Konsep Pelayanan Prima A6

Konsep Pelayanan Prima A6

Konsep Pelayanan Prima A6

Keberhasilan dalam mengembangkan dan melaksanakan pelayananprima tidak terlepas dari kemampuan dalam pemilihan konsep pendekatannya. Konsep pelayanan prima A6 (Barata, 2003; 31), yaitu mengembangkan pelayanan prima dengan menyelaraskan konsep-konsep Sikap (Attitide), Perhatian (Attention), Tindakan (Action), Kemampuan (Ability), Penampilan (Appearance), dan Tanggung jawab (Accountability). Bagaimana cara melayani pelanggan berdasarkan konsep pelayanan prima a6..???

Berikut Adalah Konsep Pelayanan Prima A6 :

  1. Sikap (Attitude)
    Sikap (Attitude) adalah perilaku yang harus ditonjolkan ketika menghadapi pelanggan, yang meliputi penampilan yang sopan dan serasi, berpikir posotif, sehat dan logis, dan bersikap menghargai.
  2. Perhatian (Attention)
    Perhatian (Attention) adalah kepedulian penuh kepada pelanggan,baik yang berkaitan dengan perhatian akan kebutuhan dan keinginan pelanggan maupun pemahaman atas saran dan kritiknya, yang meliputi mendengarkan dan memahami secara sungguh-sungguh kebutuhan parapelanggan, mengamati dan menghargai perilaku para pelanggan, dan mencurahkan perhatian penuh kepada pelanggan.
  3. Tindakan (Action)
    Tindakan (Action) adalah berbagai kegiatan nyata yang harus dilakukan dalam memberikan layanan kepada pelanggan, yang meliputi mencatat setiap pesanan para pelanggan, mencatat kebutuhan para pelanggan, menegaskan kembali kebutuhan para pelanggan, mewujudkan kebutuhan para pelanggan, dan menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan mau kembali.
  4. Kemampuan (Ability)
    Kemampuan (Ability) adalah pengetahuan dan keterampilan tertentu yang mutlak diperlukan untuk menunjang program pelayanan prima, yang meliputi kemampuan dalam bidang kerja yang ditekuni, melaksanakan komunikasi yang efektif, mengembangkan motivasi, dan mengembangkan public relation sebagai instrument dalam membina hubungan kedalam dan keluar organisasi atau perusahaan.
  5. Penampilan (Appearance)
    Penampilan (Appearance) adalah penampilan seseorang baik yang bersifat fisik saja maupun fisik atau non fisik, yang mampu merefleksikan kepercayaan diri dan kredibilitas dari pihak lain.
  6. Tanggung Jawab (Accountability)
    Tanggung Jawab (Accountability) adalah suatu sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai suatu wujud keperdulian untuk menghindarkan atau meminimalkan kerugian atau ketidakpuasan pelanggan.



Pendapat lain menyatakan bahwa konsep pribadi pelayanan prima meliputi unsur-unsur kepribadian, penampilan, perilaku, komunikasi,pengetahuan, dan penyampaian. Konsep layanan prima tersebut terdiridari hal-hal berikut ini (Pendit, 2004; 51):

  • Pribadi prima tampil ramah.
  • Pribadi prima tampil sopanc.
  • Pribadi prima tampil yakind.
  • Pribadi prima tampil rapie.
  • Pribadi prima tampil ceriaf.
  • Pribadi prima senang memaafkang.
  • Pribadi prima senang bergaulh.
  • Pribadi prima tampil belajar dari orang laini.
  • Pribadi prima senang dalam kewajaranj.
  • Pribadi prima senang menyenangkan orang lain.

Jadi konsep pelayanan prima A6, yaitu Sikap (Attitide), Perhatian (Attention), Tindakan (Action), Kemampuan (Ability), Penampilan (Appearance), dan Tanggung jawab (Accountability).

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Uncategorized