Pengertian Model Pembelajaran Project Based Learning

Pengertian Model Pembelajaran Project Based Learning

Model Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang bersifat student centered dimana melalui model pembelajaran berbasis proyek ini siswa dituntut untuk belajar mandiri dan aktif serta memberi stimulussiswa untuk mengatasi masalah dengan melibatkan suatu proyek dalam proses pembelajaran. Pada hasil analisis beberapa jurnal penelitian terdahulu, peneliti menemukan informasi mengenai teori definisi model Project Based Learning.

Model Pembelajaran Project Based Learning bertujuan untuk membimbing peserta didik dalam sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan serbagai subyek (materi) kurikulum, memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk menggali konten (materi) dengan menggunakan berbagai cara bermakna bagi dirinya, dan melakukan eksperimen secara kolaboratif.

Model pembelajaran Project Based Learning memiliki keunggulan yang sangat penting dan bermanfaat bagi siswa, namun model pembelajaran Project Based Learning sangat jarang digunakan oleh guru, karena memang dalam prakteknya memerlukan persiapan yang cukup dan pengerjaannya lama.

Pembelajaran berbasis PJBL merupakan model belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata. Selain itu model pembelajaran PjBL ini juga bisa membantu siswa menemukan wadah untuk menuangkan ide-ide kreatifnya kedalam projek yang akan ia ciptakan.

Pengertian Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL)

  1. Model pembelajaran yang dianjurkan untuk digunakan pada kurikulum 2013 adalah model pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik (student centered) yang salah satunya adalah model pembelajaran Project Based Learning. Dalam modul implementasi kurikulum2013 dijelaskan bahwa Project Based Learningadalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/ kegiatan sebagai inti pembelajaran. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintetis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk belajar.
  2. Projet Based Learning merupakan pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa (student centered) dan menempatkan guru sebagai motivator dan fasilitator, dimana siswa diberi peluang bekerja secara otonom mengkonstruksi belajarnya (Trianto, 2014, h. 42). Wena (2009) mendefinisikan Projet Based Learning / pembelajaran berbasis proyek sebagai model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada guru untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek.



Pengertian Model Pembelajaran Project Based Learning Menurut Para Ahli :

  1. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Mulyasa (2014: 145) mengatakan Project Based Learning, atau PJBL adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk memfokuskan pserta didik pada permasalahan kompleks yang diperlukan dalam melakukan investigasi dan memahami pelajaran melalui investigasi.
  2. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Daryanto dan Raharjo (2012: 162) Project Based Learning, atau PJBL adalah model pembelajaran yang yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan menintegrasikan pengetahuan beru berdasarkan pengalamannya dan beraktifitas secara nyata. PJBL dirancang untuk digunakan pada permasalahan yang kompleks yang diperlukan peserta didik dalam melakukan investigasi dan memahaminya.
  3. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Sugihartono,DKK (2015: 84) mengungkapkan metode proyek adalah metode pembelajaran berupa penyajian kepada peserta didik materi pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah yang selanjutnya dibahas dari berbagai sisi yang relevan sehingga diperolah pemecahan secara menyeluruh dan bermakna.metode ini memberi kesempatan siswa untuk menganalis suatu masalah dari sudut pandang peserta didik sesuai dengan minat dan bakatnya.
  4. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Fathurrohman (2016: 119) juga mengatakan bahwa pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek/ Kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pembelajaran ini adalag ganti dari pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Penekanan pembelajaran ini terletak pada aktivitas perserta didik yang pada akhir pembelajaran dapat menghasilkan produk yang bisa bermakna dan bermanfaat.
  5. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Saefudin (2014: 58) pembelajaran berbasis proyek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintehrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata.
    Pembelajaran berbasis proyek menekankan pada masalah masalah kontekstual yang mungkin daialami oleh peserta didik secara langsung, sehingga pelajaran berbasisi proyek membuat siswa berfikir kritis dan mampu mengembangkan kreaktivitasnya melalui pengembangan untuk produk nyata berupa barang atau jasa.
  6. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Isriani (2015: 5) pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan pada guru untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek.
  7. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Paul Suparno (2007, h. 126) dalam Trianto (2014, h. 44) mengatakan, bahwa yang dimaksud Project Based Learning adalah “pembelajaran dimana peserta didik dalam kelompok diminta membuat atau melakukan suatu proyek bersama, dan mempresentasikan hasil dari proyek itu. Biasanya proyek lebih baik bersifat interdisipliner, bukan hanya konsep, melainkan juga sains yang lain yang terkait dan nilai kemanusiaan yang lain.”Lebih lanjut dikatakannya, Project Based Learning merupakan gabungan dari berbagai model pembelajaran: Inquiri, discovery, belajar bersama, dan lain-lain. Project Based Learning ini bersfat konstruktivis, artinya peserta didik membangun pengertiannya sendiri dengan bantuan kelompok. Project Based Learning juga mengaitkan banyak kemampuan peserta didik, juga bersifat multi intelligence, karena peserta didik menggunakan berbagai intelegensi (Intellegentce) dalam melakukan proyek yang dilakukan seperti: Intelegensi matematis-logis, ruang visual, kinestetik, interpersonal, linguistik, dan lingkungan.
  8. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Goodman dan Stivers (2010) mendefinisikan Project Based Learning(PjBL) merupakan pendekatan pengajaran yang dibangun di atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata yang memberikan tantangan bagi peserta didikyang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok.
  9. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Afriana (2015), pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didikdan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Pengalaman belajar peserta didikmaupun konsep dibangun berdasarkan produk yang dihasilkan dalam prosespembelajaran berbasis proyek.
  10. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Wulandari dan Jannah(2018, hlm. 794)yang menyatakan bahwaPjBL adalah pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media.
  11. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Dewi, I Gusti dan I Ngh. Suadnyana (2017, hlm. 3)yang menyatakan bahwa Project Based Learning adalah model pembelajararan yang berfokus pada konsep-konsep dan prinsip-prinsip utama (sentral) dari suatu displin, melibatkan siswa dalam kegiatan memecahkan masalah dan tugas-tugas bermakna lainnnya, memberi peluang siswa bekerja secara otonom mengkonstruksi belajar mereka sendiri, dan puncaknya menghasilkan produk karya siswa bernilai, dan realistik.
  12. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Andari, Ni Wayandan IB Surya (2016, hlm. 3)yang menyatakan bahwa model Project Based Learning adalah pembelajaran yang melibatkan suatu proyek dalam proses pembelajaran. Proyek yang dikerjakan oleh siswa dapat berupa proyek perseorangan atau kelompok dan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu secara kolaboratif, menghasilkan sebuah produk, yang hasilnya kemudian akan ditampilkan atau dipresentasikan.
  13. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Kusuma dan I Gusti (2018, hlm. 31)yang menyatakan bahwa pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk mengerjakan sebuah proyek yang bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam pembalajaran, masyarakat atau lingkungan.
  14. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Cahyadi, Yari, dan Nurul(2019, hlm. 127)yang menyatakan bahwa Model pembelajaran Project Based Learning adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran seperti melakukan percobaan, menemukan sesuatu yang ditugaskan dalam lingkungan sekolah, dan mengerjakan proyek secara individu.
  15. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Stefanus dan Agustina (2018, hlm. 35)yang menyatakan bahwamodel Project Based Learning merupakan pembelajaran yang inovatif yang berpusat pada siswa (student centered) dan menempatkan guru sebagai motivator dan fasilitator, dimana siswa diberi peluang bekerja secara kelompok untuk keberlangsungan pembelajaran.
  16. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Laksono (2018, hlm. 70)yang menyatakan bahwamodelpembelajaranberbasis proyek adalah modelpembelajaranyang melibatkan siswa dalam kegiatan pemecahan masalahdantugas-tugas bermakna lainnya,memberipeluang siswa bekerja secara otonom mengkonstruksikan kegiatan belajar mereka sendiri, dan menghasilkan produk karya siswa.
  17. Pengertian model pembelajaran project based learning menurut Surya, Stefanus dan Agustina (2018, hlm. 45) yang menyatakan bahwa model pembelajaran Project Based Learning(PjBL) merupakan pembelajaran yang inovatif yang berpusat kepada siswa (Student Centered) dan menempatkan guru sebagai motivator dan fasilitator, dimana dalam hal ini guru memberi peluangkepada siswauntuk bekerja secara otonom mengkonstruksi belajarnya. Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) siswa merancang sebuah masalah dan mencari penyelesaiannya sendiri, sehingga mampu meningkatkan kreatifitas siswa untuk memunculkan penyelesaiannya sendiri membuat kegiatan pembelajaran lebih bermakna sehingga teringat.
  18. Pengertian model pembelajaran project based learning Made Wena (dalam Lestari, 2015: 14)menyatakan bahwa model Project Based Learningadalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada pendidikuntuk mengelola pembelajaran dikelas dengan melibatkan kerja proyek. Kerja proyek merupakan suatu bentuk kerja yang memuat tugas-tugas kompleks berdasarkan kepada pertanyaan dan permasalahan yang sangat menantang dan menuntun peserta didik untuk merancang, memecahkan masalah, membuat keputusan, melakukan kegiatan investigasi, serta memberikan kesempatan peserta didik untuk bekerja secara mandiri.
  19. Kerja proyek adalah suatu bentuk kerja yang memuat tugas-tugas yang kompleks berdasarkan kepada pertanyaan dan permasalahan (problem) yang sangat menantang, dan menuntut peserta didik untuk merancang, memecahkanmasalah, membuat keputusan, melakukan kegiatan investigasi, serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja secara mandiri (Wena, 2009).

 

Kesimpulan Pengertian Project Based Learning

Berdasarkan beberapa pengertian maupun pemaparan para ahli diatas, terdapat dua kesimpulan sbb:

  1. Project Based Learning adalah model pembelajaran berpusat padasiswa yaitu berangkat dari suatu latar belakang masalah, yang kemudian dilanjutkan dengan investigasi supaya peserta didik memperoleh pengalaman baru dari beraktivitas secara nyata dalam proses pembelajaran dan dapat menghasilakan suatu proyek untuk mencapai kompetensi aspektif, kognitif, dan psikomotorik. Hasil akhir dari kerja proyek tersebut adalah suatu produk yang antara lain berupa laporan tertulis atau lisan, presentasi atau rekomendasi.
  2. Definisi model Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa dengan peran guru sebagai motivator dan fasilitator. Model Project Based Learning (PjBL) menggunakan proyek sebagai media dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan siswa secara langsung dalam melakukan kegiatan investigasi, melakukan percobaan, mengumpulkan dan mengolah pengetahuan baru dan tugas bermakna lainnya. Sehingga memberi peluang siswa bekerja secara otonom dan mengkontruksi belajar secara mandiri, pada akhirnya menghasilkan suatu produk kemudian ditampilkan/dipresentasikan di depan kelas.

 




 

Lihat juga Pemanfaatan Media Pembelajaran

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2021-10-23 12:00:50.

Pendidikan