Perbedaan Algoritma dan Program Adalah

Perbedaan Algoritma dan Program Adalah

Perbedaan Algoritma dan Program Yaitu

Sebagaimana telah diuraikan di sub bab sebelumnya bahwa algoritma adalah urutan langkah-langkah terbatas yang disusun secara sistematis dan menggunakan bahasa yang logis dengan tujuan menyelesaikan suatu masalah tertentu. Sementara program adalah kumpulan instruksi berupa pernyataan yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman yang melibatkan pemilihan struktur data. Beberapa pakar komputer menyatakan program dengan formula Program = Algoritma + Bahasa Pemrograman.



Bahasa pemrograman dan algoritma berhubungan sangat eratpada sebuah program. Algoritma yang baik tanpa pemilihan struktur datayang tepat akan membuat program menjadi kurang baik, demikian jugasebaliknya. Jika dihubungkan dengan program, maka pembuatan algoritma harus memperhatikan kaidah :

  1. Pembuatan atau penulisan algoritma tidak tergantung pada bahasapemrograman manapun, artinya penulisan algoritma independen daribahasa pemrograman dan komputer yang memprosesnya.
  2. Notasi algoritma dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasapemrograman.
  3. Apapun bahasa pemrogramannya, output yang akan dikeluarkan samakarena algoritmanya sama.



Algoritma dibuat untuk membantu kita dalam mengkonversikan suatu permasalahan ke dalam bahasa pemrograman.Algoritma merupakan hasil pemikiran konseptual, supaya dapatdilaksanakan oleh komputer, algoritma harus diterjemahkan ke dalamnotasi bahasa pemrograman. Ada beberapa hal yang harus diperhatikanpada penerjemahan tersebut, yaitu :

  1. Pendeklarasian variabel
    Variabel dibutuhkan oleh program dalam rangka menyimpan data masukan, memproses dan mendapatkan hasil komputasi.
  2. Pemilihan tipe data
    Apabila dalam proses pembuatan program ternyata membutuhkanpendeklarasian variabel maka diwajibkam memilih tipe data, karena setiap variabel pasti membutuhkan tipe data ketika dideklarasikan.
  3. Pemakaian atau pemilihan instruksi
    Terdapat beberapa macam instruksi dalam bahasa pemrograman (sequence, selection dan repetition), urutan langkah dalam algoritma dapat diterjemahkan menjadi salah satu atau beberapa instruksi tersebut.
  4. Aturan sintaksis
    Pada saat menuliskan program kita terikat dengan aturan sintaksis dalam bahasa pemrograman yang akan digunakan. Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan penulisan sintaks-nya sendiri.
  5. Tampilan hasil
    Pada saat membuat algoritma kita tidak memikirkan tampilan hasil yang akan disajikan. Halteknis semacam ini diperhatikan ketikamengkonversikannya menjadi program.
  6. Cara pengoperasian compiler atau interpreter
    Bahasa pemrograman yang digunakan termasuk dalam kelompok compiler atau interpreter. Masing-masing memiliki cara pengoperasian yang bisa jadi berbeda.



Komputer adalah mesin pemroses. Agar dapat dikerjakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman berupa instruksi yang dapat dipahami oleh komputer sehingga dinamakan program. Jadi program adalah perwujudan atau implementasi teknis algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer. Program ditulis dengan menggunakan salah satu bahasa pemrograman. Kegiatanmembuat program disebut pemrograman (programming). Orang yangmenulis program disebut pemrogram (programmer). Tiap-tiap langkah didalam program disebut pernyataan atau instruksi. Jadi, program tersusunatas sederetan instruksi. Bila suatu instruksi dilaksanakan, maka operasi-operasiyang bersesuaian dengan instruksi tersebut dikerjakan komputer.

 

 

 



 

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Syarat Algoritma Adalah
  2. Ciri Ciri Algoritma Yang Baik
  3. Sejarah Algoritma Secara Singkat
  4. Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli
  5. Struktur Dasar Algoritma Dibagi Menjadi 3
  6. Pengertian Program Menurut Para Ahli Nama Ahli
  7. Penyajian Algoritma Dapat Dibedakan Menjadi Tiga
  8. Bahasa Pemrograman Digolongkan Atas Dua Kelompok Besar
  9. Penulisan Algoritma Terbagi Menjadi 3 Sebutkan dan Jelaskan

 

 





How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-23 00:59:59.

Sistem Informasi