Bagian-Bagian Utama dari Mesin Bubut dan Fungsinya

Bagian-Bagian Utama dari Mesin Bubut dan Fungsinya

Mesin bubut standar merupakan salahsatu jenis mesin yang paling banyak digunakan pada bengkel-bengkel pemesinan baik itu di industri manufaktur, lembaga pendidikan kejuruan dan lembaga dikat atau pelatihan. Fungsi mesin bubut standar pada prinsipnya sama dengan mesin bubut lainnya, yaitu untuk: membubut muka/facing, rata lurus/bertingkat, tirus, alur, ulir, bentuk, mengebor, memperbesar lubang, mengkartel, memotong dll. Secara umum, sebuah mesin bubut terdiri dari empat bagian utama, yaitu kepala tetap, kepala lepas, eretan dan alas mesin. Masing-masing bagian utama mesin bubut standar memiliki nama dan fungsi masing-masing. Beberapa bagian-bagian utama dari mesin bubut dan fungsinya adalah sebagai berikut :

 



Bagian-Bagian Utama dari Mesin Bubut dan Fungsinya

    • Kepala Tetap (Head stock)

      Adalah bagian utama dari mesin bubut yang digunakan untuk menyangga poros utama, yaitu poros yang digunakan untuk menggerakan spindel. Dimana di dalam spindel tersebut dipasang alat untuk menjepit benda kerja. Spindel ini merupakan bagian terpenting dari sebuah kepala tetap.
      Selain itu, poros yang terdapat pada kepala tetap ini digunakan sebagai dudukan roda gigii untuk mengatur kecepatan putaran yang diinginkan. Dengan demikian, dalam kepala tetap terdapat sejumlah rangkaian roda gigi transmisi yang meneruskan putaran motor menjadi putaran spindel.

    • Kepala Lepas (Tail Stock)

      Kepala lepas adalah bagian dari mesin bubut yang letaknya di sebelah kanan dan dipasang di atas alas atau meja mesin. Bagian ini berguna untuk tempat untuk pemasangan senter yang digunakan sebagai penumpu ujung benda kerja dan sebagai tempat/dudukan penjepit mata bor pada saat melakukan pengeboran. Kepala lepas ini dapat digerakkan atau digeser sepanjang alas/meja mesin, dan dikencangkan dengan perantara mur dan baut atau dengan tuas pengencang. Selain digeser sepanjang alas atau meja mesin, kepala lepas juga dapat digerakan maju mundur (arah melintang), yakni untuk keperluan pembubutan benda yang konis.

    • Alas Mesin (Bed)

      Alas mesin adalah bagian dari mesin bubut yang berfungsi sebagai pendukung eretan (support) dan kepala lepas, serta sebagai lintasan eretan dan kepala lepas. Alas mesin ini memiliki permukaan yang rata dan halus. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung kesempurnaan pekerjaan membubut (kelurusan).

    • Penjepit (chuck)

      Penjepit merupakan komponen dari mesin bubut yang berfungsi sebagai dudukan benda kerja untuk menjepit saat proses pembubutan berlangsung. Ada dua macam chuck pada mesin bubut sesuai dengan kegunaan masingmasing yaitu chuck rahang tiga dan chuck rahang empat. Chuck rahang tiga berfungsi untuk mencekam benda kerja berbentuk silindris. Chuck tipe ini bila salah satu rahang di putar/stel maka rahang lainnya akan secara otomatis mengikuti rahang yang di putar. Sedangkan chuck rahang empat berfungsi untuk mencekam benda kerja nonsilindris dan digunakan untuk pembubutan eksentik. Chuck rahang empat pada setiap rahangnya dapat si stel masing-masing, yang artinya setiap rahang di stel secara bergantian mengikuti bentuk benda kerja.



    • Meja Mesin Bubut

      Berfungsi sebagai dudukan seperangkat eretan yang meluncur memanjang dan merupakan tumpuan gaya pemakanan waktu pembubutan. Bentuk dudukan ini bermacam-macam, ada yang datar dan ada yang salah satu atau kedua sisinya mempunyai ketinggian tertentu. Permukaan meja bubut harus halus dan rata, sehingga gerakan kepala lepas dan lain-lain di atasnya lancar. Bila alas ini kotor atau rusak akan mengakibatkan jalannya eretan tidak lancar sehingga akan diperoleh hasil pembubutan yang tidak baik atau kurang presisi sehingga diperlukan perawatan. Pada gambar 2.6 terlihat meja mesin bubut.

    • Penjepit Pahat (Tools Post)

      Penjepit pahat digunakan untuk menjepit atau memegang pahat, yang bentuknya ada beberapa macam. Jenis penjepit pahat ini sangat praktis dgunakan karena dapat menjepit empat buah pahat sekaligus, sehingga dalam suatu pengerjaan bila memerlukan empat macam pahat dapat dipasang dan disetel sekaligus.

    • Poros Transporter

      Poros transporter merupakan sebuah poros berulir segi empat atau trapesium yang berfungsi untuk membawa eretan saat bekerja secara otomatis. Pengerjaan otomatis ini biasanya digunakan saat membubut ulir yang bertujuan untuk mendapatkan jarak pemakanan teratur. Selain itu juga dapat digunakan untuk proses grooving dengan cara menyambung roda gigi poros transporter ke roda gigi Chuck.

    • Tuas Pengatur Kecepatan

      Tuas pengatur kecepatan digunakan untuk mengatur kecepatan poros transporter dan sumbu pembawa pada mesin bubut. Kecepatan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, misalkan untuk pembubutan pengkasaran digunakan kecepatan rendah sedangkan untuk mendapatkan hasil permukaan yang lebih halus digunakan kecepatan yang lebih tinggi.

    • 8 Roda Gigi

      Roda gigi merupakan penghantar yang menghubungkan chuck ke poros transporter. Fungsi dari roda gigi ini yaitu untuk mengubah kecepatan putar dari chuck agar mengikuti kecepatan dari poros transporter dengan perbandingan roda gigi.

    • Eretan (Carreage / Support)

      Eretan adalah bagian mesin bubut yang berfungsi sebagai penghantar pahat bubut sepanjang alas mesin. Eretan terdiri dari tiga jenis, yaitu :

      1. Eeretan bawah yang berjalan sepanajng alas mesin
      2. Eeretan lintang yang bergerak tegak lurus terhadap alas mesin
      3. Eretan atas yang digunakan untuk menjepit pahat bubut, dan dapat diputar ke kanan atau kekiri sesuai dengan sudut yang dikehendaki, khususnya pada saat mengerjakan benda-benda yang konis. Dalam operasinya, eretan ini dapat digerakkan secara manual maupun otomatis.

 

 



 

 

 

 

Pembahasan lainnya :

    1. Sifat Material Pahat
    2. Prosedur Tune UP Mobil
    3. Jenis Jenis Dinamometer
    4. Pengertian Tune UP Mobil
    5. Toko Variasi Lampu Mobil
    6. Siklus Aktual Motor Bensin
    7. Prinsip Kerja Dinamometer
    8. Bagian Bagian Dinamometer
    9. Cara Kerja Mesin Turbo Mobil
    10. Pengertian Motor Bakar Diesel
    11. Prinsip Kerja Mesin 4 Langkah
    12. Manfaat Tune UP Mesin Mobil
    13. Macam Macam Modifikasi Mobil
    14. Pemeliharaan Komponen Otomotif
    15. Produk Hasilkan Industri Otomotif
    16. Kelebihan Mesin Turbo Pada Mobil
    17. Cara Kerja Motor Bensin 4 Langkah
    18. Toko Aksesoris Variasi Lampu Mobil
    19. Jenis Pekerjaan Dengan Mesin Bubut
    20. Cara Memilih Lampu Sorot LED Mobil
    21. Keselamatan Kerja dalam Pembubutan
    22. Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang
    23. Proses Pembakaran Pada Motor Bensin
    24. Jenis Jenis Mesin Bubut dan Fungsinya
    25. Keuntungan dan Kerugian Motor Diesel
    26. Cara Menyetel Lampu Depan Pajero Sport
    27. Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil
    28. Ukuran Bohlam Lampu Depan Innova 2005
    29. Macam Macam Jenis Peralatan Mesin Bubut
    30. Proses Pembakaran Motor Bensin 4 Langkah
    31. Gerakan Gerakan Utama dalam Mesin Bubut
    32. Bagian Utama dari Mesin Bubut dan Fungsinya
    33. Macam Macam Proses Pengerjaan Mesin Bubut
    34. Kelebihan Mesin Diesel Dibanding Mesin Bensin
    35. Kandungan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor
    36. Pengertian Otomotif Menurut Kamus Bahasa Indonesia
    37. Sistem Bisnis Industri Otomotif dibagi Menjadi 6 Bagian
    38. Komponen Utama sistem Penerangan Mobil dan Fungsinya

 

 

 

 






 

Rekomendasi Produk Original dari RumahModifikasi.com

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-10-04 13:21:23.

Otomotive