Alat Bongkar Muat Petikemas

Alat Bongkar Muat Petikemas

Untuk menunjang pelayanan kapal dan barang diperlukan peralatan pelabuhan serta instalasi penunjang lainnya yang harus diadakan oleh perusahaan bongkar muat. Berikut adalah jenis-jenis peralatan untuk bongkar muat petikemas.

Nama Alat Bongkar Muat Petikemas

  1. Gantry Crane
    Gantry crane
    adalah jenis crane portal tinggi berkaki tegak yang mengangkat benda dengan hoist yang dipasang di sebuah troli hoist dan dapat bergerak secara horizontal pada rel atau sepasang rel dipasang di bawah balok atau lantai kerja. Sebuah Gantry Crane memiliki ujung balok pendukung bertumpu pada kaki tegak beroda berjalan pada rel diatas pondasi, biasanya pada dinding sisi paralel dari pabrik atau bangunan industri yang sama besar, sehingga bahwa seluruh crane dapat dipindahkan di sepanjang bangunan sementara hoist dapat dipindahkan ke sana kemari ke seluruh lebar bangunan. Sebuah Gantry Crane dapat pula ditempatkan diluar bangunan (outdoor).
  2. Rubber Tyred Gantry (RTG)
    Rubber Tyred Gantry Crane ini mirip seperti container crane bedanya untuk alat ini melakukan kegiatan bongkar muat petikemas dari trailer ke lapangan penumpukan petikemas atau sebaliknya. Jika container crane untuk berjalan menggunakan roda besi dan rel untuk jalur rodanya, RTG berjalan menggunakan roda karet.
  3. Spreadaer
    Kegunaannya amat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas bongkar muat. Spreader tersedia dengan berbagai kegunaan, yaitu spreader untuk petikemas, spreader beam untuk general cargo, dan clamp untuk curah kering. Dengan menggunakan spreader, kecepatan bongkar muat akan meningkat, ex: spreader beam dapat mengangkat dua jala-jala lambung sekaligus sekali angkat. Namun pada hakekatnya, penggunaan spreader harus disesuaikan dengan SWL (Safe Working Load) pada setiap crane.
  4. Mobile Crane
    Alat bongkar muat berbentuk truk yang menggendong crane pada punggungnya. Alat ini dapat digunakan untuk melakukan kegiatan bongkar atau muat barang berupa container maupun bag cargo. Umumnya mobile crane digunakan untuk menggantikan peran crane kapal (ship gear). Kapasitas mobile crane bervariasi, bahkan ada yang mencapai 65 Ton atau dengan kata lain sanggup mengangkat container berukuran 20 ft full. Kato,Tadano, Sumitomo dan IHI adalah beberapa merek mobile crane yang biasa digunakan.
  5. HMC (Harbour Mobile Crane)
    Alat bongkar muat dipelabuhan atau crane yang dapat berpindah pindah tempat serta memiliki sifat yg flexible sehingga bisa digunakan untuk bongkar atau muat container maupun barang barang curah atau general cargo dengan kapasitas angkat atau SWL(safety weight load) sampai dengan 100 ton.
  6. RS (Reach Stacker)
    Alat yang dapat bergerak yang memiliki spreader digunakan untuk menaikan atau menurunkan(lift on atau lift off) container di dalam CY(container yard) atau Depo Container.
  7. Transtainer kapasitas 40 ton
    Adalah alat untuk mengangkut, menumpuk 4 + 1 tiers, lebar span 6 + 1 rows dan membongkar atau memuat peti kemas dilapangan penumpukan (container yard). Alat ini bergerak dan ditempatkan di lapangan penumpukan petikemas.
  8. Level Luffing Gantry Crane (LLGC)
    Merupakan jenis lain dari alat bongkar muat di pelabuhan. berbentuk seperti crane kapal, namun terletak di dermaga. Beberapa menggunakan rel atau roda sebagai sarana untuk berpindah tempatnya. Alat ini dapat digunakan untuk berbagai jenis cargo, seperti container, bag carge, maupun curah kering dengan penambahan alat tertentu.
  9. Top Loader
    Top Loader atau yang sering disebut Lift truck digunakan untuk bongkar muat peti kemas di lapangan penumpukan. Tipe lain dari Top Loader ada yang disebut terakhir hanya berbeda pada operasinya, dimana petikemas di handling dari depan alat atau samping alat.
  10. Side Container Loader
    Peralatan ini adalah jenis forklift berkapasitas antara 7,5 ton sampai 10 ton sebagai konstruksi dasar dengan penggantian perangkat fork (garpu) yang menjadi spreader untuk mengangkat peti kemas kosong.
  11. Telescopic Spreader Combo
    Alat-alat yang digunakan untuk mengangkat peti kemas dan cara kerjanya mirip dengan fix spreader tetapi dengan ukuran lebih kecil.
  12. Fixed Spreader
    Alat yang khusus dirancang untuk mengangkat peti kemas dimana konstruksi alat ini ada yang berbentuk segi empat dan ada yang berbentuk dari sebuah batang baja panjang, sepanjang peti kemas dan ujung–ujungnya terdapat batang-batang melintang selebar petikemas.
  13. Super Stacker
    Adalah alat yang digunakan untuk menstack container sampai dengan ketinggian 3 stack. Alat ini digunakan di lapangan penumpukan dan dikendalikan oleh mesin. Kelebihan alat ini adalah fleksibel.
  14. Head Truck
    Head truck dan chassis atau disebut juga terminal traktor atau Trailler digunakan diterminal petikemas untuk mengangkut peti kemas dari dermaga kelapangan penumpukan atau sebaliknya serta dari area lapangan penumpukan petikemas kegudang Container Freight Station (CFS) atau sebaliknya.

 

Baca juga Jenis alat bongkar muat di pelabuhan

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2021-11-20 09:19:10.

Manajemen Logistik