Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Dalam proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Media pembelajaran hendaknya diupayakan untuk memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh media tersebut dan berusaha menghindari hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran. Untuk tujuan informasi, media pembelajaran dapat digunakan dalam rangka penyajian informasi di hadapan sekelompok siswa. Isi dan bentuk penyajian bersifat amat umum, berfungsi sebagai pengantar, ringkasan, laporan, atau pengetahuan latar belakang. Penyajian dapat berbentuk hiburan, drama, atau teknik motivasi.

Dalam penggunaannya media pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat yang digunakan dalam proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

  1. Fungsi Media Pembelajaran menurut Utami dan Julianto (2013, hlm. 2)
    Menggabungkan dua indera dalam penggunaannya yaitu indera pendengaran dan penglihatan. Penggunaan media audio visual merangsang siswa untuk belajar dengan mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa. Media audio visual mampu membantu guru dalam menvisualkan materi ditambah dengan audio yang akan memperkaya lingkungan belajar siswa, memelihara eksplorasi, dan mendorong siswa untuk mengembangkan pembicaraan dan mengungkapakan pikirannya.
  2. Fungsi Media Pembelajaran menurut Hamalik dalam Arsyad ( 2017, hlm. 19 )
    Mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
  3. Fungsi Media Pembelajaran menurut Aqib (20117, hlm.51)
    Aqib (20117, hlm.51) menyebutkan fungsi media pembelajaran secara umum, yaitu :

    • Menyeragamkan penyampaian materi
    • Pembelajaran lebih jelas dan menarik
    • Proses pembelajaran lebih interaksi
    • Efisiensi waktu dan tenaga
    • Meningkatkan kualitas hasil belajar
    • Belajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
    • Menumbuhkan sikap positif belajar terhadap proses dan materi belajar
    • Meningkatkan peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif
  4. Fungsi media dalam proses pembelajaran menurut Daryanto (2013: 10-11) adalah sebagai berikut :
    • Menyaksikan benda yang ada atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Dengan perantara gambar, potret, slide, film, video, atau media lain, siswa dapat memperoleh gambaran yang nyata tentang benda atau peristiwa.
    • Mengamati benda atau peristiwa yang sukar dikunjungi, baik karena jaraknya jauh, berbahaya, atau terlarang. Misalnya video harimau di hutan.
    • Memperoleh gambaran yang jelas tentang benda atau hal-hal yang sukar diamati secara langsung karena ukurannya yang tidak memungkinkan, baik karena terlalu besar atau terlalu kecil.
    • Dengan mudah membandingkan sesuatu. Dengan bantuan gambar, model atau foto siswa dapat dengan mudah membandingkan dua benda berbeda sifat ukuran, warna, dan sebagainya.
    • Dapat melihat secara cepat suatu proses yang berlangsung secara lambat. Dengan video, proses perkembangan katak dari telur sampai menjadi katak dapat diamati hanya dalam waktu beberapa menit.
  5. Media pembelajaran menurut Kemp & Dayton (Azhar Arsyad, 2011:23), dapat memenuhi tiga fungsi utama apabila media itu digunakan untuk perorangan, kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu :
    • Memotivasi minat dan tindakan
    • Menyajikan informasi
    • Memberi instruksi

 

Dari definisi-definisi tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu dalam menyampaikan informasi dan pesan secara lebih teliti, jelas dan menarik.

 



Manfaat masing-masing media :

  1. Memperjelas penyajian pesan (tidak verbalis)
  2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra
  3. Objek bisa besar/kecil
  4. Gerak bisa cepat/lambat
  5. Kejadian masa lalu, objek yang kompleks.
    Selain daripada hal yang telah dijelaskan, menurut Daryanto (2016,hlm. 5)

 

Secara umum media memiliki kegunaan, yaitu :

  1. Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalis
  2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra.
  3. Menimbulkan gairha belajar, interaksi lebih langsung antara murid dan sumber belajar
  4. Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya

 




 

Lihat juga Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Pendidikan