Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil

Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil

Hi saya Arief.. Pada tulisan singkat kali ini saya ingin membagikan sedikit tips mengenai bagaimana cara meningkatkan performa mesin mobil. Mohon maaf sebelumnya karena poin yang saya bagikan dibawah tidak  menjabarkannya sacara penuh. Tujuannya agar tulisan ini terlihat singkat dan pas untuk disimak. 😉

Performa Mesin

Kemampuan mesin motor bakar untuk merubah energi yang masuk yaitu bahan bakar sehingga menghasilkan daya berguna disebut kemampuan mesin atau performa mesin. Pada motor bakar tidak mungkin mengubah semua energi bahan bakar menjadi daya berguna. Dari gambar terlihat daya berguna bagiannya hanya 25% yang artinya mesin hanya mampu menghasilkan 25% daya berguna yang bisa dipakai sebagai penggerak dari 100% bahan bakar. Energi yang lainnya dipakai untuk menggerakan asesoris atau peralatan bantu, kerugian gesekan dan sebagian terbuang ke lingkungan sebagai panas gas buang dan melalui air pendingin. Kalau digambar dengan hukum termodinamika kedua yaitu “tidak mungkin membuat sebuah mesin yang mengubah semua panas atau energi yang masuk menjadi kerja” (Basyirun, 2008 : 23).



Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi daya dan torsi motor atau kemampuan motor. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain volume silinder, perbandingan kompresi, efisiensi volumetrik, dan kualitas bahan bakar (Sudibyo, 2011 : 23).

Mesin adalah sebuah komponen fital pada sebuah mobil yang harus selalu diperhatikan oleh setiap pengguna mobil. Untuk meningkatkan performa mesin mobil, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan mulai dari perawatan mesin ringan hingga sampai perawatan mesin yang cukup berat. Dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan mesin, maka performa mesin akan selalu terjaga dan memiliki performa  yang baik serta usia pakai yang panjang. Berikut ini adalah beberapa tips singkat untuk meningkatkan performa mesin mobil.



Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil

  1. Rutin uji emisi
  2. Kurangi beban mobil
  3. Mengganti Chip ECU
  4. Jaga sistem pengapian
  5. Penyetelan Karburator
  6. Pasang Turbo-Charger
  7. Rawat sistem transmisi
  8. Tambah Kapasitas Mesin
  9. Memilih Bahan Bakar yang Tepat
  10. Ganti pelumas mesin secara berkala
  11. Gunakan oli yang sesuai dengan jenis mesin
  12. Gunakan sistem knalpot bebas hambatan (free flow)
  13. Tingkatkan spesifikasi saringan udara mobil menjadi jenis free flow
  14. Lakukan riset untuk memilih antara sistem turbocharge atau supercharge.

 

Bagi kamu yang sedang mencari tools atau peralatan yang digunakan agar bisa meningkatkan performa mesin mobil, saya refrensikan untuk melihat produk dari RumahModifikasi.com yang menyediakan berbagai macam peralatan atau alat alat untuk meningkatkan performa mesin mobil kamu. Atau bisa tannyakan langsung pada WhatsApp yang tersedia mengenai kebutuhan kendaraan kamu..

 

 

 






 

Lainnya dari saya : 

  1. Prosedur Tune UP Mobil
  2. Pengertian Tune UP Mobil
  3. Toko Aksesoris Lampu Mobil
  4. Cara Kerja Mesin Turbo Mobil
  5. Manfaat Tune UP Mesin Mobil
  6. Proses Pembakaran Motor Bensin
  7. Kelebihan Mesin Turbo Pada Mobil
  8. Proses Pembakaran Pada Motor Bensin
  9. Cara Menyetel Lampu Depan Pajero Sport
  10. Kandungan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Automotive