Aspek Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan

Aspek Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan

Aspek Aspek Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan

Zikmund (2003:72) dalam Vanessa Gaffar, aspek‐aspek yang mempengaruhi loyalitas adalah :

  1. Satisfaction (Kepuasan), merupakan perbandingan antara harapan sebelum melakukan pembelian dengan kinerja yang disarankan.
  2. Emotional Bonding (Ikatan Emosi), dimana konsumen dapat terpengaruh oleh sebuah merek yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga konsumen dapat diidentifikasikan dalam sebuah merek. Ikatan yang tercipta dari sebuah merek ialah ketika konsumen mersakan ikatan yang kuat dengan konsumen lain yang menggunakan produk atau jasa yang sama.
  3. Trust (Kepercayaan), yaitu kemauan seseorang untuk mempercayakan perusahaan atau sebuah merekuntuk melakukan atau menjalankan sebuah fungsi.
  4. Choice Reduction and Habit (Kemudahan), yaitu jika konsumen akan merasa nyaman dengan sebuah merek ketika situasi mereka melakukan transaksi memberikan kemudahan.
  5. History With The Company, yaitu sebuah pengalaman seseorang pada perusahaan dapat membentuk perilaku.

Vanessa Gaffar (2007:72), (Dalam sebuah penelitian pengaruh costumer intimacy terhadap loyalitas pelanggan pada CV Rabbani Assysa. hal. 40‐41) menyatakan bahwa loyalitas pelanggan yang didasri perspektif sikap dipengaruhi oleh tiga faktor pertama, sedangkan loyalitas yang didasri perspektif perilaku dipengaruhi oleh kedua hal lain. Kedua perspektif ini pada akhirnya dapat membentuk derajat loyalitas konsumen.



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Uncategorized