Bagian Bagian Dinamometer A
Dinamometer merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk mengukur besarnya gaya yang diberikan kepada suatu benda dan dapat pula digunakan untuk mengukur berat benda. Dinamometer memiliki bagian – bagian yang memiliki fungsi masing – masing yaitu :
-
- Mekanisme Rem
Mekanisme rem yaitu merupakan susunan komponen – komponen yang berfungsi sebagai pengereman atau memperlambat laju motor diesel. - Bantalan Poros
Bantalan poros yaitu suatu komponen yang berfungsi sebagai pengikat poros engkol supaya putaran poros engkol stabil pada tempatnya, dalam hal ini pada alat dinamometer bantalan poros ini difungsikan sebagai pengikat plat penghubung dinamometer dengan mesin agar putaran plat penghubung stabil pada tempatnya pada saat mesin dihidupkan. - Dudukan Bantalan Poros
Dudukan bantalan poros berfungsi sebagai tempat pengikat bantalan poros agar sesuai pada tempatnya sehingga bantalan poros tidak langsung bersentuhan langsung dengan rangka (body) dinamometer. - Mounting Pada Rangka
Komponen ini berfungsi sebagai pengikat rangka bantalan poros dan mekanisme rem agar tidak bersentuhan secara langsung terhadap rangka body mesin dan mengurangi getaran. - Pelat Penghubung Dinamometer Dengan Mesin
Komponen ini berfungsi sebagai penghubung dynamometer dengan mesin sama hal nya seperti poros engkol, komponen ini yang menyalurkan putaran mesin ke dinamometer sehingga torsi yang dihasilkan dapat dihitung di dinamometer. - Pressure Gauge
Komponen ini berfungsi untuk mengukur dan mengetahui kapasitas tekanan fluida yang ada didalam silinder rem. - Silinder Rem
Komponen ini berfungsi sebagai tempat penampungan atau pengisian fluida rem.
- Mekanisme Rem
Bagian Bagian Dinamometer B
Dinamometer adalah suatu mesin yang digunakan untuk mengukur torsi (torque) dan daya (power) yang diproduksi oleh suatu mesin motor atau penggerak berputar lain.
-
- Engine under test, yaitu mesin yang akan diuji unjuk kerjanya.
- Coupling, yaitu suatu sambungan antara mesin dan poros dinamometer.
- Tachometer untuk mengukur kecepatan putaran mesin.
- Rotor, suatu komponen berputar yang akan menyerap daya dari mesin dan dikopel pada mesin uji.
- Housing, bagian luar dinamometer yang akan ikut bergerak karena putaran rotor. Housing harus dikondisikan dalam keadaan bebas bergerak.
- Torque arm, yaitu lengan torsi yang dihubungkan pada housing.
- Scales, yaitu neraca yang digunakan untuk menunjukkan skala pembebanan untuk menghitung torsi.
- Trunnion, yaitu bearing agar housing dapat dalam kondisi bebas bergerak.
Pembahasan lainnya :
-
- Prosedur Tune UP Mobil
- Jenis Jenis Dinamometer
- Pengertian Tune UP Mobil
- Toko Variasi Lampu Mobil
- Siklus Aktual Motor Bensin
- Prinsip Kerja Dinamometer
- Bagian Bagian Dinamometer
- Cara Kerja Mesin Turbo Mobil
- Pengertian Motor Bakar Diesel
- Prinsip Kerja Mesin 4 Langkah
- Manfaat Tune UP Mesin Mobil
- Macam Macam Modifikasi Mobil
- Pemeliharaan Komponen Otomotif
- Produk Hasilkan Industri Otomotif
- Kelebihan Mesin Turbo Pada Mobil
- Cara Kerja Motor Bensin 4 Langkah
- Toko Aksesoris Variasi Lampu Mobil
- Jenis Pekerjaan Dengan Mesin Bubut
- Cara Memilih Lampu Sorot LED Mobil
- Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang
- Proses Pembakaran Pada Motor Bensin
- Jenis Jenis Mesin Bubut dan Fungsinya
- Keuntungan dan Kerugian Motor Diesel
- Cara Menyetel Lampu Depan Pajero Sport
- Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil
- Ukuran Bohlam Lampu Depan Innova 2005
- Macam Macam Jenis Peralatan Mesin Bubut
- Proses Pembakaran Motor Bensin 4 Langkah
- Gerakan Gerakan Utama dalam Mesin Bubut
- Bagian Utama dari Mesin Bubut dan Fungsinya
- Kelebihan Mesin Diesel Dibanding Mesin Bensin
- Kandungan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor
- Pengertian Otomotif Menurut Kamus Bahasa Indonesia
- Sistem Bisnis Industri Otomotif dibagi Menjadi 6 Bagian
- Komponen Utama Sistem Penerangan Mobil dan Fungsinya
Rekomended toko aksesories dan lampu mobil
Sumber : http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/86/5/10.813.0013_file5.pdf