Teori Brand Trust

Teori Brand Trust

  • Teori Brand Trust

Kepercayaan merek adalah harapan akan kehandalan dan intense baik merek Delgado (2004) dalam Ferrinadewi (2008: 150). Sedangkan menurut Luarn dan Lin, (2003) dalam Ferrinadewi (2008 : 147), kepercayaan adalah sejumlah keyakinan spesifik terhadap integritas ( kejujuran pihak yang dipercaya dan kemampuan menepati janji), benevolence (perhatian dan motivasi yang dipercaya untuk bertindak sesuai dengan kepentingan yang mempercayai mereka), competency ( kemampuan yang dipercaya untuk melaksanakan kebutuhan yang mempercayai ) dan predictability ( konsistensi perilaku pihak yang dipercaya).

Kepercayaan merek adalah persepsi akan kehandalan dari sudut pandang konsumen didasarkan pada pengalaman, atau lebih pada urutan-urutan transaksi atau interaksi yang dicirikan oleh terpenuhinya harapan akan kinerja produk dan kepuasan (Costabile dalam ferrinadewi 2004).



Menurut Lau dan Lee (1999), Kepercayaan pelanggan pada merek didefinisikan sebagai keinginan pelanggan untuk bersandar pada sebuah merek dengan resiko-resiko yang dihadapi karena ekspektasi terhadap merek itu akan menyebabkan hasil yang positif, Delgado dalam Ika dan Kustini (2011). Brand trust dapat diukur melalui dimensi viabilitas (dimension of viability) dan dimensi intensionalitas (dimension of intentionality).

  1. Dimension of Viability Dimensi ini mewakili sebuah persepsi bahwa suatu merek dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan nilai konsumen. Dimensi ini dapat diukur melalui indikator kepuasan dan nilai (value).
  2. Dimension of Intentionality Dimensi ini mencerminkan perasaan aman dari seorang individu terhadap suatu merek. Dimensi ini diukur melalui security dan trust.

 

 



 

 

 

Pembahasan lainnya :

  1. Fungsi Asosiasi Merek
  2. Dimensi Persepsi Nilai
  3. 4 Tingkat Kesadaran Merek
  4. Indikator Tagline Menurut Ahli
  5. Dimensi Persepsi Kualitas Produk
  6. Pengertian 4 Dimensi Brand Equity
  7. Pengertian Harga Menurut Para Ahli
  8. Komponen Citra Merek Menurut Ahli
  9. Dimensi Asosiasi Merek dan Contohnya
  10. Dimensi Ekuitas Merek Menurut AAKER
  11. Indikator Brand Awareness Menurut Ahli
  12. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  13. Definisi Niat Beli Ulang Menurut Para Ahli
  14. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  15. Indikator Brand Ambassador Menurut Ahli
  16. Fungsi Brand Loyalty Terhadap Perusahaan
  17. Indikator Niat Beli Ulang Menurut Para Ahli
  18. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  19. Indikator Loyalitas Merek Manurut Para Ahli
  20. Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli
  21. Teori Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli
  22. Pengertian Brand Awareness Menurut Para Ahli
  23. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  24. Konsep Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan
  25. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  26. Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk
  27. Manfaat Ekuitas Merek Bagi Perusahaan & Konsumen
  28. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan

 

 






 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-05-26 09:34:07.

Manajemen Pemasaran