Komponen Sistem Basis Data

Komponen Sistem Basis Data

Sistem merupakan tatanan dari beberapa komponen funsional (dengan satuan fungsi dan tugas khusus) yang saling berhubungan dan melakukan proses untuk tujuan tertentu. Sistem basis data merupakan sistem yang terdiri dari tabel data yang saling berhungan dan terorganisir menggunakan sistem pengelola database pada sebuah perangkat komputer, serta memungkinkan beberapa pemakai atau program aplikasi lainnya untuk mengakses atau memanipulasi data yang ada pada basis data tersebut.

Penerapan sistem basis data saat ini telah menyebar hampir pada semua bidang kehidupan, seperti institusi pendidikan, perbankan, organisasi bisnis, dan organisasi lainnya. Khususnya organisasi yang sudah menerapkan pemanfaatan sistem informasi dan melibatkan banyak data pada proses bisnis yang dijalankan. Hal tersebut dikarenakan basis data merupakan salah satu komponen sistem informasi.

Berikut merupakan komponen sistem basis data adalah:

  1. Perangkat Keras
    Perankat keras yang digunakan untuk basis data dapat berupa satu perangkat komputer (stand-alone) atau berupa server pada sebuah jaringan komputer.
  2. Sistem Operasi
    Sistem operasi merupakan program yang digunakan untuk sistem komputer.
  3. Basis Data
    Basis data itu sendiri merupakan komponen yang sangat penting yang merupakan implementasi dari rancangan basis data yang sudah dibuat.
  4. Sistem Pengelola Basis Data
    DBMS (Database Management System) merupakan perangkat lunak yang akan menentukan bagaimana data diorganisasi, disimpan, diubah dan diambil kembali untuk digunakan. DBMS juga menerapkan mekanisme keamanan data, hak akses pengguna, ketersediaan data, keakuratan data, pemakaian data secara bersama dan sebagainya. Contoh perangkat lunak DBMS diantaranya MySQL, Oracle, SQL Server, Sybase, FireBird, DB2, PostgreSQL, Teradata, dan sebagainya.
  5. Pengguna
    Pengguna atau user pada basis data dibedakan berdasarkan cara mereka berinteraksi terhadap sistem basis data itu sendiri, diantaranya:

    • Programmer Aplikasi Pemakain yang berinteraksi dengan basis data melalui bahasa basis data yang diterapkan pada bahasa pemrograman (C, Pascal, PHP, Java, dan lain-lain).
    • User Mahir (Casual User) Pemakai yang berinteraksi dengan basis data melalui bahasa basis data yang diterapkan menggunakan fasilitas dari DBMS.
    • User Umum (End User/Naive User) Pemakai yang berinteraksi dengan basis data melalui program yang sudah dibuat oleh programmer aplikasi.
    • User Khusus (Specialized User) Pemakai yang berinteraksi dengan basis data tanpa menggunakan DBMS dan untuk keperluan pembangunan sistem aplikasi seperti sistem pakar, artificial intelegence dan lain-lain.
  6. Perangkat Lunak
    Perangkat lunak disini adalah berupa sistem aplikasi yang sengaja dibangun untuk penggunaan dan pengolahan data pada basis data. Pembangunan perangkat lunak ini bersifat optional.

 




by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Sistem Informasi