Menurut Pride dan Ferrel, dalam (Sangadji & Sopiah, 2013, 335) mengatakan bahwa, membagi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen ke dalam tiga kelompok, yaitu :
Faktor-faktor keputusan Pembelian Menurut Para Ahli
- Faktor pribadi merupakan faktor yang unik bagi seseorang. Berbagai faktor pribadi dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Faktor pribadi dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu :
- Faktor demografi Faktor demografi berkaitan daengan siapa yang terlibat dalam pengambilan keputusan pembelian. Faktor ini meliputi ciri-ciri individual seperti jenis kelamin, usia, ras, suku bunga, pendapatan, siklus, kehidupan, keluarga dan perkerjaan.
- Faktor situasional Faktor situasional merupakan keadaan atau kondisi eksternal yang ada ketika konsumen membuat keputusan pembelian.
- Faktor tingkat keterlibatan Faktor tingkat keterlibaatan konsumen ditunjukan dengan sejauh mana konsumen mempertimbangkan terlebih dahulu keputusannya sebelum membeli suatu produk.
- Faktor psikologis Faktor psikologis yang ada pada diri seseorang sebagian menetapkan perilaku orang tersebut sehingga mempengaruhi perilakunya sebagai konsumen. Faktor-faktor psikologis meliputi :
- Motif
Kekuatan energi internal yang mengarahkan kegiatan seseorang ke arah pemenuhan kebutuhan atau pencapaian sasaran. - Persepsi
Proses pemilihan, perorganisasian, dan pengiterpretasian untuk menghasilkan makna. - Kemampuan dan pengetahuan
Kesanggupan atau efisiensi untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Kemampuan yang diminati oleh para pemasar adalah kemampuan seseorang individu untuk belajar dimana proses pembelaran tersebut merupakan perubahan perilaku seseorang yang disebabkan oleh informasi dan pengetahuan. - Sikap
Sikap merujuk pada pengetahuan dan perasaan positif atau negative terhadap sebuah objek atau kegiatan tertentu.
- Motif
Pembahasan lainnya :
- Teori Brand Trust
- Fungsi Asosiasi Merek
- Dimensi Persepsi Nilai
- 4 Tingkat Kesadaran Merek
- Dimensi Kepercayaan Merek
- Indikator Tagline Menurut Ahli
- Dimensi Persepsi Kualitas Produk
- Dimensi Citra Merek Menurut Ahli
- Dimensi Brand Trust Menurut Ahli
- Pengertian 4 Dimensi Brand Equity
- Indikator Harga Menurut Para Ahli
- Pengertian Harga Menurut Para Ahli
- Komponen Citra Merek Menurut Ahli
- Dimensi Asosiasi Merek dan Contohnya
- Dimensi Ekuitas Merek Menurut AAKER
- Indikator Brand Awareness Menurut Ahli
- Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
- Definisi Niat Beli Ulang Menurut Para Ahli
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
- Indikator Brand Ambassador Menurut Ahli
- Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli
- Fungsi Brand Loyalty Terhadap Perusahaan
- Indikator Niat Beli Ulang Menurut Para Ahli
- Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
- Indikator Loyalitas Merek Manurut Para Ahli
- Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli
- Teori Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli
- Pengertian Perceived Quality Menurut Para Ahli
- Pengertian Brand Awareness Menurut Para Ahli
- Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
- Konsep Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan
- Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
- Pengertian Keputusan Pembelian Menurut Para Ahli
- Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk
- Manfaat Ekuitas Merek Bagi Perusahaan & Konsumen
- Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan
- Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen