Tahap Keputusan Pembelian Menurut Kotler

Tahap Keputusan Pembelian Menurut Kotler

Keputusan pembelian adalah keputusan konsumen mengenai preferensi atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan (Kotler dan Keller, 2009:240). Keputusan pembelian adalah tahap dimana pembeli telah menentukan pilihannya dan melakukan pembelian produk, serta mengkonsumsinya (Suharno, 2010: 96). Keputusan pembelian (purchase decision) konsumen adalah tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap produk (Kotler P. d., 2016). Teradapat lima tahapan dalam proses pengambilan keputusan pembelian, proses pembelian konsumen melalui lima tahap yaitu : Pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Jelaslah bahwa proses pembelian dimulai jauh sebelum pembelian aktual dilakukan dan memiliki dampak yang lama setelah itu. Secara umum konsumen memiliki 5 (lima) tahap untuk mencapai suatu keputusan pembelian dan hasilnya yaitu (Kotler P. d., 2016) :



Tahap Keputusan Pembelian Menurut Kotler

  • Tahapan Pengenalan Masalah. Pada tahap ini konsumen mengenali sebuah kebutuhan, keinginan atau masalah. Kebutuhan pada dasarnya dapat di cetuskan oleh rangsangan internal atau eksternal. Perusahaan harus menentukan kebutuhan, keinginan atau masalah mana yang mendorong konsumen memulai proses membeli suatu produk.
  • Tahapan Pencarian Informasi. Konsumen yang terangsang kebutuhannya akan terdorong untuk mencari informasi- informasi yang lebih banyak. Sumber-sumber informasi konsumen terbagi dalam 4 (empat) kelompok yaitu :
    1. Sumber Pribadi. Sumber Pribadi ini di dapat konsumen melalui keluarga, teman, dan kenalan atau tetangga.
    2. Sumber Komersial. Sumber Komersial ini di dapat konsumen melalui iklan, wiraniaga, penyalur, kemasan, pajangan di toko.
    3. Sumber Publik. Sumber Publik ini di dapat konsumen melalui media masa, organisasi penentu peringkat konsumen atau lembaga konsumen.
    4. Sumber Pengalaman. Sumber Pengalaman ini di dapat konsumen melalui penanganan, pengkajian, dan pemakaian produk.
  • Tahapan Evaluasi Alternatif atau Pilihan. Setelah mengumpulkan informasi sebuah merek, konsumen akan melakukan evaluasi alternatif terhadap beberapa merek yang menghasilkan produk yang sama dan bagaimana konsumen memilih di antara produk-produk alternatif.
  • Tahapan Keputusan Pembelian. Konsumen akan mengembangkan sebuah keyakinan atas merek dan tentang posisi tiap merek berdasarkan masingmasing atribut yang berujung pada pembentukan citra produk. Selain itu, pada evaluasi alternatif konsumen juga membentuk sebuah prefensi atas produk-produk yang ada dalam kumpulan pribadi dan konsumen juga akan membentuk niat untuk membeli merek yang paling di sukai dan berujung pada keputusan pembelian.
  • Tahapan Perilaku Pasca Pembelian. Tugas perusahaan pada dasarnya tidak hanya berakhir setelah konsumen membeli produk yang di hasilkan saja, tetapi yang harus diperhatikan lebih lanjut adalah meneliti dan memonitor apakah konsumen akan mengalami tingkat kepuasan dan ketidakpuasan setelah menggunakan produk yang akan dibeli. Tugas tersebut merupakan tugas akhir setelah periode sesudah pembelian.

Keputusan pembelian adalah pemilihan dari dua atau lebih alternatif pilihan keputusan pembelian. Artinya bahwa seseorang dapat membuat keputusan, haruslah tersedia beberapa alternatif pilihan.

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen
  2. Hubungan Antara Citra Merek dengan Keputusan Pembelian
  3. Prinsip-Prinsip Yang Digunakan Dalam Kualitas Pelayanan
  4. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
  5. Komponen Komponen Citra Merek Menurut Para Ahli
  6. Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen
  7. Indikator Kepuasan Konsumen Menurut Tjiptono
  8. Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen
  9. Indikator Kepercayaan Menurut Maharani 2010
  10. Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan
  11. Indikator Keputusan Pembelian Menurut Kotler
  12. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  13. Indikator Kualitas Pelayanan Menurut Kotler
  14. Pengertian Merek Menurut UU dan Para Ahli
  15. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  16. Tahap Keputusan Pembelian Menurut Kotler
  17. Dimensi Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  18. Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
  19. Elemen Kepuasan Konsumen Menurut Ahli
  20. Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan
  21. Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
  22. Tujuan Penetapan Harga Menurut Ahli
  23. Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
  24. Karakteristik Kepercayaan Konsumen
  25. Cara Mengukur Kepuasan Konsumen
  26. Dimensi Citra Merek Menurut Ahli
  27. 4 Karakteristik Syariah Marketing
  28. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  29. Jenis Kepercayaan Konsumen
  30. Syarat-Syarat Memilih Merek
  31. 3 Strategi Citra Merek

 

 




 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran