September 25, 2020

Peran Logistik Dalam Organisasi Publik Pemasaran & Ekonomi

Peran Logistik dalam Organisasi Publik

Manajemen logistik yang efektif telah diakui sebagai peluang kunci untuk meningkatkan keuntungan dan daya kompetitif suatu perusahaan. Pada akhir tahun 1980-an dan di awal 1990-an, pelayanan konsumen memiliki tempat yang penting dalam sejumlah organisasi. Bahkan organisasi yang sebelumnya mengikuti “konsep pemasaran” menguji kembali apa makna dari menjadi penggerak konsumen. Tren fokus terhadap konsumen tersebut berlanjut hingga kini. Dalam organisasi publik terutama pemerintah daerah, manajemen logistik sangat berhubungan erat dengan penyelenggaraan fungsi pemerintahan di daerah baik secara langsung maupun tidak langsung. Proses ini tidak hanya berputar di sekitar aktivitas pengadaan barang untuk kebutuhan pemerintah daerah, tetapi juga mempunyai peranan penting dalam kehidupan masyarakat, seperti pemberian pelayanan prima kepada seluruh masyarakat. Hal ini dikarenakan aktivitas manajemen logistik sangat menyangkut kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pemerintah yang bersifat eksternal, yaitu pemberian pelayanan kepada masyarakat. Untuk mendukung manajemen logistik ini, diperlukan suatu rantai aliran barang yang memungkinkan pemberian pelayanan dari pemerintah ke masyarakat dapat berjalan lancar.

 

Peran Logistik dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran

Logistik memegang peranan penting dalam bauran pemasaran perusahaan karena sejumlah upaya pemasaran harus mengintegrasikan gagasan–gagasan untuk memperoleh produk yang cepat, pada saat yang tepat, promosi yang memadai, dan tempat yang memadai. Logistik dapat mendukung pengiriman barang ke tempat yang tepat, seperti halnya utilitas produk atau jasa menyediakan kepuasan konsumen hanya jika produk tersebut tersedia bagi konsumen pada saat dan di mana produk tersebut dibutuhkan.

 

Peran Logistik dalam Ekonomi

Logistik memainkan peranan kunci dalam ekonomi, yaitu:

  1. Logistik merupakan salah satu pengeluaran utama dalam bisnis, Dengan demikian, mempengaruhi dan dipengaruhi oleh aktivitas ekonomi lainnya. Misalnya di AS, logistik memberikan kontribusi sekitar 10,5% GDP di tahun 1996. Industri AS membelanjakan sekitar $51 miliar dalam bidang transportasi muatan dan sekitar $311 miliar untuk pergudangan, penyimpanan dan inventaris pengiriman. Hal tersebut dan pengeluaran logistik lainnya bertambah hingga sekitar $797 miliar. Pada tahun 1980, pengeluaran logistik yang terhitung adalah sekitar 17,2% dari GDP. Jika pengeluaran logistik masih setinggi itu hingga tahun 1996, tambahan sebesar $510 miliar harus dikeluarkan untuk biaya logistik di AS. Hal ini akan diwujudkan ke dalam harga-harga yang lebih tinggi bagi konsumen dan profit yang rendah untuk pebisnis ataupun keduanya. Hasilnya akan menjadi suatu standar hidup yang rendah dan atau basis pajak yang kecil. Dengan demikian, dengan peningkatan efisiensi operasi logistik, logistik memberikan kontribusi yang penting terhadap ekonomi secara keseluruhan.
  2. Kedua, logistik mendukung pergerakan dan aliran dari sejumlah transaksi ekonomi, seperti penjualan dari sejumlah barang dan jasa. Untuk memahami peran ini dari perspektif sistem, anggaplah bahwa jika barangbarang itu tidak tiba tepat waktu, konsumen tidak dapat membelinya. Jika barang-barang tidak tiba di tempat yang tepat atau dalam kondisi yang tepat, tidak akan terjadi penjualan. Dengan demikian, seluruh aktivitas ekonomi yang melalui rantai pasokan akan merugi.
  3. Logistik menambah nilai dengan menciptakan kegunaan (utilitas) waktu dan tempat. Dari pemahaman ekonomi, utilitas mewakili nilai atau kegunaan di mana barang atau jasa dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan. Terdapat empat tipe utilitas, yaitu utilitas bentuk, kepemilikan, waktu dan tempat. Dua tipe terakhir, yaitu utilitas waktu dan tempat secara erat didukung oleh logistik. Utilitas bentuk adalah nilai tambah terhadap produk atau jasa karena konsumen mampu mengambil kepemilikan aktual. Hal ini dimungkinkan oleh pengatur kredit, pinjaman, dan yang lainnya. Sebagai contoh, pada saat general motors acceptance corporation memperpanjang pinjaman untuk pembelian mobil prospektif maka utilitas kepemilikan menjadi mungkin. Utilitas bentuk dan kepemilikan tidak secara spesifik berhubungan dengan logistik, juga tidak akan mungkin terwujud tanpa membawa barang-barang yang sesuai yang dibutuhkan untuk konsumsi atau produksi ke tempat yang tepat pada waktu yang tepat dan dalam kondisi yang tepat pada biaya yang tepat. Utilitas waktu adalah suatu nilai tambah dengan memiliki barang pada saat dibutuhkan. Hal ini dapat terjadi di dalam suatu organisasi, di mana seluruh material dan suku cadang dibutuhkan untuk produksi. Seperti logistik pengiriman tepung dari pabrik penggilingan ke fasilitas produksi sehingga produk roti yang terjadi dapat sesuai jadwal, tersedia di pasar, di mana konsumen dapat memiliki barang pada saat dibutuhkan. Hal ini secara erat berhubungan dengan utilitas tempat, dalam arti memiliki barang atau jasa pada saat dibutuhkan. Utilitas tempat dan waktu perlu didukung logistik secara langsung sehingga konsumen terpuaskan.
  4. Dalam perdagangan internasional pemerintah ikut memerankan kebijakan maupun pengawasan perdagangan tersebut karena merupakan perluasan kegiatan ekonomi.

 

 

Berikut Bebberapa Layanan Logistik dari PT.Sewukuto Logistik:

  1. ekspedisi murah tangerang
  2. jasa kurir murah
  3. ekspedisi jakarta palangkaraya
  4. ekspedisi jakarta – maluku
  5. ekspedisi jakarta ternate
  6. cargo jakarta riau
  7. ekspedisi jakarta riau
  8. ekspedisi jakarta pekanbaru
  9. kirim barang jakarta bali
  10. Ekspedisi Jakarta ke Lombok
  11. ekspedisi jakarta batam
  12. ekspedisi jakarta aceh
  13. ekspedisi jakarta jambi
  14. ekspedisi jakarta lampung
  15. ekspedisi jakarta bengkulu
  16. ekspedisi jakarta belitung
  17. Ekspedisi Jakarta Sumatera Selatan
  18. Ekspedisi Jakarta ke Meulaboh
  19. ekspedisi jakarta palembang
  20. ekspedisi jakarta bali
  21. cargo jakarta bali
  22. ekspedisi jakarta denpasar
  23. ekspedisi jakarta bima
  24. ekspedisi jakarta mataram
  25. ekspedisi jakarta kupang

 

 

Published by Jasa Maket

Tinggalkan Balasan