Motor diesel adalah motor bakar torak yang berbeda dengan motor bensin karena proses penyalaan bukan dengan loncatan api listrik. Pada langkah hisap hanyalah udara segar saja yang masuk ke dalam silinder. Pada waktu torak mencapai Titik Mati Atas (TMA) bahan bakar disemprotkan kedalam silinder dan terjadilah proses penyalaan pembakaran, pada saat udara dalam silinder sudah bertemperatur tinggi. Persyaratan ini dapat dipenuhi bila digunakan tekanan udara (kompresi) yang cukup tinggi, dan bahan bakar harus berkabut dengan halus. Untuk mengkabutkan bahan bakar dengan halus digunakan perawatan injeksi bahan bakarr. Alat ini digunakan untuk mengkabutkan bahan bakar pada ruang bakar dengan volume dan saat penyemprotan tertentu sesuai dengan putaran mesin. Sistem injeksi bakan bakar diesel berfungsi untuk melayani kebutuhan bahan bakar selama motor diesel tersebut bekerja. Proses pembakaran tidak terjadi sekaligus tetapi memerlukan waktu dan terjadi dalam beberapa tahap. Di samping itu pembakaran akan berlangsung antara 30-40 derajat sudut engkol.
Waktu persiapan pembakaran dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: tekanan dan temperatur udara pada saat bahan bakar mulai disemprotkan, gerakan udara dan bahan bakar, jenis dan derajat pengabutan bahan bakar, serta perbandingan bahan bakar-udara lokal. Jumlah bahan bakar yang disemprotkan selama periode persiapan pembakaran bukan merupakan faktor yang terlalu menentukan waktu persiapan pembakaran. Sesudah melampaui waktu persiapan pembakaran, bahan bakar akan terbakar dengan cepat.
Periode pembakaran, ketika terjadi kenaikan tekanan yang berlangsung dengan cepat (garis tekanan yang curam dan lurus, garis BC pada Gb. 2.1) Dinamai periode pembakaran cepat (2). Periode pembakaran ketika masih terjadi kenaikan tekanan sampai melewati tekanan yang maksimum dalam tahap berikutnya (garis cd, Gb. 2.1) dinamai periode pembakaran terkendali (3). Dalam hal terakhir ini jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam silinder sudah mulai berkurang. Selanjutnya dalam periode pembakaran lanjutan (4) terjadi proses penyempurnaan pembakaran dan pembakaran dari bahan bakar yang belum sempat terbakar. (Wiranto Arismunandar: 89). Dibandingkan dengan motor bensin pada motor diesel mempunyai keuntungan dan kerugian sebagai berikut :
Keuntungan dan Kerugian Motor Diesel
Keuntungan Motor Diesel
-
- Mesin diesel lebih tahan lama dan tidak memerlukan electric igniter, hal ini berarti mesin diesel memiliki tingkat kesulitan lebih kecil daripada mesin bensin.
- Mesin diesel lebih fleksibel dan lebih mudah dioperasikan daripada mesin bensin.
- Penggunaan bahan bakar pada mesin diesel lebih ekonomis daripada mesin bensin.
Kerugian Motor Diesel
-
- Tekanan pembakaran maksimum lebih besar (hampir dua kali) dari mesin bensin. Hal ini berarti bahwa suara dan getaran mesin diesel lebih besar.
- Tekanan pembakarannya yang lebih tinggi, maka mesin diesel harus dibuat dari bahan yang tahan tekanan tinggi dan harus mempunyai struktur yang sangat kuat. Hal ini berarti bahwa untuk daya kuda yang sama, mesin diesel jauh lebih berat daripada mesin bensin dan biaya pembuatannya pun mejadi lebih mahal dan lama.
- Mesin diesel memerlukan sisten injeksi bahan bakar yang presisi. Dan ini berarti bahwa harganya lebih mahal dan memerlukan pemeliharaan yang lebih cermat dibanding dengan mesin bensin.
- Mesin diesel mempunyai perbandingan kompresi yang lebih tinggi dan membutuhkan gaya yang lebih besar untuk memutarnya.
Pembahasan lainnya :
-
- Prosedur Tune UP Mobil
- Jenis Jenis Dinamometer
- Pengertian Tune UP Mobil
- Toko Variasi Lampu Mobil
- Siklus Aktual Motor Bensin
- Prinsip Kerja Dinamometer
- Bagian Bagian Dinamometer
- Cara Kerja Mesin Turbo Mobil
- Pengertian Motor Bakar Diesel
- Prinsip Kerja Mesin 4 Langkah
- Manfaat Tune UP Mesin Mobil
- Macam Macam Modifikasi Mobil
- Pemeliharaan Komponen Otomotif
- Produk Hasilkan Industri Otomotif
- Kelebihan Mesin Turbo Pada Mobil
- Cara Kerja Motor Bensin 4 Langkah
- Toko Aksesoris Variasi Lampu Mobil
- Jenis Pekerjaan Dengan Mesin Bubut
- Cara Memilih Lampu Sorot LED Mobil
- Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang
- Proses Pembakaran Pada Motor Bensin
- Jenis Jenis Mesin Bubut dan Fungsinya
- Keuntungan dan Kerugian Motor Diesel
- Cara Menyetel Lampu Depan Pajero Sport
- Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil
- Ukuran Bohlam Lampu Depan Innova 2005
- Macam Macam Jenis Peralatan Mesin Bubut
- Proses Pembakaran Motor Bensin 4 Langkah
- Gerakan Gerakan Utama dalam Mesin Bubut
- Bagian Utama dari Mesin Bubut dan Fungsinya
- Kelebihan Mesin Diesel Dibanding Mesin Bensin
- Kandungan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor
- Pengertian Otomotif Menurut Kamus Bahasa Indonesia
- Sistem Bisnis Industri Otomotif dibagi Menjadi 6 Bagian
- Komponen Utama Sistem Penerangan Mobil dan Fungsinya
Rekomended toko aksesories dan lampu mobil