Siklus Aktual Motor Bensin

Siklus Aktual Motor Bensin

Siklus udara volume konstan atau siklus otto adalah proses yang ideal. Dalam kenyataannya baik siklus volume konstan, siklus tekanan konstan dan siklus gabungan tidak mungkin dilaksanakan, karena adanya beberapa hal sebagai berikut :



Siklus Aktual Motor Bensin

    1. Fluida kerja bukanlah udara yang bisa dianggap sebagai gas ideal, karena fluida kerja di sini adalah campuran bahan bakar (premium) dan udara, sehingga tentu saja sifatnya pun berbeda dengan sifat gas ideal.
    2. Kebocoran fluida kerja pada katup (valve), baik katup masuk maupun katup buang, juga kebocoran pada piston dan dinding silinder, yang menyebabkan tidak optimalnya proses.
    3. Baik katup masuk maupun katup buang tidak dibuka dan ditutup tepat pada saat piston berada pada posisi TMA dan atau TMB, karena pertimbangan dinamika mekanisme katup dan kelembaman fluida kerja. Kerugian ini dapat diperkecil bila saat pembukaan dan penutupan katup disesuaikan dengan besarnya beban dan kecepatan torak.
    4. Pada motor bakar torak yang sebenarnya, saat torak berada di TMA tidak terdapat proses pemasukan kalor seperti pada siklus udara. Kenaikan tekanan dan temperatur fluida kerja disebabkan oleh proses pembakaran campuran udara dan bahan bakar dalam silinder.
    5. Proses pembakaran memerlukan waktu untuk perambatan nyala apinya, akibatnya proses pembakaran berlangsung pada kondisi volume ruang yang berubah-ubah sesuai gerakan piston. Dengan demikian proses pembakaran harus dimulai beberapa derajat sudut engkol sebelum torak mencapai TMA dan berakhir beberapa derajat sudut engkol sesudah TMA menuju TMB. Jadi proses pembakaran tidak dapat berlangsung pada volume atau tekanan yang konstan.
    6. Terdapat kerugian akibat perpindahan kalor dari fluida kerja ke fluida pendingin, misalnya oli, terutama saat proses kompresi, ekspansi dan waktu gas buang meninggalkan silinder. Perpindahan kalor tersebut terjadi karena ada perbedaan temperatur antara fluida kerja dan fluida pendingin.
    7. Adanya kerugian energi akibat adanya gesekan antara fluida kerja dengan dinding silinder dan mesin. 8. Terdapat kerugian energi kalor yang dibawa oleh gas buang dari dalam silinder ke atmosfer sekitarnya. Energi tersebut tidak dapat dimanfaatkan untuk kerja mekanik.

 

 

 

 

Pembahasan lainnya :

    1. Prosedur Tune UP Mobil
    2. Jenis Jenis Dinamometer
    3. Pengertian Tune UP Mobil
    4. Toko Variasi Lampu Mobil
    5. Siklus Aktual Motor Bensin
    6. Prinsip Kerja Dinamometer
    7. Bagian Bagian Dinamometer
    8. Cara Kerja Mesin Turbo Mobil
    9. Pengertian Motor Bakar Diesel
    10. Prinsip Kerja Mesin 4 Langkah
    11. Manfaat Tune UP Mesin Mobil
    12. Macam Macam Modifikasi Mobil
    13. Pemeliharaan Komponen Otomotif
    14. Produk Hasilkan Industri Otomotif
    15. Kelebihan Mesin Turbo Pada Mobil
    16. Cara Kerja Motor Bensin 4 Langkah
    17. Toko Aksesoris Variasi Lampu Mobil
    18. Jenis Pekerjaan Dengan Mesin Bubut
    19. Cara Memilih Lampu Sorot LED Mobil
    20. Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang
    21. Proses Pembakaran Pada Motor Bensin
    22. Jenis Jenis Mesin Bubut dan Fungsinya
    23. Keuntungan dan Kerugian Motor Diesel
    24. Cara Menyetel Lampu Depan Pajero Sport
    25. Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil
    26. Ukuran Bohlam Lampu Depan Innova 2005
    27. Macam Macam Jenis Peralatan Mesin Bubut
    28. Proses Pembakaran Motor Bensin 4 Langkah
    29. Gerakan Gerakan Utama dalam Mesin Bubut
    30. Bagian Utama dari Mesin Bubut dan Fungsinya
    31. Kelebihan Mesin Diesel Dibanding Mesin Bensin
    32. Kandungan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor
    33. Pengertian Otomotif Menurut Kamus Bahasa Indonesia
    34. Sistem Bisnis Industri Otomotif dibagi Menjadi 6 Bagian
    35. Komponen Utama Sistem Penerangan Mobil dan Fungsinya

 

 




 



 

Rekomendasi Produk Original dari RumahModifikasi.com

 

 

 

Sumber : http://eprints.undip.ac.id/41619/3/BAB_II.pdf

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Otomotive