Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

Algoritma adalah urutan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalahAlgoritma adalah deretan langkah-langkah komputasiyang mentransformasikan data masukkan menjadi keluaran Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas dalam memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukkan dalam jumlah waktu yang terbatas.Algoritma adalah prosedur komputasi yang terdefinisi dengan baikyang menggunakan beberapa nilai sebagai masukkan dan menghasilkan beberapa nilai yang disebut keluaran. Jadi algoritma adalah deretan langkah komputasi yang mentransformasikan masukkan menjadi keluaran.



Algoritma pertama kali dicetuskan oleh Abu Ja’far Muhammad Ibn Musa Al-Khowarizmi dalam sebuah buku yang berjudul Al-Jabr Wa-alMuqobla. Yang dimana ia dalam buku tersebut mengungkapkan bahwa algoritma terdiri dari dua kata yaitu “algoris” dan “ritmis” yang dalam pemrograman itu merupakan suatu cara ampuh yang berisi berangkaian langkah-langkah yang tersusun secara akurat atau runtut yang dibuat dengan bantuan komputer untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Algoritma dapat dimanfaatkan dalam pemrograman manapun karena penulisan dan pembuatan algoritma biasanya tidak tergantung kepada bahasa pemrograman manapun itu. Notasi penulisan algoritma bisa di terjemahkan apapun bahasa perogramannya kedalam berbagai bahasa pemrograman. Algoritmanya sama jika output yang dikeluarkan sama. Beberapa pengertian algoritma yang dikemukakan oleh para ahli, yaitu :



Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

  1. Seymour Lipschutz, Ph.D dan Marc Lipson, Ph.D
    Algoritma adalah suatu daftar langkah-demi-langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.
  2. David Bolton
    Algoritma adalah deskripsi dari suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.
  3. Andrey Andreyevich Markov
    Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.
  4. Stone dan Knuth
    Algoritma adalah suatu seperangkat aturan yang tepat mendefinisikan urutan operasi hingga sedemikian rupa sehingga setiap aturan yang efektif, jelas hingga sedemikian rupa sehingga urutan berakhir dalam waktu yang terbatas.
  5. Amikom Yogyakarta
    Pengertian algoritma adalah sebuah bentuk instruksi dalam bentuk cara atau metode yang akan membantu kamu dalam menyelesaikan program dengan cara yang lebih sistematis.
  6. Minsky
    Algoritma adalah seperangkat arutan yang membertahukan kepada kita dari waktu ke waktu, tepatnya bagaimana untuk bertindak.
  7. Algoritma adalah suatu urutan cara demi cara yang terhingga biasa digunakan dalam menyelesaikan suatu permasalahan oleh arahan-arahan yang di definisikan dengan sangat jelas dikemukakan oleh Seymour Lipschuts, Ph D.
  8. Algoritma adalah gambaran dari suatu langkah-langkah yang memperoleh suatu keberhasilan dari sebuah hasil menurut (David Bolton).
  9. Algoritma adalah suatu yang sangat sering di jumpai untuk dapat dengan mudah di mengerti untuk memproleh suatu keputusan yang mendefinisika cara komputasi data untuk hasil yang diinginkan dikemukakan oleh Andrey Andreyevich Markov.
  10. Algoritma adalah serangkaian aturan yang menyatakan urutan operasi yang lebih efektif dalam waktu yang sangat terbatas dikemukakan oleh Stone dan Knuth.
  11. Algoritma adalah suatu aturan perangkat untuk memberitahukan bagaimana bertindak dari waktu ke waktu menurut Minsky.
  12. Rinaldi Munir, algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.
  13. Secara etimologi, logika berasal dari kata yunani Logos yang artinya adalah Kata, Ucapan, Pikiran secara utuh atau juga berarti Ilmu Pengetahuan (Kusumah, 1986).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.

Menurut tim Gunadarma:1988, algoritma adalah suatu himpunan berhingga dari instruksi-instruksi yang secara jelas memperinci langkah-langkah proses pelaksanaan, dalam pemecahan suatu masalah tertentu, atau suatu kelas masalah tertentu, dengan dituntut pula bahwa himpunan instruksi tersebut dapat dilaksanakan secara mekanik.

Dari semua pendapat para ahli diatas dapat di simpulkan bahwa pengambilan keputusan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan urutan yang logis merupakan suatu algoritma. Hasil yang tidak benar itu dikaraenakan langkah-langkah yang digunakan salah. Agar kita lebih mudah untuk mengetahui arti dari algoritma tersebut.

 

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Syarat Algoritma Adalah
  2. Ciri Ciri Algoritma Yang Baik
  3. Sejarah Algoritma Secara Singkat
  4. Perbedaan Algoritma dan Program Adalah
  5. Struktur Dasar Algoritma Dibagi Menjadi 3
  6. Pengertian Program Menurut Para Ahli Nama Ahli
  7. Penyajian Algoritma Dapat Dibedakan Menjadi Tiga
  8. Bahasa Pemrograman Digolongkan Atas Dua Kelompok Besar
  9. Penulisan Algoritma Terbagi Menjadi 3 Sebutkan dan Jelaskan

 

 





 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-22 22:56:45.

Sistem Informasi