Cara Kerja Mesin Turbo Mobil

Cara Kerja Mesin Turbo Mobil

Pembahasan ini akan menjelaskan mengenai bagaimana cara kerja mesin turbo mobil secara singkat dan tanpa panjang lebar tujuannya agar lebih mudah untuk dipahami dan juga tidak membosankan. Mudah-mudahan dapat membantu dan bermanfaat..

 

Cara Kerja Mesin Turbo Mobil

Prinsip kerja turbocharge adalah dengan memanfaatkan aliran udara panas dari gas buang mesin untuk menambah tekanan dan kepadatan udara di ruang bakar. Cara kerjanya, gas buang dari mesin tidak langsung diarahkan ke knalpot melainkan ke perangkat turbo terlebih dahulu yang di dalamnya terdapat sebuah turbin yang memutar poros pada turbo.



Selanjutnya, kompresor yang berada satu poros dengan turbin akan memanfaatkan energi mekanis yang dihasilkan untuk mengisap dan memampatkan lebih banyak udara dari luar ke dalam ruang bakar mesin. Sebagai gambaran, mesin normal tanpa turbo hanya mengandalkan kevakuman di dalam ruang mesin untuk menarik udara masuk ke dalamnya sehingga tidak sepadat udara yang didorong oleh turbo.

Putaran yang dihasilkan di dalam turbo bisa mencapai 150 ribu rpm, lebih cepat sampai 30 kali lipat daripada putaran mesin mobil biasa. Tapi biasanya turbocharge baru akan bekerja saat mesin berputar pada rpm tertentu sebab turbin baru akan berputar ketika gas buang mempunyai tekanan yang cukup. Semakin cepat putaran mesin, semakin kuat pula dorongan gas buang ke turbin. Semakin kuat putaran turbin juga akan memaksa putaran kompresor ikut meningkat dimana udara yang masuk ke dalam ruang bakar kian padat, kaya oksigen, dan bertekanan tinggi.



Dengan begitu, campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar akan memiliki daya ledak tinggi ketika busi memantik api untuk membakar campuran keduanya. Alhasil, tenaga dan torsi yang disalurkan dalam satu siklus mesin pembakaran dalam akan meningkat secara signifikan karena besarnya daya dorong piston akibat kuatnya daya ledak di dalam ruang bakar.

 

 

 






 

Pembahasan lainnya : 

  1. Prosedur Tune UP Mobil
  2. Pengertian Tune UP Mobil
  3. Toko Aksesoris Lampu Mobil
  4. Manfaat Tune UP Mesin Mobil
  5. Proses Pembakaran Motor Bensin
  6. Kelebihan Mesin Turbo Pada Mobil
  7. Proses Pembakaran Pada Motor Bensin
  8. Cara Menyetel Lampu Depan Pajero Sport
  9. Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil
  10. Kandungan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Automotive