Prinsip Cara Kerja Motor Bensin 4 Langkah

Prinsip Cara Kerja Motor Bensin 4 Langkah

Motor bensin, atau yang lebih dikenal dengan motor pembakaran nyala (spark ignition engine) bekerja berdasarkan siklus Otto, yaitu siklus empat langkah yang dikenal dengan motor empat langkah dan siklus dua langkah yang dikenal dengan motor dua langkah. Motor bensin termasuk dalam motor pembakaran dalam yang memanfaatkan bahan bakar bensin untuk menghasilkan pembakaran dengan bantuan oksigen di udara, sehingga timbul panas yang kemudian dimanfaatkan menjadi energi mekanik. Pembakaran dapat terjadi karena busi menghasilkan loncatan bunga api listrik yang menyalakan campuran bahan bakar dan udara pada ruang bakar. Pembakaran bahan bakar dan udara ini menyebabkan motor menghasilkan daya pada langkah ekspansi (Kristanto, 2004, p. 1).

 



 

Prinsip Kerja Motor Bensin 4 Langkah

    1. Langkah Hisap atau Langkah Masukan
      Pada langkah ini, katub masuk terbuka dan torak bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB), sehingga campuran bahan bakar dan udara mengalir masuk ke dalam silinder.
    2. Langkah Kompresi
      Pada langkah ini, katub masuk tertutup dan torak bergerak dari TMB ke TMA menekan campuran udara dan bahan bakar yang menimbulkan tekanan. Pada saat torak mendekati TMA, timbul percikan api listrik yang dihasilkan dari busi dan membakar campuran udara dan bahan bakar sehingga timbul panas.
    3. Langkah Ekspansi atau Langkah Kerja
      Campuran udara dan bahan bakar yang terbakar berurutan menimbulkan tekanan yang lama kelamaan menjadi maksimum. Tekanan ini menekan torak menuju TMB sehingga tekanan maupun suhu dari gas pembakaran mulai berkurang. Gaya gerak yang ditimbulkan oleh torak ini diteruskan oleh poros engkol melalui tangkai torak dan engkol.
    4. Langkah Buang
      Katub buang terbuka dan gas sisa pembakaran ditekan keluar oleh torak yang bergerak ke TMA dan dengan demikian selanjutnya dimulai langkah pemasukan untuk dimulainya siklus selanjutnya.

 



 

 

 

Pembahasan lainnya :

    1. Prosedur Tune UP Mobil
    2. Jenis Jenis Dinamometer
    3. Pengertian Tune UP Mobil
    4. Toko Variasi Lampu Mobil
    5. Siklus Aktual Motor Bensin
    6. Prinsip Kerja Dinamometer
    7. Bagian Bagian Dinamometer
    8. Cara Kerja Mesin Turbo Mobil
    9. Pengertian Motor Bakar Diesel
    10. Prinsip Kerja Mesin 4 Langkah
    11. Manfaat Tune UP Mesin Mobil
    12. Macam Macam Modifikasi Mobil
    13. Pemeliharaan Komponen Otomotif
    14. Produk Hasilkan Industri Otomotif
    15. Kelebihan Mesin Turbo Pada Mobil
    16. Cara Kerja Motor Bensin 4 Langkah
    17. Toko Aksesoris Variasi Lampu Mobil
    18. Jenis Pekerjaan Dengan Mesin Bubut
    19. Cara Memilih Lampu Sorot LED Mobil
    20. Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang
    21. Proses Pembakaran Pada Motor Bensin
    22. Jenis Jenis Mesin Bubut dan Fungsinya
    23. Keuntungan dan Kerugian Motor Diesel
    24. Cara Menyetel Lampu Depan Pajero Sport
    25. Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil
    26. Ukuran Bohlam Lampu Depan Innova 2005
    27. Macam Macam Jenis Peralatan Mesin Bubut
    28. Proses Pembakaran Motor Bensin 4 Langkah
    29. Gerakan Gerakan Utama dalam Mesin Bubut
    30. Bagian Utama dari Mesin Bubut dan Fungsinya
    31. Kelebihan Mesin Diesel Dibanding Mesin Bensin
    32. Kandungan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor
    33. Pengertian Otomotif Menurut Kamus Bahasa Indonesia
    34. Sistem Bisnis Industri Otomotif dibagi Menjadi 6 Bagian
    35. Komponen Utama Sistem Penerangan Mobil dan Fungsinya

 

 

 




 



 

 

Rekomendasi Produk Original dari RumahModifikasi.com

 

Sumber : https://dewey.petra.ac.id/repository/jiunkpe/jiunkpe/s1/mesn/2008/jiunkpe-ns-s1-2008-24403025-9974-batu_zeolit-chapter2.pdf

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-10-03 12:55:35.

Otomotive