Karakteristik Model Project Based Learning

Karakteristik Model Project Based Learning

Karakteristik Project Based Learning yaitu gaya belajar yang menuntut siswa menguasai konsep pembelajaran dengan melibatkannya dalam pemecahan masalah berupa proyek yang nyata. Pada hasil analisis beberapa jurnal ditemukan beberapa informasi mengenai teori karakteristik model Project Based Learning.

Karakteristik Model Project Based Learning

  1. Teori pertama dikemukakan oleh Utami, Firosalia, dan Indri (2018,hlm. 541-552) yang mengatakan bahwa karakteristik model Project Based Learning (PjBL) yaitu:
    • Guru hanya sebagai fasilitator dan mengevaluasi produk hasil kerja;
    • Menggunakan proyek sebagai media pembelajaran;
    • Menggunakan masalah yang ada pada kehidupan sehari-hari siswa sebagai langkah awal pembelajaran;
    • Menekankan pembelajaran kontekstual;
    • Menciptakan suatu produk sederhana sebagai hasil pembelajaran proyek.
  2. Teori kedua dikemukakan oleh Wulandari dan Misbahul (2018, hlm.793-797) yang menyatakan bahwa karakteristik model Project Based Learning (PjBL) yaitu:
    • Memuat tugas-tugas kompleks berdasarkan pertanyaan dan permasalahan yang diberikan oleh guru;
    • Menuntut siswa untuk merancang proyek, memecahkan masalah, membuat keputusan dan melakukan investigasi;
    • Menuntut siswa untuk bekerja dan belajar secara mandiri;
    • Melibatkan siswa dalam kegiatan pemecahan masalah;
    • Pada akhir pembelajaran, siswa diharuskan menampilkan sebuah produk sebagai hasil dari pembelajaran proyek.
  3. Teori ketiga dikemukakan oleh Natty, Firosalia, dan Indri (2019, hlm. 1082-2092) yang menyatakan bahwa karakteristik model Project Based Learning (PjBL) yaitu:
    • Siswa dihadapkan pada permasalahan yang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa;
    • Diberikan suatu proyek yang berkaitan dengan materi;
    • Siswa diminta untuk memecahkansuatu masalah secara mandiri;
    • Membuat suatu proyek atau kegiatan berdasarkan permasalahan;
    • Siswa dilatih untuk bekerja secara individu atau kelompok untuk menghasilkan suatu produk.
  4. Teori keempat dikemukakan oleh Dewi, I Gusti dan I Ngh. Suadnyana (2017, hlm. 1-10) yang menyatakan bahwa karakteristik model Project Based Learning (PjBL) yaitu:
    • Pembelajan berfokus pada konsep dari suatu displin;
    • Melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran untuk memecahkan masalah dan tugas-tugas bermakna lainnnya;
    • Siswa bekerja dan belajar secara mandiri;
    • Menghasilkan produk karya siswa yang bernilai dan realistik.
  5. Teori kelima dikemukakan oleh Diffly dan Sassman (2014) yang menyatakan bahwa karakteristik model Project Based Learning (PjBL) sebagai berikut:
    • Siswa terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran;
    • Menghubungkan dunia nyata dalam pembelajaran;
    • Pembelajaran dilaksanakan dengan berbasis penelitian terhadap suatu proyek;
    • Membutuhkan banyak sumber belajar;
    • Mengembangkan kemampuanpengetahuan dan keterampilan;
    • Membutuhkan waktu yang cukup lama;
    • Diakhiri dengan menghasilkan sebuah produk tertentu.
  6. Teori keenam dikemukakan oleh Andari, Ni Wayandan IB Surya (2016, hlm. 1-12) yang menyatakan karakteristik model Project Based Learning (PjBL) sebagai berikut:
    • Melibatkan suatu proyek dalam proses pembelajaran;
    • Proyek dikerjakan oleh individu atau kelompok;
    • Mengerjakan proyek dalam jangka waktu tertentu;
    • Menghasilkan sebuah produk, yang hasilnya kemudian akan ditampilkan atau dipresentasikan.
  7. Teori ketujuhdikemukakan oleh Azizah dan Naniek (2019, hlm. 194-204) yang menyatakan karakteristik model Project Based Learning (PjBL) sebagai berikut:
    • Pembelajaranberdasarkan suatu proyek;
    • Memuat tugas-tugas berdasarkan permasalahan;
    • Menuntut siswa untuk merancang kerja proyek;
    • Siswa diharapkan mampu memecahkan masalah, membuat keputusan dan melakukan kegiatan investigasi;
    • Siswa untuk bekerja dan belajar secara mandiri.
  8. Teori kedelapan di kemukakan oleh Laksono (2018, hlm. 69-75) yang menyatakan karakteristik model Project Based Learning (PjBL) sebagai berikut:
    • Melibatkan siswa dalam kegiatan pemecahan masalah;
    • Siswa bekerja dan belajar secara mandiri;
    • Menghasilkan produk karya siswasebagai hasil dari proyekyang dikerjakan.

 

Kesimpulan Karakteristik Model Project Based Learning

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa karakteristik model Project Based Learning (PjBL) yaitu:

  1. Menggunakan proyek sebagai media pembelajaran;
  2. Mengawali pembelajaran dengan sebuah pertanyaan atau masalah nyata yang berkaitan dengan kehidupansiswa;
  3. Melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran untuk mengatasi permasalahan;
  4. Siswa melakukan kegiatan kerja proyek secara individu/kelompok;
  5. Siswa melakukan pekerjaan dan pembelajaran secara mandiri;
  6. Menghasilkan sebuah produk sebagai hasil dari pembelajaran proyek.

 




 

Lihat juga Pengertian Model Pembelajaran Project Based Learning

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2021-10-23 15:32:03.

Pendidikan