau konsumen, sehingga pelanggan merasa dirinya dipentingkan atau diperhatikan dengan baik dan benar.

Pelayanan pada dasarnya adalah kegiatan yang di tawarkan oleh organisasi atau perorangan kepada konsumen (yang dilayani), yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki, sedangkan yang dikemukakan oleh Lijen Poltak Sinambela (2006:3),“pada dasarnya setiap manusia membutuhkan pelayanan, bahkan secara ekstrim dapat dikatakan bahwa pelayanan tidak dapat dipisahkan dengan kebutuhan manusia”.

Fungsi pelayanan prima menurut (Daryanto dan Ismanto Setyabudi, 2014) :

  1. Melayani pelanggan dengan ramah, tepat, dan cepat.
  2. Menciptakan suasana agar pelanggan merasa dipentingkan.
  3. Menempatkan pelanggan sebagai mitra usaha.
  4. Menciptakan pangsa pasar yang baik terhadap produk/jasa.
  5. Memenangkan persaingan pasar.
  6. Memuasakan pelanggan agar mau berbisnis lagi dengan perusahaan.
  7. Memberikan keuntungan pada perusahaan.



Fungsi pelayanan prima menurut Zaenal Mukarom dalam (Suminar.R dan Apriliawati. M, 2017)

Mengatakan bahwa fungsi pelayanan prima melayani pelanggan dengan ramah, tepat,dan cepat memenuhi dan memuaskan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya dalam rangka :

  1. Memberdayakan masyarakat sebagai sebagai pelanggan pelayanan publik.
  2. Membangun dan menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

 

Pada hakikatnya, pelayanan prima adalah salah satu usaha yang dilakukan perusahaan untuk melayani pembeli (pelanggan) dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan, baik yang berupa produk barang atau jasa.

Menurut Zaenal Mukarom (2015:229) mengatakan bahwa fungsi pelayanan prima Melayani pelanggan dengan ramah, tepat, dan cepat memenuhi dan memuaskan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya dalam rangka :

  1. Memberdayakan masyarakat sebagai sebagai pelanggan pelayanan public.
  2. Membangun dan menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Pelayanan prima bertujuan memberdayakan masyarakat bukan memperdayakan sehingga akan menumbuhkan kepercayaan publik atau masyarakat kepada pemerintahannya. Adapun kepercayaan adalah awal atau modal dari kolaborasi dan partisipasi masyarakat dalam program-program pembangunan.

Sedangkan manfaat dari pelayanan prima menurut Zaenal Mukarom (2015:229) pelayanan prima bemanfaat bagi upaya peningkatan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat sebagai pelanggan dan sebagai acuan pengembangan penyusunan standar pelayanan. Dengan pelayanan prima, penyedia layanan, pelanggan dan stakeholder dalam kegiatan pelayanan akan memiliki acuan tentang bentuk, alasan, waktu, tempat, dan proses pelayanan yang seharusnya.

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Uncategorized