Layanan adalah suatu tindakan sukarela dari satu pihak ke pihak lain dengan tujuan hanya sekedar membantu atau adanya pihak lain untuk memnuhi kebutuhan secara sukarela. Pelayanan adalah aspek yang tidak bisa di sepelekan dalam persaingan bisnis manapun. Karena dengan pelayanan konsumen akan menilai kemudian menimbang apakah selanjutnya akan loyal kepada pemberi layanan tersebut. Hingga tak jarang para pebisnis memaksimalkan layanan untuk menarik konsumen sebesar-besarnya.
Maka dari itu, bila ingin menarik konsumen dengan sebanyak-banyaknya harus mengetahui arti dari layanan itu sendiri. Pengertian layanan atau pelayanan secara umum, menurut Purwadarminta adalah menyediakan segala apa yang dibutuhkan orang lain. 28 Sedangkan menurut Tjiptono definisi layanan adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan kepada pelanggan yang telah membeli produknya.29 Sedangkan menurut Barata bahwa suatu pelayanan akan terbrntuk karena adanya proses pemberian layanan tertentu dari pihak penyedia kepada pihak yang dilayani.
Ada beberapa ciri pelayanan yang baik yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan :
Ciri Ciri Pelayanan Yang Baik
- Memiliki karyawan yang profesional khususnya yang berhadapan langsung dengan pelanggan.
- Tersedianya sarana dan prasarana yang baik yang dapat menunjang kelancaran produk ke pelanggan secara tepat dan tepat.
- Tersedianya ragam produk yang diinginkan. Dalam artian konsumen sekali berhenti dapat membeli beragam produk dengan kualitas produk dan pelayan yang diinginkan.
- Bertanggung jawab kepada setiap pelanggan dari awal sampai selesai.
- Mampu melayani secara cepat dan tepat, tentunya jika dibandingkan dengan pihak pesaing.
- Mampu berkomunikasi dengan jelas, menyenangkan dan mampu menangkap keinginan dan kebutuhan pelanggan.
- Memberikan jaminan kerahasiaan transaksi terutama dalam hal keuangan.
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik tentang produk yang dijual dan pengetahuan umum lainnya.
- Mampu memberikan kepercayaan kepada pelanggan, sehingga pelanggan merasa yakin dengan apa yang telah dilakukan perusahaan.
Ciri-Ciri Pelayanan Prima Adalah
Dalam sebuah usaha kecil menengah memiliki model atau ciri-ciri untuk memberikan suatu pelayanan yang baik atau pelayanan prima (Service excellence). Berikut ini beberapa ciri pelayanan prima atau baik untuk diikuti oleh suatu usaha kecil menengah yang betugas melayani pelanggan.
- Tersedianya Karyawan Yang Baik
Kenyamana pelanggan sangat tergantung dari karyawan yang melayaninya, karyawan harus ramah, sopan, dan menarik. Disamping itu, karyawan harus cepat, tanggap, pandai bicara menyenangkan serta pintar. Karyawan juga harus mampu memikat dan mengambil hati nasabah sehingga nasabah semakin tertarik. Demikian juga dengan cara kerja karyawan harus rapi, cepat, dan cekatan. - Tersedianya Sarana dan Prasarana Yang Baik
Pada dasarnya konsumen ingin dilayani secara prima. Untuk melayani konsumen, salah satu hal yang paling penting diperhatikan, disamping kualitas dan kuantitas sumber dayamanusia adalah sarana dan prasarana yang dimiliki olehsebuah usaha kecil menengah. - Bertanggung jawab kepada setiap jamaah sejak awal hingga selesai
Dalam menjalankan kegiatan pelayanan karyawan harusmampu melayani dari awal sampai tuntas atau selesai. konsumenakan merasa puas jika karyawan bertanggung jawab terhadappelayanan yang diinginkan oleh nasabah. - Mampu Melayani Secara Cepat dan Tepat
Mampu melayani secara cepat dan tepat artinya dalammelayani konsumen diharapkan karyawan harus melakukannyasesuai prosedur. Layanan yang diberikan sesuai jadwal untukpekerjaan tertentu dan jangan membuat kesalahan dalam artipelayanan yang diberikan sesuai dengan standar sebuah usaha kecil menengahdan keinginan konsumen. - Mampu Berkomunikasi
Mampu berkomunikasi artinya karyawan harus mampuberbicara kepada setiap konsumen. Karyawan juga harus mampudengan cepat memahami keinginan konsumen.
Lihat juga pembahasan terkait lainnya :
- Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan
- Metode Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menurut Kotler
- Prinsip-Prinsip Kualitas Pelayanan Menurut Kusmayadi
- Pengertian Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli
- Pengertian Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
- Mengukur Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
- Prinsip-Prinsip Kualitas Pelayanan Menurut Ahli
- Pengertian Pelayanan Prima Menurut Para Ahli
- Konsep Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
- Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menurut Kotler
- Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menurut Ahli
- Faktor Penyebab Buruknya Kualitas Pelayanan
- Cara Meningkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan
- Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan
- Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen
- 4 Metode Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan
- Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan
- Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
- Aspek Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan
- Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan
- Dimensi Kualitas Pelayanan Menurut Tjiptono
- Pentingnya Pelayanan Prima Bagi Perusahaan
- Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen
- Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Menurut Ahli
- Manfaat Pelayanan Prima Menurut Para Ahli
- Kriteria Kualitas Pelayanan Menurut Ahli
- Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli
- Proses dan Tahapan Pelayanan Prima
- Paradigma Pelayanan Sepenuh Hati
- Loyalitas Pelanggan Secara Harfiah
- Dimensi Kualitas Pelayanan Prima
- Pengertian Loyalitas Konsumen
- Konsep dasar pelayanan prima
- Fasilitas Pelabuhan Peti Kemas
- Pengertian Loyalitas Pelanggan
- Indikator Loyalitas Pelanggan
- Manfaat Kepuasan Pelanggan
- Alat Ukur Kualitas Pelayanan
- Dimensi Kualitas Pelayanan
- Definisi Konsep Pelayanan
- Prinsip Pelayanan Prima 3A
- Pengertian Kualitas Jasa
- Konsep Pelayanan Prima A6
- Konsep Pelayanan Prima
- Kualitas Pelayanan Prima
- Ciri Ciri Pelayanan Prima
- Ciri Ciri Pelanggan Puas
- Fungsi Pelayanan Prima
- Unsur Pelayanan Prima