Jenis-Jenis Media Visual Dalam Pembelajaran

Jenis-Jenis Media Visual Dalam Pembelajaran

Secara umum, media visual adalah alat atau sarana komunikasi yang dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata). Media visual juga merupakan penyampaian pesan atau informasi secara teknikdan kreatif yang mana menampilkan gtambar, grafik serta tata dan letaknya jelas, sehingga penerima pesan dan gagasan dapat diterima sasaran. Media visual dapat juga diartikan sebagai sumber belajar yang berisikan pesan atau materi pelajaran yang dibuat secara menarik dalam bentuk kombinasi gambar, teks, gerak dan animasi yang disesuaikan dengan usia peserta didik yang dapat menarik peserta didik dalam belajar, sehingga pembelajaran akan menyenangkan dan tidak menjenuhkan.



Pengertian media visual menurut para Ahli

  • Dalam kamus la Rousse Elementaire( 1956 : 852 ) “ visual, elle est qui appartient a la vue”. Maksudnya visual adalah semua yang Nampak atau terlihat. Dalam pembelajaran, visual adalah alat bantu pandang.
  • Menurut Wibawa dan Mukti (1992 : 27) menjelaskan bahwa : “media visual dibedakan menjadi dua yaitu media visual diam dan media visual gerak. Media visual diam antara lain : foto, ilustrasi, flash card, gmbar pilihan dan potongan gambar, film bingkai, film rangkai, transparansi, proyektor tak tembus pandang, mikrofis, overhead proyektor, stereo proyektor, mikro proyektor dan tachitoscopes. Serta grafis, bagan, diagram, poster, gambar kartun, peta dan globe.Sedangkan media visual gerak meliputigambar-gambar proyeksi bergerak seperti film bisu, film kartun dan sebagainya”.
  • Menurut Fathurrohman (2007 : 67) mengungkapkan bahwa : “media visual adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual ini ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip, slide foto, gambar atau lukisan dan cetakan.Ada pula media visual yang menampilkan gambir atau symbol yang bergerak seperti film bisu dan film kartun”.



Jenis-Jenis Media Visual Dalam Pembelajaran

Jenis-jenis media visual dapat dibagi menjadi dua, yaitu media visual non-proyeksi dan media visual proyeksi.

  • Media visual non-proyeksi

    Media visual non-proyeksi merupakan jenis media yang sering digunakan dalam pembelajaran karena penggunaannya sederhana, tidak memerlukan banyak kelengkapan dan relative tidak mahal.Media visual non-proyeksi dapat menterjemahkan ide abstrak menjadi lebih realistic. Beberapa Media visual non-proyeksi yang sering digunkan dalam pembelajaran antara lain : benda realita atau benda nyata, model dan prototype dan media grafis.

    • Benda Realita ( benda nyata )
      Benda nyata adalah benda yang dapat dilihat, didengar atau dialami oleh peserta didik sehingga memberikan pengalaman langsung kepada mereka. Benda tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas ketika proses pembelajaran berlangsung, tetapi siswa dapat melihat langsung ke lokasi obyek. Sebagai contoh, untuk mempelajari bangun ruang dan bangun datar, siswa bias mengamati langsung pada beberapa benda yang mempunyai volume seperti tabung.
    • Model dan prototype
      Model dan prototype adalah benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan representasi atau pengganti dari benda yang sesungguhnya.Penggunaan model atau prototype dalam pembelajaran untuk mengatasi keterbatasan ketersediaan benda realita, baik keterbatasan karena alasan biaya maupun karena sulit dijangkau.Misalnya, untuk mempelajari letak geografis di planet bumi diperlukan model berupa globe.
    • Media cetak
      Media cetak adalah media pembelajaran yang disajikan dalam bentuk tercetak (prited media). Media jenis ini termasuk kelompok media yang paling tua dan banyak digunakan dalam proses pembalajaran karena praktis, penggunaannya dan tersedia di banyak tempat. Beberapa contoh media cetak adalah buku teks, modul, majalah, dll.
    • Media grafis
      Media grafis menyalurkan pesan dan informasi melalui symbol-simbol visual.Fungsi fdari media grafis adalah menarik perhatian, memperjelas sajian pembelajaran, dan mengilusttrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan apabila hanya dilakukan melalui penjelasan verbal. Beberapa contoh media grafis antara lain : gambar, kartun, karikatur, grafik, diagram, dll.
  • Media visual proyeksi

    Berkembangnya produk-produk teknologi informasi dan komunikasi, dan computer dewasa ini, memungkinkan media visual pembelajaran dapat ditampilkan dengan alat proyeksi (projector). Proyektor berfungsi untuk menampilkan objek-objek atau ilustrasi pada layar proyeksi atau layar monitor dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran sebenarnya, sehingga mudah dilihat dan diamati oleh seluruh pesert didik dalam satu kegiatan pembelajaran. Media visual proyeksi dapat dibuat dari kreasi hasil pemotretan menggunkan kamera dan hasil kreasi tanpa kamera melainkan menggunakan program aplikasi yang tersedia dalam berbagai macam seperti power point, hand and row, autocad, paint, dll.

 

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Fungsi Media Grafis
  2. Pengertian Media Visual
  3. Jenis-Jenis Media Visual
  4. Karakteristik Media Visual
  5. Pengertian Pendidikan IPS
  6. Ciri Ciri Media Audio Visual
  7. Klasifikasi Media Pembelajaran
  8. Karakteristik Media Audio Visual
  9. Contoh Media Visual Non Proyeksi
  10. Macam Macam Media Pembelajaran
  11. Jenis Jenis Media Visual Non Proyeksi
  12. Kelebihan Media Visual dan Contohnya
  13. Cara Menggunakan Media Audio Visual
  14. Prinsip Penggunaan Media Audio Visual
  15. Kriteria Materi Pembelajaran Yang Baik
  16. Ciri-Ciri Media Pembelajaran yang Baik
  17. Kelebihan dan Kekurangan Media Grafis
  18. Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
  19. Manfaat Media Pembelajaran Bagi Siswa
  20. Fungsi Media Visual dalam Pembelajaran
  21. Indikator Penilaian Media Pembelajaranka
  22. Pengertian Media Grafis Menurut Para Ahli
  23. Macam Macam Contoh Media Audio-Visual
  24. Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli
  25. Jenis-Jenis Media Audio visual di Antaranya
  26. Ciri-Ciri Media Pembelajaran Secara Umum
  27. Landasan Penggunaan Media Pembelajaran
  28. Komponen Keberhasilan Pendidikan Inklusif
  29. Jenis-Jenis Media Visual yang Diproyeksikan
  30. Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar
  31. Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  32. Unsur Unsur Yang Terdapat Pada Media Visual
  33. Ciri-Ciri Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  34. Manfaat Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  35. Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli
  36. Ciri Ciri Media Pendidikan Menurut Gerlach & Ely
  37. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran
  38. Macam Macam Media Grafis dalam Pembelajaran
  39. Pemilihan Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  40. Manfaat Media Pembelajaran dalam Pembelajaran
  41. Jenis-Jenis Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  42. Langkah-Langkah Penggunaan Media Audio Visual
  43. Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  44. Jenis-Jenis Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  45. Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar
  46. Jenis Jenis Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran
  47. Peranan Media Pembelajaran dalam Konteks Belajar
  48. Kontribusi Media Pembelajaran dalam Proses Belajar
  49. Pengertian Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan
  50. Peran Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran
  51. Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran
  52. Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran
  53. Fungsi Manfaat Media Audio Visual dalam Pembelajaran
  54. Keuntungan Kelemahan Lingkungan Media Pembelajaran
  55. Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
  56. Tujuan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
  57. Kelebihan Kekurangan Media Pembelajaran Berbasis Visual
  58. Kegunaan Media Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Pendidikan