Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli

Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli

Media Visual merupakan semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat panca-indera mata.Media visual ( imageatau perumpamaan) memegang peran yang sangatpenting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata.



Agar menjadi efektif, visual sebaiknya ditempatkan pada konteks yang bermakna dansiswa harus berinteraksi dengan visual ( image ) itu untuk meyakinkan terjadinya proses informasi. Dengan demikian media visual dapat diartikan sebagai alat pembelajaran yang hanya bisa dilihat untuk memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan akan isi materi pelajaran. Media berbasis visual adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media berbasis visual (imageatau perumpamaan) memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapatmemberikan dukungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Agar menjadi efektif, visual sebaiknya ditempatkan pada konteks yang bermakna dan siswa harus berinteraksi dengan visual (image) itu untuk meyakinkan terjadinya proses informasi.

Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang media pengajaranyang meliputi : 1)Media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar, 2)Fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, 3)Selukbeluk proses belajar, 4)Hubungan antara metode mengajar dan media pendidikan, 5)Nilai atau manfaat media pendidikan dalam pengajaran, 6)Pemilihan dan penggunaan media pendidikan, 7)Berbagai jenis alat dan teknik media pendidikan, 8)Media pendidikan dalam setiap mata pelajaran, 9)Usaha inovasi dalam media pendidikan.



Menurut Wina Sanjaya secara umum media merupakan kata jamak dari medium, yang berarti perantara atau pengantar. Kata media berlaku untuk berbagai kegiatan atau usaha, seperti media dalam penyampaian pesan, media pengantar magnet atau panas dalam bidang teknik. Istilah media juga digunakan dalam bidang pengajaran atau pendidikan sehingga istilahnya menjadi media pendidikan atau media pembelajaran.

Sedangkan media audio yaitu media yang berkaitan dengan indera pendengaran. Pesan yang akan disampaikan dituangkan dalam lambanglambang auditif, baik verbal (kedalam kata-kata/bahasa lisan) maupun non verbal. Beberapa jenis media yang termasuk dalam kelompok ini adalah radio, dan alat perekampita magnetik.



Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli

  1. Media visual menurut Sanjaya yaitu media yang dapat di lihat saja, tidak mengandung unsur suara. Media visual adalah media yang melibatkan indra penglihatan. Media ini hanya dapat menyampaikan pesan melalui indra penglihatan atau hanya dapat dilihat dengan mata saja, indra lain seperti telinga tidak dapat difungsikan untuk media visual ini.
  2. Dalam kamus la Rousse Elementaire( 1956 : 852 ) “ visual, elle est qui appartient a la vue”. Maksudnya visual adalah semua yang Nampak atau terlihat. Dalam pembelajaran, visual adalah alat bantu pandang.
  3. Menurut Wibawa dan Mukti (1992 : 27) menjelaskan bahwa :
    “Media visual dibedakan menjadi dua yaitu media visual diam dan media visual gerak. Media visual diam antara lain : foto, ilustrasi, flash card, gmbar pilihan dan potongan gambar, film bingkai, film rangkai, transparansi, proyektor tak tembus pandang, mikrofis, overhead proyektor, stereo proyektor, mikro proyektor dan tachitoscopes. Serta grafis, bagan, diagram, poster, gambar kartun, peta dan globe.Sedangkan media visual gerak meliputigambar-gambar proyeksi bergerak seperti film bisu, film kartun dan sebagainya”.
  4. Media Visual (Daryanto, 1993:27), artinya semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat panca-indera mata. Media visual (image atau perumpamaan) memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata.
  5. Menurut Fathurrohman (2007 : 67) mengungkapkan bahwa :
    “Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual ini ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip, slide foto, gambar atau lukisan dan cetakan.Ada pula media visual yang menampilkan gambir atau symbol yang bergerak seperti film bisu dan film kartun”.



Media visual adalah alat atau sarana komunikasi yang dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata). Media visual juga merupakan penyampaian pesan atau informasi secara teknikdan kreatif yang mana menampilkan gtambar, grafik serta tata dan letaknya jelas, sehingga penerima pesan dan gagasan dapat diterima sasaran. Kelebihan dari media visual ini adalah sifatnya kongkrit, lebih realistik dan murah harganya. Sedangkan kelemahan dari media visual ini adalah gambar atau foto hanya menekankan persepsi indera mata dan ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.

Secara umum media pembelajaran berbasis visual merupakan media yang efektif untuk meningkatkan daya serap dan pemahaman siswa terhadap pelajaran, khususnya pembahasan yang sulit diterima tanpa perantara media. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan nilai post test siswa setelah menggunakan media pembelajaran. Minat siswa terhadap media pembelajaran berbasis visual sangat baik, hal ini dapat dilihat dari antusiasme siswa pada saat menggunakan media pembelajaran ini.Ketika siswa belajar dalam kondisi menyenangkan, maka siswa bisa menyerap dan mengingat lebih banyak materi yang disampaikan.



Media visual sangatlah membantu dalam proses belajar mengajar. Sarana komunikasi yang menggunakan indra penglihatan ini cukup efektif dan efisien, yang berkarakteristik kesederhanaan, penekanan dan keterpaduan. Media visual ini juga dapat bermanfaat dalam penyerapan informasi atau pesan yang akan disampaikan oleh guru dan sangat membantu dalam mengembangkan imajinasi dan pola pikir anak.

 

 

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Fungsi Media Grafis
  2. Pengertian Media Visual
  3. Jenis-Jenis Media Visual
  4. Karakteristik Media Visual
  5. Pengertian Pendidikan IPS
  6. Ciri Ciri Media Audio Visual
  7. Klasifikasi Media Pembelajaran
  8. Karakteristik Media Audio Visual
  9. Contoh Media Visual Non Proyeksi
  10. Macam Macam Media Pembelajaran
  11. Jenis Jenis Media Visual Non Proyeksi
  12. Kelebihan Media Visual dan Contohnya
  13. Cara Menggunakan Media Audio Visual
  14. Prinsip Penggunaan Media Audio Visual
  15. Kriteria Materi Pembelajaran Yang Baik
  16. Ciri-Ciri Media Pembelajaran yang Baik
  17. Kelebihan dan Kekurangan Media Grafis
  18. Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
  19. Manfaat Media Pembelajaran Bagi Siswa
  20. Fungsi Media Visual dalam Pembelajaran
  21. Indikator Penilaian Media Pembelajaranka
  22. Pengertian Media Grafis Menurut Para Ahli
  23. Macam Macam Contoh Media Audio-Visual
  24. Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli
  25. Jenis-Jenis Media Audio visual di Antaranya
  26. Ciri-Ciri Media Pembelajaran Secara Umum
  27. Landasan Penggunaan Media Pembelajaran
  28. Komponen Keberhasilan Pendidikan Inklusif
  29. Jenis-Jenis Media Visual yang Diproyeksikan
  30. Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar
  31. Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  32. Unsur Unsur Yang Terdapat Pada Media Visual
  33. Ciri-Ciri Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  34. Manfaat Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  35. Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli
  36. Ciri Ciri Media Pendidikan Menurut Gerlach & Ely
  37. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran
  38. Macam Macam Media Grafis dalam Pembelajaran
  39. Pemilihan Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  40. Manfaat Media Pembelajaran dalam Pembelajaran
  41. Jenis-Jenis Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  42. Langkah-Langkah Penggunaan Media Audio Visual
  43. Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  44. Jenis-Jenis Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  45. Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar
  46. Jenis Jenis Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran
  47. Peranan Media Pembelajaran dalam Konteks Belajar
  48. Kontribusi Media Pembelajaran dalam Proses Belajar
  49. Pengertian Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan
  50. Peran Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran
  51. Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran
  52. Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran
  53. Fungsi Manfaat Media Audio Visual dalam Pembelajaran
  54. Keuntungan Kelemahan Lingkungan Media Pembelajaran
  55. Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  56. Tujuan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
  57. Kelebihan Kekurangan Media Pembelajaran Berbasis Visual
  58. Kegunaan Media Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar

 

 




 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Pendidikan