Perkembangan Stasiun Kereta Api

Perkembangan Stasiun Kereta Api

Perkembangan Stasiun Kereta Api di Indonesia

Stasiun-stasiun kereta api di Indonesia saat ini banyak yang merupakan sisa peninggalan masa kolonial Belanda, pemerintah merawat dan merevitalisasi kawasan stasiun sehingga terjaga keasliannya. Dalam perkembangannya, stasiun kereta api di Indonesia mengalami beberapa modifikasi diantaranya adalah konstruksi lantai peron yang merupakan tempat penumpang naik dan turun dari kereta. Terdapat perbedaan antara peron yang dibangun pada masa sebelum Perang Dunia II dan masa Proklamasi. Sebelum masa Perang Dunia II peron umumnya dibuat dengan lantai rendah sejajar dengan tanah.

Sedangkan bentuk kedua adalah peron yang dibangun setelah Proklamasi dengan ciri berlantai tinggi, peron tersebut dirasa lebih aman dibandingkan peron rendah dimana dengan peron yang ditinggikan maka penumpang tidak kontak langsung dengan rel, roda, dan mesin yang berada dibawah kereta, sehingga resiko kecelakan dapat dihindari.



Perbedaan tinggi peron tersebut disebabkan kereta produksi sebelum 1920 umumnya mempunyai tangga untuk turun ke bawah sehingga tidak memerlukan peron yang tinggi. Sedangkan kereta yang beroperasi saat ini pada umumnya dibuat setelah tahun 1965 dengan ciri berlantai tinggi, namun tidak dilengkapi dengan tangga.

Dari segi peningkatan mutu pelayanan melalui penambahan jumlah stasiun baru, dalam periode 2004-2008 jumlah stasiun tidak mengalami perkembangan berarti. Pada 2004 jumlah stasiun tercatat sebanyak 571 unit, yang tersebar di daerah operasi Jawa 437 unit (76,5%) dan divisi regional Sumatera 134 unit (23,5%). Sedangkan pada 2008, jumlah stasiun berkurang 1 unit menjadi 570 unit yang terdiri dari 441 unit (77,4%) di Jawa dan sisanya 129 unit (26,4%). Di Jawa terdapat penambahan stasiun dari 437 unit menjadi 441 unit, sebaliknya di Sumatera terjadi penutupan stasiun dari 134 unit menjadi 129 unit (gis.dephub.go.id/mapping/StatistikKeretaapi.aspx).

 

 

Baca juga Pemilihan moda transportasi




 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Transportasi