Manfaat Tune UP Mesin Mobil, Fungsi Tune UP Mesin Mobil

Manfaat Tune UP Mesin Mobil, Fungsi Tune UP Mesin Mobil

Tune up adalah salah satu pola perawatan pada mobil untuk mendapatkan performa mobil yang selalu dalam keadaan prima dan maksimal, perawatan mobil secara intensif wajib dilakukan secara berkala agar mobil tetap aman untuk dikendarai. Berikut ini merupakan manfaat tune up mesin mobil adalah sebagai berikut..



Manfaat Tune UP Mesin Mobil

  1. Memaksimalkan performa mesin

    Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa kendaraan yang terus dipakai lama-kelamaan akan menurun performanya, sehingga dengan melakukan pekerjaan tune up akan membuat performa mesin meningkat atau performa mesin maksimal.

  2. Menjaga kondisi dari mesin agar tetap awet

    Perawatan kendaraan yang dilakukan secara rutin akan membuat kondisi komponen-komponen mesinnya berumur lebih lama dibandingkan kendaraan yang jarang dirawat.

  3. Menghindari kerusakan yang lebih parah

    Ketika kondisi mesin sudah menurun dan komponen-komponen mesin sudah minta diganti atau disetel kembali namun pemilik tidak melakukannya maka justru hal tersebut akan membuat komponenkomponen lainnya akan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu tune up harus dilakukan untuk menghindari kerusakan komponen-komponennya lebih parah.

  4. Memastikan semua kondisi mesin dalam kondisi baik

    Fungsi tune up yang keempat adalah untuk memastikan kondisi mesin selalu dalam keadaan baik sesuai dengan nilai spesifikasinya yang artinya kendaraan selalu siap kapan saja ketika akan digunakan. Contohnya ketika akan menghidupkan kendaraan sekali melakukan starter kendaraan langsung hidup dan tidak perlu melakukan starter berulang-ulang.

  5. Menghemat biaya perawatan kendaraan

    Kenapa melakukan tune up secara berkala dapat menghemat biaya perawatan kendaraan? Hal tersebut dikarenakan dengan melakukan tune up secara berkala dapat menghindari resiko kerusakan komponenkomponen mesin kendaraan lebih parah. Ketika komponen-komponen mesin tersebut rusak parah, tentunya biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perbaikan akan bertambah.

  6. Menghindari macet ketika dalam perjalanan

    Fungsi tune up yang keenam adalah untuk menghindari agar kendaraan tidak macet secara tiba-tiba ketika sedang dikendarai. Tentunya kondisi tersebut tidak kita inginkan, oleh sebab itu penting sekali melakukan tune up kendaraan.

 

 

 






 

Pembahasan lainnya : 

  1. Prosedur Tune UP Mobil
  2. Pengertian Tune UP Mobil
  3. Toko Aksesoris Lampu Mobil
  4. Cara Kerja Mesin Turbo Mobil
  5. Proses Pembakaran Motor Bensin
  6. Kelebihan Mesin Turbo Pada Mobil
  7. Proses Pembakaran Pada Motor Bensin
  8. Cara Menyetel Lampu Depan Pajero Sport
  9. Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil
  10. Kandungan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Automotive