Karakteristik Media Visual

Karakteristik Media Visual

Karakteristik media visual adalah pengklasifikasian media agar dapat mengungkapkan karakteristik atau ciri-ciri suatu media berbeda menurut tujuan atau maksud dan pengelompokannya. Berbagai media juga memiliki kekhasannya tersendiri, yang berbeda dengan yang lainnya. Masing-masing media juga memiliki kelebihan serta kekurangan. Tidak semua jenis media yang dijelaskan tadi akan dibahas. Secara keseluruhan terdapat beberapa unsur dalam media visual terdiri dari garis, bentuk, warna dan tekstur. Untuk memberikan kesan penegasan, juga dapat untuk membangun ketertarikan, bahkan dapat membuat realis serta menciptakan minat emosional terhadap warna. Sementara, tekstur digunakan untuk menambah karakter dari warna itu sendiri. Symbol pesan media visual memiliki tiga prinsip yaitu:

  1. Penekanan Perancangan visual harus dibuat dengan sesederhana mungkin, sehingga sering sekali konsep perancangan yang akan dibuat memerlukan penekanan terhadap salah satu unsur yang akan menjadi pusat perhatian para audience. Dengan menggunakan ukuran, hubungan, perspektif, warna atau ruang pencahayaan yang dapat diberikan untuk unsur terpenting.
  2. Kesederhanaan Secara keseluruhan menuju kepada sejumlah elemen yang terkandung dalam suatu objek visual. Jumlah elemen yang lebih sedikit memudahkan para audience untuk menerima pesan yang disampaikan. Pesan informasi yang panjang dan rumit harus disederhanakan agar visual mudah dipahami oleh audience. Kalimat yang disampaikan juga harus memakai huruf yang mudah di baca dan dipahami.
  3. Keterpaduan Menuju kepada hubungan yang terdapat di antara elemen media visual apabila diamati akan memiliki fungsi yang smaa. Elemen dalam media visual harus saling terikat dan sebagai satu kesatuan yang dapat dikenal dan dapat membantu pemahaman pesan dan informasi yang telah disampaikan.