Oktober 25, 2020
Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang Murah

Peran Sektor Logistik dalam Industri Perekonomian

Jasa Ekspedisi Pengiriman Cargo Barang Murah Tercepat sewukuto, jasa cargo murah jakarta, jasa maket creator, jasa logistik murah jakarta murah (1)

Sektor Logistik berperan penting cdalam upaya untuk menciptakan industri dan perekonomian yang kompetitif. Sektor logistik juga berperan penting dalam upaya menggerakan perekonomian secara umum sebagaimana dijelaskan dalam Gambar 2.1 yang menjelaskan peranan sektor logistik dalam menggerakan pertumbuhan ekonomi. Jalur pertumbuhan dari sektor logistik ini bisa melalui berbagai saluran, seperti investasi infrastuktur transportasi, globalization sistem pengolahan, tenaga kerja yang berkualitas, dan tumbuhnya perusahaan third party logistic (3PL). Biaya logistik merupakan fungsi langsung dari infrastruktur transportasi suatu negara dan profesionalisme dalam memberikan jasa logistik (Deloitte, 2009).

Pengiriman yang efisien pada jasa logistik ditunjukan dengan kemampuan memindahkan atau mentransfer barang dan jasa secara Penggerak pertumbuhan Struktur pajak tidak langsung Peningkatan permintaan jasa 3PL Pengakuan manajemen logistik sebagai tool Investasi infrastruktur transportasi Tenaga kerja berkualitas Globalisasi sistem manufaktur 14 cepat, bisa diandalkan, dan harga yang murah. Ketersediaan jaringan transportasi lokal, nasional, dan internasional mempengaruhi biaya transportasi dan kemudahan penggerakan barang. Jaringan logistik atau transportasi menentukantingkat konektivitas antara importor dan eksportir pada waktu yang tepat dan harga yang murah (Hanouz and Geiger, 2010).

Pada tahun 2004, negara ASEAN setuju untuk menentukan sektor prioritas dalam The ASEAN Framework Agreement for the Integration of Priority Sectors sebagai upaya untuk meliberalisasi sektor tersebut. Dibulan Agustus 2007, ASEAN menambahkan logistik sebagai salah satu sektor prioritas dan menyetujui ASEAN Sectoral Integration Protocol for Logistics Services Sector. Dalam hubungannya dengan liberalisasi sektor logistik, ASEAN’s Logistics Protocol mencangkup empat komponen pokok yaitu:

  • Kepabeanan atau fasilitas transportasi dengan komponen utamanya adalah adopsi standar internasional yang dibentuk oleh WTO dan WCO.
  • Peningkatan kemampuan penyedia jasa logistik melalui berbagai fasilitas perdagnagan dan logistik juga asistensi kepada penyedia jasa logistik di ASEAN, termasuk di dalamnya dukungan terhadap usaha kecil dan menengah dan pembentukan jaringan di antara sesama penyedia jasa logistik di ASEAN.
  • Pengembangan sumber daya manusia untuk petugas logistik dan 15 kepabeanan dan termasuk sektor swasta; d. Infrastruktur dan investasi, dengan pembangunan koridor logistik transportasi ASEAN.

 

Sektor Logistik ASEAN

Logistik meliputi beragam subsektor yang bisa dikelompokan ke tiga kelompok (US International Trade Commission 2005) (Hollweg and Wong,2009) :

  • Manajemen transportasi dan jasa konsultasi supply chain, yang termasuk di dalamnya desain jaringan (network design), pengembangan strategi distribusi, penyimpanan, pergudangan, penanganan kargo, jasa agensi transportasi dan perantara kepabeanan.
  • Jasa yang terkait dengan freight logistics services, termasuk subsector maritim, inland waterways, udara, kereta api, dan jasa transportasi jalan raya.
  • Jasa termasuk sejumlah input lainnya atau nilai tambah, termasuk jasa perdagangan ritel dan pemasok besar, jasa pengepakan, real state, dan jasa konsultasi manajemen.

 

 

Kunjungi juga web berikut :

 

 

Next Komponen Sisitem Logistik
Posted by Jasa Maket