Tujuan Pelayanan Prima

Tujuan Pelayanan Prima

Tujuan pelayanan prima adalah memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan atau masyarakat serta memberikan fokus pelayanan kepada pelanggan. Pelayanan prima akan bermanfaat bagi upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan dan sebagai acuan penyusunan standar pelayanan. Berikut beberpa tujuan pelayanan prima menurut para ahli :

Tujuan Pelayanan Prima Menurut Para Ahli : 

  1. Tujuan pelayanan prima menurut (Daryanto dan Ismanto Setyabudi, 2014) adalah memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan ataumasyarakat serta memberikan fokus pelayanan kepada pelanggan.
  2. Tujuan pelayanan prima menurut Suyyety dan Gita Kunrinawan dalam (Suminar.R dan Apriliawati.M, 2017) adalah untuk menimbulkan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan, dan untuk menjaga agar pelanggan merasa dipentingkan dan diperhatikan segala kebutuhannya.
  3. Tujuan pelayanan prima menurut (Suminar. R dan Apriliawati. M, 2017) pelayanan prima bertujuan memberdayakan masyarakat bukan memperdayakan sehingga akan menumbuhkan kepercayaan publik atau masyarakat kepada pemerintahannya.
  4. Tujuan pelayanan prima menurut (Rahmayanty, 2013; 12-13) :
    a) Memberikan rasa puas dan kepercayaan pada konsumennya. Kualitas memberikan dorongan kepada pelanggan untuk menjalin hubungan yang kuat dengan perusahaan.
    b) Kemudian adanya pelayanan prima tetap menjaga dan merawat pelanggan merasa diperhatikan dan dipentingkan segala kebutuhannya atau keinginannya.
    c) Serta upaya mempertahankan pelanggan agar tetap loyal untuk menggunakan produk barang atau jasa yang ditawarkan tersebut.
  5. Tujuan pelayanan prima menurut Daryanto dalam (Suminar.R dan Apriliawati. M, 2017)tujuan pelayanan prima adalah :
    a) Untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan.
    b) Untuk menimbulkan keputusan dari pihak pelanggan agar segera membelibarang atau jasa yang ditawarkan pada saat itu juga.
    c) Untuk membutuhkan kepercayaan pelanggan terhadap pelanggan terhadapbarang atau jasa yang ditawarkan.
    d) Untuk menghindari terjadinya tuntutan-tuntutan yang tidak perlu dikemudianhari terhadap produsen.
    e) Untuk menciptakan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan.
    f) Untuk menjaga agar pelanggan merasa diperhatikan segala kebutuhannya.



Pelayanan Prima dilaksanakan dari 2 sektor

Menurut Sutopo dan Adi Suryanto dalam (Suminar.R dan Apriliawati.M 2017) pelayanan Prima dilaksanakan dari 2 sektor, yaitu :

  1. Sektor Publik Pada sektor publik didasarkan pada asioma bahwa “pelayananadalah pemberdayaan” yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatsecara sangat baik atau terbaik.
  2. Sektor Bisnis Pada sektor bisnis atau swasta pelayanan bertujuan atauberorientasi pada profit atau keuntungan.Menurut (Freddy, 2017) tujuan pelayanan prima adalah memberikan pelayanan.

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Uncategorized