Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen

Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen

Konsep dasar sistem informasi manajemen. Manajemen informasi sebagai suatu sumber mempunyai pola yang sama. Manajer bertanggung jawab untuk mengumpulkan data mentah dan memprosesnya menjadi informasi yang dapat digunakan. Dan ini harus dipastikan bahwa orang yang ada dalam perusahaan akan dapat menerima informasi dengan bentuk yang tepat, pada saat yang tepat pula sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk mendukung proses manajemen. Yang terakhir, manajer harus membuang informasi yamg kuno, tidak lengkap dan salah dan menggantinya dengan informasi yang dapat digunakan. Dan semua aktifitas ini disebut manajemen informasi atau information management. Ada beberapa konsep pokok sistem informasi manajemen yaitu :

Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen Serta Dalam Pengambilan Keputusan

  1. Konsep informasi ; dimana informasi menambahkan sesuatu pada penyajian yaitu sehubunugan dengan waktu dan mutu.
  2. Konsep manusia sebagai pengolah informasi ; dimana disini kemampuan manusia sebagai pengolah informasi menentukan keterbatasan dalam sistem informasi dan mengesankan dasardasar rancangan mereka.
  3. Konsep sistem ; dikarenakan sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem maka konsep sistem perlu untuk memahami dan merancang ancangan pada pengembangan sistem informasi.
  4. Konsep organisasi dan manajemen ; sistem informasi berada di dalam sebuah organisasi dan dirancang untuk mendukung fungsi manajemen. Informasi adalah penentu yang penting dalam bentuk keorganisasian.
  5. Konsep pengambilan keputusan ; yaitu rancangan sistem infromasi manajemen bukan hanya harus mencerminkan ancangan rasional terhadap optimasi akan tetapi teori keperilakuan pengambilan keputusan dalam organisasi.
  6. Konsep nilai informasi ; dimana informasi mengubah keputusan, perubahan dalam nilai hasil akan menentukan nilai informasi. Sistem informasi dalam perusahaan juga merupakan sistem terbuka, dimana terjadi arus sumber daya dengan lingkungannya. Dalam informasi, data input diperoleh dari lingkungan misalnya informasi kenaikan pajak yang diumumkan pemerintah dan perubahan kurs mata uang. Semua data dari luar tersebut mengalir masuk ke dalam sistem.



Beberapa Komponen Sistem Informasi Adalah :

  1. Komponen input yiatu data yang masuk ke dalam system informasi.
  2. Komponen model adalah kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  3. Komponen output yaitu hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
  4. Komponen teknologi adalah alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalanakan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan memantau pengendalian sistem.
  5. Komponen basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputerr dengan menggunakan software database.
  6. Komponen kontrol yaitu komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.




 

Selain daripada konsep dasar dan komponen pada sistem informasi, ada juga ciri-ciri sistem informasi yaitu sebagai berikut :

  1. Baru, yaitu informasi yang didapat sama sekali baru dan segar bagi kehidupan.
  2. Tambahan, adalah informasi dapat diperbaharui atau memberikan tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah ada.
  3. Kolektif, yaitu informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
  4. Penegas, adalah informasi yang dapat mempertegas informasi yang telah ada.

Dengan tumbuhnya berbagai penipuan, spionase, virus dan hackers sudah mengancam informasi bisnis manajemen oleh karena meningkatnya keterbukaan informasi dan lebih sedikit kendali (control) yang dilakukan melalui teknologi informasi modern. Sebagai konsekuensinya meningkatkan harapan dari para manajer bisnis, mitra usaha, auditor dan stakeholders lainnya menuntut adanya manajemen informasi yang efektif untuk memastikan informasi yang menjamin kesinambungan bisnis dan memperkecil bisnis dengan pencegahan dan memperkecilkan dampak persitiwa keamanan.

 

Baca juga faktor yang mempengaruhi pengembangan sistem informasi

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Sistem Informasi