Ciri-Ciri Media Pembelajaran yang Baik

Ciri-Ciri Media Pembelajaran yang Baik

Mengidentifikasi karakteristik media pembelajaran perlu dilakukankarenaakan berkaitan media yang seperti apa yang dibutuhkan ketika dalam penggunaanya. Bates dalam Suryani, dkk. (2018, hlm.55) menyatakan, mengidentifikasi tiga karakteristik penentuan media yang perlu diperhatikan, diataranya sebagai berikut :

  1. Disiarkan (satu arah) vs komunikatif (dua arah)
    Media pembelajaran yang disiarkan maksudnya adalah media siaran satu arah seperti televisi misalnya bahkan tekhnologi internet juga bisa menjadi media siaran satu arah. Sedangkan media komunikatif adalah media yang memungkinkan guru dan siswa melakukan interaksi timbal balik selain atar guru dan siswa atau juga antara siswa dengan siswa misalnya adalah telephone, video-converencing,e-mail, forum diskusi online, media sosial internet atau media tekhnologi komunikatif sehingga semua pengguna dapat saling berinteraksi.
  2. Sinkron (live/langsung) vs asinkron (direkam sebelumnya)
    Teknologi sinkron mengharuskan semua orang yang berpartisipasai dalam komunikasi untuk berpartisipasi bersama meskipun tidak mesti berada di tempat yang sama. Sedangkan tekhnologi asinkron memungkinkan peserta untuk mengakses pada waktu yang beragam, semua media yang direkam bersifat asinkron sperti buku, DVD, ceramah yang direkam melalui ceramah dan tersedia untuk streaming sesuai permintaan, dan forum diskusi online semua adalah media atau tekhnologi asinkron.
  3. Media tunggal vs media kaya (multimedia)
    Penggunaan multi media ini sebaiknya didahulukan penggunaan media yang sederhana terlebih dahulu, namun jika media sederhana tidak dapat berfungsi baik, maka menggunakan media kaya atau kompleks akan menjadi lebih baik. Menurut Garlach dan Ely dalam Suryani, dkk (2018, hlm.57) memiliki indikator utama yang dimiliki media pembelajaran :

    • Karakter fiksatif (Fixative Property)yaitu media pembelajaran dapat merekam, melestarikan, merekonstruksi suatu peristiwa.
    • Karakter manipulatif(Manipulative Property)artinya media mempunyai peran penting dalam memberikan pemahaman akan suatu peristiwa atau objek. Media mampu menyajikan segala peristiwa yang berlangsung lama menjadilebih singkat.
    • Karakter distributive (Distributive Property) maksudnya media pembelajaran mampu menghadirkan peristiwa atau objek yang sulit dijangkau dapat hadir di dalam kelas

Ciri-Ciri Media Pembelajaran

 



 

Lihat juga Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Pendidikan