Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Menurut Para Ahli

Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Menurut Para Ahli

Menurut Pride dan Ferrel, dalam (Sangadji & Sopiah, 2013, 335) mengatakan bahwa, membagi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen ke dalam tiga kelompok, yaitu :



Faktor-faktor keputusan Pembelian Menurut Para Ahli

  • Faktor pribadi merupakan faktor yang unik bagi seseorang. Berbagai faktor pribadi dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Faktor pribadi dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu :
    1. Faktor demografi Faktor demografi berkaitan daengan siapa yang terlibat dalam pengambilan keputusan pembelian. Faktor ini meliputi ciri-ciri individual seperti jenis kelamin, usia, ras, suku bunga, pendapatan, siklus, kehidupan, keluarga dan perkerjaan.
    2. Faktor situasional Faktor situasional merupakan keadaan atau kondisi eksternal yang ada ketika konsumen membuat keputusan pembelian.
    3. Faktor tingkat keterlibatan Faktor tingkat keterlibaatan konsumen ditunjukan dengan sejauh mana konsumen mempertimbangkan terlebih dahulu keputusannya sebelum membeli suatu produk.



  • Faktor psikologis Faktor psikologis yang ada pada diri seseorang sebagian menetapkan perilaku orang tersebut sehingga mempengaruhi perilakunya sebagai konsumen. Faktor-faktor psikologis meliputi :
    1. Motif
      Kekuatan energi internal yang mengarahkan kegiatan seseorang ke arah pemenuhan kebutuhan atau pencapaian sasaran.
    2. Persepsi
      Proses pemilihan, perorganisasian, dan pengiterpretasian untuk menghasilkan makna.
    3. Kemampuan dan pengetahuan
      Kesanggupan atau efisiensi untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Kemampuan yang diminati oleh para pemasar adalah kemampuan seseorang individu untuk belajar dimana proses pembelaran tersebut merupakan perubahan perilaku seseorang yang disebabkan oleh informasi dan pengetahuan.
    4. Sikap
      Sikap merujuk pada pengetahuan dan perasaan positif atau negative terhadap sebuah objek atau kegiatan tertentu.

 

 



 

Pembahasan lainnya :

  1. Teori Brand Trust
  2. Fungsi Asosiasi Merek
  3. Dimensi Persepsi Nilai
  4. 4 Tingkat Kesadaran Merek
  5. Dimensi Kepercayaan Merek
  6. Indikator Tagline Menurut Ahli
  7. Dimensi Persepsi Kualitas Produk
  8. Dimensi Citra Merek Menurut Ahli
  9. Dimensi Brand Trust Menurut Ahli
  10. Pengertian 4 Dimensi Brand Equity
  11. Indikator Harga Menurut Para Ahli
  12. Pengertian Harga Menurut Para Ahli
  13. Komponen Citra Merek Menurut Ahli
  14. Dimensi Asosiasi Merek dan Contohnya
  15. Dimensi Ekuitas Merek Menurut AAKER
  16. Indikator Brand Awareness Menurut Ahli
  17. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  18. Definisi Niat Beli Ulang Menurut Para Ahli
  19. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  20. Indikator Brand Ambassador Menurut Ahli
  21. Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli
  22. Fungsi Brand Loyalty Terhadap Perusahaan
  23. Indikator Niat Beli Ulang Menurut Para Ahli
  24. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  25. Indikator Loyalitas Merek Manurut Para Ahli
  26. Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli
  27. Teori Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli
  28. Pengertian Perceived Quality Menurut Para Ahli
  29. Pengertian Brand Awareness Menurut Para Ahli
  30. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  31. Konsep Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan
  32. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  33. Pengertian Keputusan Pembelian Menurut Para Ahli
  34. Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk
  35. Manfaat Ekuitas Merek Bagi Perusahaan & Konsumen
  36. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan
  37. Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen

 

 






 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran