Pengertian ekuitas merek (brand equity) menurut Kotler dan Keller adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Ekuitas merek dapat tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasa dan bertindak dalam hubungannya dengan merek, dan juga harga, pangsa pasar dan profitabilitas yang diberikan merek untuk perusahaan. Kotler dan Keller (2009:263). Menurut Aaker, (1991) ada 4 dimensi brand equity :
Pengertian 4 Dimensi Brand Equity Menurut Ahli Aaker
- Kesadaran Merek (Brand Awareness) Menurut Aaker (1997) kesadaran merek adalah kesanggupan seorang pembeli untuk mengenali dan mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan perwujudan kategori produk tertentu.
- Persepsi Kualitas (Perceived Quality) Menurut Aaker (2002:41), persepsi kualitas adalah persepsi pelanggan terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk atau jasa layanan yang sama dengan maksud yang diharapkannya.
- Asosiasi Merek (Brand Associations) Menurut Aaker (1997, asosiasi merek adalah segala sesuatu yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan ingatan konsumen terhadap suatu merek.
- Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Simamora (2001:70), menyatakan bahwa loyalitas merek adalah ukuran kedekatan pelanggan pada sebuah merek. Sedangkan Loyalitas merek sangat berpengaruh terhadap kerentanan pelanggan dari serangan pesaing, hal ini sangat penting dan berkaitan erat dengan kinerja masa depan perusahaan.
Pembahasan lainnya :
- Fungsi Asosiasi Merek
- Dimensi Persepsi Nilai
- 4 Tingkat Kesadaran Merek
- Indikator Tagline Menurut Ahli
- Dimensi Persepsi Kualitas Produk
- Pengertian Harga Menurut Para Ahli
- Komponen Citra Merek Menurut Ahli
- Dimensi Asosiasi Merek dan Contohnya
- Dimensi Ekuitas Merek Menurut AAKER
- Indikator Brand Awareness Menurut Ahli
- Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
- Definisi Niat Beli Ulang Menurut Para Ahli
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
- Indikator Brand Ambassador Menurut Ahli
- Fungsi Brand Loyalty Terhadap Perusahaan
- Indikator Niat Beli Ulang Menurut Para Ahli
- Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
- Indikator Loyalitas Merek Manurut Para Ahli
- Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli
- Teori Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli
- Pengertian Brand Awareness Menurut Para Ahli
- Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
- Konsep Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan
- Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
- Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk
- Manfaat Ekuitas Merek Bagi Perusahaan & Konsumen
- Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan
Originally posted 2022-05-26 09:25:56.