Secara umum, media visual adalah alat atau sarana komunikasi yang dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata). Media visual juga merupakan penyampaian pesan atau informasi secara teknikdan kreatif yang mana menampilkan gtambar, grafik serta tata dan letaknya jelas, sehingga penerima pesan dan gagasan dapat diterima sasaran. Media visual dapat juga diartikan sebagai sumber belajar yang berisikan pesan atau materi pelajaran yang dibuat secara menarik dalam bentuk kombinasi gambar, teks, gerak dan animasi yang disesuaikan dengan usia peserta didik yang dapat menarik peserta didik dalam belajar, sehingga pembelajaran akan menyenangkan dan tidak menjenuhkan.
Pengertian media visual menurut para Ahli
- Dalam kamus la Rousse Elementaire( 1956 : 852 ) “ visual, elle est qui appartient a la vue”. Maksudnya visual adalah semua yang Nampak atau terlihat. Dalam pembelajaran, visual adalah alat bantu pandang.
- Menurut Wibawa dan Mukti (1992 : 27) menjelaskan bahwa : “media visual dibedakan menjadi dua yaitu media visual diam dan media visual gerak. Media visual diam antara lain : foto, ilustrasi, flash card, gmbar pilihan dan potongan gambar, film bingkai, film rangkai, transparansi, proyektor tak tembus pandang, mikrofis, overhead proyektor, stereo proyektor, mikro proyektor dan tachitoscopes. Serta grafis, bagan, diagram, poster, gambar kartun, peta dan globe.Sedangkan media visual gerak meliputigambar-gambar proyeksi bergerak seperti film bisu, film kartun dan sebagainya”.
- Menurut Fathurrohman (2007 : 67) mengungkapkan bahwa : “media visual adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual ini ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip, slide foto, gambar atau lukisan dan cetakan.Ada pula media visual yang menampilkan gambir atau symbol yang bergerak seperti film bisu dan film kartun”.
Jenis-Jenis Media Visual Dalam Pembelajaran
Jenis-jenis media visual dapat dibagi menjadi dua, yaitu media visual non-proyeksi dan media visual proyeksi.
-
Media visual non-proyeksi
Media visual non-proyeksi merupakan jenis media yang sering digunakan dalam pembelajaran karena penggunaannya sederhana, tidak memerlukan banyak kelengkapan dan relative tidak mahal.Media visual non-proyeksi dapat menterjemahkan ide abstrak menjadi lebih realistic. Beberapa Media visual non-proyeksi yang sering digunkan dalam pembelajaran antara lain : benda realita atau benda nyata, model dan prototype dan media grafis.
- Benda Realita ( benda nyata )
Benda nyata adalah benda yang dapat dilihat, didengar atau dialami oleh peserta didik sehingga memberikan pengalaman langsung kepada mereka. Benda tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas ketika proses pembelajaran berlangsung, tetapi siswa dapat melihat langsung ke lokasi obyek. Sebagai contoh, untuk mempelajari bangun ruang dan bangun datar, siswa bias mengamati langsung pada beberapa benda yang mempunyai volume seperti tabung. - Model dan prototype
Model dan prototype adalah benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan representasi atau pengganti dari benda yang sesungguhnya.Penggunaan model atau prototype dalam pembelajaran untuk mengatasi keterbatasan ketersediaan benda realita, baik keterbatasan karena alasan biaya maupun karena sulit dijangkau.Misalnya, untuk mempelajari letak geografis di planet bumi diperlukan model berupa globe. - Media cetak
Media cetak adalah media pembelajaran yang disajikan dalam bentuk tercetak (prited media). Media jenis ini termasuk kelompok media yang paling tua dan banyak digunakan dalam proses pembalajaran karena praktis, penggunaannya dan tersedia di banyak tempat. Beberapa contoh media cetak adalah buku teks, modul, majalah, dll. - Media grafis
Media grafis menyalurkan pesan dan informasi melalui symbol-simbol visual.Fungsi fdari media grafis adalah menarik perhatian, memperjelas sajian pembelajaran, dan mengilusttrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan apabila hanya dilakukan melalui penjelasan verbal. Beberapa contoh media grafis antara lain : gambar, kartun, karikatur, grafik, diagram, dll.
- Benda Realita ( benda nyata )
-
Media visual proyeksi
Berkembangnya produk-produk teknologi informasi dan komunikasi, dan computer dewasa ini, memungkinkan media visual pembelajaran dapat ditampilkan dengan alat proyeksi (projector). Proyektor berfungsi untuk menampilkan objek-objek atau ilustrasi pada layar proyeksi atau layar monitor dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran sebenarnya, sehingga mudah dilihat dan diamati oleh seluruh pesert didik dalam satu kegiatan pembelajaran. Media visual proyeksi dapat dibuat dari kreasi hasil pemotretan menggunkan kamera dan hasil kreasi tanpa kamera melainkan menggunakan program aplikasi yang tersedia dalam berbagai macam seperti power point, hand and row, autocad, paint, dll.
Pembahasan lainnya :
- Fungsi Media Grafis
- Pengertian Media Visual
- Jenis-Jenis Media Visual
- Karakteristik Media Visual
- Pengertian Pendidikan IPS
- Ciri Ciri Media Audio Visual
- Klasifikasi Media Pembelajaran
- Karakteristik Media Audio Visual
- Contoh Media Visual Non Proyeksi
- Macam Macam Media Pembelajaran
- Jenis Jenis Media Visual Non Proyeksi
- Kelebihan Media Visual dan Contohnya
- Cara Menggunakan Media Audio Visual
- Prinsip Penggunaan Media Audio Visual
- Kriteria Materi Pembelajaran Yang Baik
- Ciri-Ciri Media Pembelajaran yang Baik
- Kelebihan dan Kekurangan Media Grafis
- Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
- Manfaat Media Pembelajaran Bagi Siswa
- Fungsi Media Visual dalam Pembelajaran
- Indikator Penilaian Media Pembelajaranka
- Pengertian Media Grafis Menurut Para Ahli
- Macam Macam Contoh Media Audio-Visual
- Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli
- Jenis-Jenis Media Audio visual di Antaranya
- Ciri-Ciri Media Pembelajaran Secara Umum
- Landasan Penggunaan Media Pembelajaran
- Komponen Keberhasilan Pendidikan Inklusif
- Jenis-Jenis Media Visual yang Diproyeksikan
- Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar
- Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Unsur Unsur Yang Terdapat Pada Media Visual
- Ciri-Ciri Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Manfaat Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli
- Ciri Ciri Media Pendidikan Menurut Gerlach & Ely
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran
- Macam Macam Media Grafis dalam Pembelajaran
- Pemilihan Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Manfaat Media Pembelajaran dalam Pembelajaran
- Jenis-Jenis Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Langkah-Langkah Penggunaan Media Audio Visual
- Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Jenis-Jenis Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar
- Jenis Jenis Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran
- Peranan Media Pembelajaran dalam Konteks Belajar
- Kontribusi Media Pembelajaran dalam Proses Belajar
- Pengertian Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan
- Peran Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran
- Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran
- Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran
- Fungsi Manfaat Media Audio Visual dalam Pembelajaran
- Keuntungan Kelemahan Lingkungan Media Pembelajaran
- Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Tujuan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
- Kelebihan Kekurangan Media Pembelajaran Berbasis Visual
- Kegunaan Media Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar