Pengertian Basis Data & Sistem Basis Data

Pengertian Basis Data & Sistem Basis Data

 

Menurut (Hesananda et al., 2017), Database ialah suatu wadah untuk menampung sebuah data yang ada pada sebuah sistem. Database juga bias diartikan sebagai kumpulan data. Database juga biasa dikenal formal dan tegas. Database juga bias diartikan dengan kumpulan data yang terintegrasi yang dapat dimanipulasi, diambil dan dicari secara cepat.Suatu kumpulam data-data yang saling berhubungan sehingga dapat mudah disimpan, dimanipulasi, serta dipanggil oleh penggunanya. Sistem yang terkomputerisasi memiliki basis data untuk memelihara data yang sudah diolah atau informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan. Basis Data adalah kumpulan data yang saling berhubungan secara logikal serta deskripsi dari data tersebut, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi suatu organisasi. Basis Data adalah sebuah penyimpanan data yang besar yang bisa digunakan oleh banyak pengguna.



Pengertian Data Menurut Para Ahli

  • Menurut Indrajani (2015:69), data adalah fakta-fakta mentah kemudian dikelola sehingga menghasilkan informasi yang penting bagi sebuah perusahaaan atau organisasi.
  • Data adalah fakta-fakta dan gambar mentah yang akan di proses menjadi informasi (Williams dan Sawyer, 2007:39). Connolly dan Begg (2010:70), mendefinisikan data adalah komponen yang paling penting dalam database management system (DBMS), berasal dari sudut pandang end-user. Data berperan sebagai penghubung antara mesin dengan pengguna.
  • Menurut Romney (2009:27), data adalah fakta-fakta yang dikumpulkan, dicatat, disimpan dan diproses oleh system informasi. Data biasanya mewakili observasi atau pengukuran aktifitas bisnis yang penting bagi pengguna system informasi. Jadi, data adalah fakta mentah yang belum mempunyai arti yang nanti akan dikumpulkan dan diolah menjadi informasi. Database aadalah sekumpulan file yang saling berhubungan dan terorganisasi atau kumpulan record-record yang menympan data dan hubungan di antaranya.



Pengertian Sistem Basis Data Menurut Para Ahli

  • Pengertian Sistem Basis Data menurut Connolly dan Begg (2010:54)

Sistem basis data adalah kumpulan dari program aplikasi yang berinteraksi dengan basis data bersama dengan Database Management System (DBMS) dan basis data itu sendiri.

  • Pengertian Sistem Basis Data menurut Waliyanto (2000)

Waliyanto, dalam Muiz (2007) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan sistem basis data merupakan suatu gabungan dan juga perpaduan antara basis data (database) dengan suatu sistem manajemen basis data (SMBD) atau yang juga lebih sering dikenal dengan istilah DBMS (Database Management System).

  • Pengertian Sistem Basis Data menurut C.J. Date (dalam Muiz, 2007) Date (dalam Muiz, 2007)

Mengatakan bahwa sistem basis data pada dasarnya dapat dianggap sebagai tempat atau lokasi untuk sekumpulan berkas data yang sudah terkomputerisasi dengan tujuan untuk memelihara informasi, dan juga memuat informasi tersebut, terutama apabila informasi tersebut sedang dibutuhkan.



 

Pengertian Database Menurut Para Ahli

  • Menurut Stephens dan Plew (2000), database adalah mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data. Informasi adalah sesuatu yang kita gunakan sehari-hari untuk berbagai alasan.
  • Menurut Inmon (2005: 493), database adalah sekumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan (biasanya dengan redudansi yang terkontrol dan terbatas) berdasarkan skema. Sebuah database dapat melayani single atau multiple applications.
  • Menurut Gottschalk dan Saether dalam jurnal (2010: 41), database adalah sekumpulan data yang terorganisir untuk mendukung banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengontrol data redundant.
  • Menurut Martono, (2009:32), “Database adalah sebagai kumpulan data dari penempatan tenaga kerja yang saling terkait dan mempengaruhi sesuai dengan tingkat kepentingannya sehingga data tersebut terintegrasi dan independence”.
  • Menurut Anhar (2010:45), “Database adalah sekumpulan tabel-tabel yang berisi data dan merupakan kumpulan dari field atau kolom. Struktur file yang menyusun sebuah database adalah Data Record dan Field”.
  • Menurut Kustiyaningsih (2011:146), “Database adalah Struktur penyimpanan data. Untuk menambah, mengakses dan memperoses data yang disimpan dalam sebuah database komputer, diperlukan sistem manajemen database seperti MYSQL Server”.
  • Database adalah sekumpulan field-field yang saling berelasi/berhubungan, relasi bisa ditunjukan dengan key dari tiap field yang ada, satu database menunjukan satu kumpulan data yang di pakai dalam satu lingkup perusahaa. Data disusun dengan sedemikian rupa sehingga dapat digunakan kembali dimasa akan datang atau disebut juga dengan arsip (Setiawan, 2016).
  • Elex Media Komputindo (2016:54), “Database adalah tempat untuk menyimpan data dan nantinya data ini bisa anda ambil lagi. Tanpa database, apliWinarnokasi akan kesulitan menyimpan data.
  • Database Management System (DBMS) merupakan software yang memiliki fungsi manajemen data meliputi proses memasukkan (insert), mengubah (update), menghapus (delete), serta memperoleh data/informasi (select) (Abhisena, Sukarsa, & Githa, 2017).



 

Pengertian Basis Data Menurut Para Ahli

  1. Menurut Yeni Cahyono, basis data adalah sebuah tatanan (keterpaduan) yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan satuan fungsi/tugas khusus) yang saling berhubungan dan secara bersamasama bertujuan untuk memenuhi suatu proses/pekerjaan tertentu.
  2. Menurut Fatansyah (2002:9) Basis data hanyalah sebuah objek yang pasif, oleh karena itu ada pembuatnya. Basis data tidak akan pernah berguna jika tidak ada pengelola / penggeraknya. Yang menjadi pengelola / penggeraknya secara langsung adalah program/aplikasi (software). Gabungan keduanya (basis data dan pengelolanya) menghasilkan sebuah sistem.
  3. Menurut Budi (2002:99), basis data adalah komponen terpenting dalam pembangunan sistem informasi (SI), karena menjadi tempat untuk menampung dan mengorganisasikan seluruh data yang ada dalam sistem, sehingga dapat diekplorasi untuk menyususn informasi-informasi dalam berbagai bentuk.
  4. Menurut Kenneth (2008) Basis data atau database adalah sekumpulan data organasasi untuk melayani banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengendalikan redundancy data.
  5. Pengertian Basis Data menurut Connolly dan Begg (2010:65) Basis data adalah sebuah kumpulan data yang secara logis terkait dan dirancang untuk memenuhi suatu kebutuhan informasi dari sebuah organisasi.
  6. Pengertian Basis Data menurut Indrajani (2015:70) Basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan secara logis dan didesain untuk mendapatkan data yang dibutuhkan oleh suatu organisasi.
  7. Pengertian Basis Data menurut Edhy Sutanta; 2004 hal 18, Kumpulan dari data-data yang saling terhubung yang disimpan secara bersama-sama secara independen pada suatu media dan dengan caracara tertentu sehingga mudah untuk digunakan/ditampilkan kembali.
  8. Pengertian Basis Data menurut Linda M; 2004 hal 1, Kumpulan data operasional lengkap dari suatu organisasi/perusahaan yang diorganisir/dikelola dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu menggunakan komputer sehingga mampu menyediakan informasi optimal yang diperlukan pemakai.
  9. Pengertian Basis Data menurut (Stephens dan Plew (2000) dalam janner dan Iman (2006)), Mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data.
  10. Pengertian Basis Data menurut (Silberschatz dkk (2002) dalam janner dan Iman (2006)), Kumpulan data berisi informasi yang sesuai untuk sebuah perusahaan.
  11. Pengertian Basis Data menurut ( Ramakrishnan dan Gehrke (2003) dalam janner dan Iman (2006)).
  12. Menurut Junindar (2008:19) ”Database (basis data) merupakan kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan lainnya yang tersimpan di perangkat keras komputer dan diperlukan suatu perangkat lunak unttuk memanipulasi basis data tersebut”.
  13. Basis data merupakan sebuah tempat penyimpanan untuk menyimpan data yang jenisnya beraneka ragam (Zaki dan SmithDev, 2008:94).
  14. Kristanto (2011:72), “Basis Data adalah kumpulan data, yang dapat digambarkan sebagai aktifitas dari satu atau lebih organisasi yang berelasi.
  15. Menurut Madcoms (2011:12) “Database atau sering juga disebut basis data adalah sekumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistematika dan merupakan sumber informasi yang dapat diperiksa menggunakan suatau program komputer”.
  16. Menurut Rosa dan Shalahuddin (2013:43) “Sistem basis data adalah sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara data yang sudah diolah atau informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan”.
  17. Winarno dkk (2014:1), “Database merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data yang jenisnya beraneka ragam”.
  18. Menurut Rosa dan Shalaudin (2014:43) “sistem basis data adalah terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara data yang sudah diolah atau informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan”.
  19. Kumpulan data, umumnya mendeskripsikan aktivitas satu organisasi atau lebih yang berhubungan.
  20. Sukamto dan Shalahuddin (2015:43) mengemukakan bahwa “sistem basis data adalah sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara data yang sudah diolah atau informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan”.
  21. Hidayatullah dkk (2015:147), “Database himpunan kelompok data yang saling berhubungan yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah”.
  22. Menurut Lubis (2016:2) menyatakan bahwa “basis data merupakan gabungan file data yang dibentuk dengan hubungan/relasi yang logis dan dapat diungkapkan dengan catatan serta bersifat independen”.
  23. Elex Media Komputindo (2016:54), “Database adalah tempat untuk menyimpan data dan nantinya data ini bisa anda ambil lagi. Tanpa database, aplikasi akan kesulitan menyimpan data.
  24. Menurut Anhar (2016:19), “Database (basis data) dapat diartikan sebagai suatu pengorganisasian data dengan bantuan komputer, yang memungkinkan dapat diakses dengan mudah dan cepat”.
  25. Menurut Faridi, dkk dalam Jurnal CERITA (2016:192), mendefinisikan bahwa “Database adalah sebuah struktur yang umumnya dikategorikan dalam 2 hal: sebuah database flat dan sebuah database relasional. Database relasional lebih disukai karena lebih masuk akal dibandingkan database flat”.



Kesimpulan

  • Database adalah sekelompok data yang mempunyai ciri-ciri khusus dan dapat dikelola sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan sebuah format data yang baru. Dapat disimpulkan juga bahwa sebuah sistem basis data merupakan sistem yang terdiri atas kumpulan file (tabel) yang saling berhubungan (dalam sebuah basis data di sebuah sistem komputer) dan sekumpulan program (DBMS) yang memungkinkan beberapa pemakai dan / atau program lain untuk mengakses dan memanipulasi file-file (tabel-tabel) tersebut.
  • Basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang satu dengan yang lainnya dan tersimpan di perangkat keras komputer yang mana fungsiinya untuk memelihara data yang sudah diolah.
  • Database atau basis data ialah data yang disimpan dalam komputer yang telah diolah suatu program, dimana dengan program tersebut pengguna tidak akan sulit mencari data yang dibutuhkan.
  • Database merupakan sistem penyimpanan yang menyimpan kumpulan informasi yang disusun sehingga mudah untuk diakses.

Maka dari itu, basis data merupakan sekumpulan data atau informasi yang telah diolah dan tersimpan serta dapat digunakan kembali apabila dibutuhkan.

 

 

 

Pembahasan lainnya :

  1. Jenis Jenis DFD
  2. Komponen Basis Data
  3. Jenis Struktur Navigasi
  4. Komponen Dalam ERD
  5. Komponen Sistem Pakar
  6. Istilah Dalam Basis Data
  7. Proses Black Box Testing
  8. Jenis Jenis Diagram UML
  9. Fungsi dari UML Diagram
  10. Simbol Diagram Arus Data
  11. Komponen Visual Basic.Net.
  12. Sasaran Perancangan Sistem
  13. Tahapan Data Flow Diagram
  14. Pengertian Sistem Komputer
  15. Tujuan Normalisasi Database
  16. Definisi Basis Data dan Sistem
  17. Macam-Macam Diagram UML
  18. Manfaat dari Use Case Diagram
  19. Desain Sistem Menurut Para Ahli
  20. Alat Pemodelan Sistem Informasi
  21. Komponen Dari Sistem Komputer
  22. Kualitas Informasi dan Contohnya
  23. Jenis Diagram Uml dan Contohnya
  24. Pengertian Data Menurut Para Ahli
  25. Langkah Langkah Pembuatan UML
  26. 5 Macam Simbol Bagan Alir Beserta
  27. Aplikasi Membuat Flowchart Online
  28. Fungsi Sistem Informasi Manufaktur
  29. Jenis Jenis Flowchart dan Fungsinya
  30. Pengelompokan Teknologi Informasi
  31. Dasar Dasar Komputer dan Jaringan
  32. Kelebihan Menggunakan Basis Data
  33. Metode Pengujian Black Box Testing
  34. Klasifikasi Sistem Menurut Jogiyanto
  35. 5 Tahapan Membuat Model Waterfall
  36. Definisi Flowchart Menurut Para Ahli
  37. Symbols Entity Relationship Diagram
  38. Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli
  39. Kelebihan Penggunaan Database Mysql
  40. Pengertian Program Menurut Para Ahli
  41. Pengertian Entity Relationship Diagram
  42. Pengertian Komponen Input dan Output
  43. Teknik Normalisasi Basis Data Database
  44. Pengertian Komponen Input dan Output
  45. Pengertian Bootstrap Menurut Para Ahli
  46. Contoh langkah Tahapan Analisis Sistem
  47. Pengertian Komputer Menurut Para Ahli
  48. Pengertian LRS Logical Record Structure
  49. Jenis-Jenis Perancangan Sistem Informasi
  50. Pengertian Sistem Menurut Gordon B Davis
  51. Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen
  52. Metode Perancangan Sistem SDLC Waterfall
  53. Komponen Sistem Informasi dan Contohnya
  54. Komponen Fisik Sistem Informasi Manajemen
  55. Pengertian Unified Modeling Language (UML)
  56. Komponen Fisik Sistem Informasi Manajemen
  57. Pengertian Activity Diagram Menurut Para Ahli
  58. Pengertian Struktur Navigasi Menurut Para Ahli
  59. Komponen Sistem Informasi Manajemen Publik
  60. Pengertian Black Box Testing Menurut Para Ahli
  61. Macam-Macam Tipe Data Dapat Dikelompokkan
  62. Pengertian Use Case Diagram Menurut Para Ahli
  63. Pengertian Sequence Diagram Menurut Para Ahli
  64. Fungsi dan Manfaat Sistem Informasi Manajemen
  65. Simbol Yang Digunakan Dalam Diagram Arus Data
  66. Pengertian Sistem dan Prosedur Menurut Para Ahli
  67. Pengertian Metode Pengembangan Perangkat Lunak
  68. Pengertian Bahasa Pemrograman Menurut Para Ahli
  69. Komponen-Komponen Sistem Informasi Manajemen
  70. Sistem Informasi Manajemen Pada Organisasi Publik
  71. Metode Pengembangan Sistem Waterfall Menurut Ahli
  72. Definisi Pengertian Data Flow Diagram Menurut Para Ahli
  73. Manfaat Sistem Informasi dalam Pengambilan Keputusan
  74. Pengertian Unified Modeling Language Menurut Para Ahli
  75. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas dari Suatu Informasi

 






 

 

by Maket Creator

Originally posted 2020-12-29 08:00:34.

Sistem Informasi