Pengertian Supply Chain Management

Pengertian Supply Chain Management

Proses logistik berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari baik secara langsung maupun tidak langsung. Proses ini tidak hanya berputar disekitar aktivitas pabrik, juga mempunyai peran penting dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk mendukung proses logistik diperlukan suatu rantai aliran barang yang memungkinkan perpindahan barang dari produsen ke konsumen tanpa mengalami hambatan sehingga pelayanan yang diberikan ke pelanggan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan memberikan rasa puas.

Supply Chain merupakan suatu rangkaian proses-proses dan aliran yang terjadi didalam dan diantara tahapan rantai pasok yang berbeda dan berkombinasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas suatu produk. Konsep supply chain ini mengintegrasikan secara efisien antara pemasok, perusahaan, pergudangan, dan toko, sehingga barang yang diproduksi dan didistribusi dengan kualitas yang tepat, lokasi yang tepat, dan waktu yang tepat, untuk meminimumkan biaya-biaya pada kondisi yang memuaskan kebutuhan tingkat pelayanan.

 

Pengertian Supply Chain Management Menurut Ahli

  • Supply chain management (SCM) adalah filosofi management yang secara terus-menerus mencari sumber-sumber fungsi bisnis yang kompeten untuk digabungkan baik dalam perusahaan maupun luar perusahaan seperti mitra bisnis yang berada dalam satu supply chain untuk memasuki sistem supply yang berkompetitif tinggi dan memperhatikan kebutuhan pelanggan, yang berfokus pada pengembangan solusi inovatif dan sinkronisasi aliran produk, jasa, dan informasi untuk menciptakan sumber nilai pelanggan (customer value) secara unik. Dengan memanfaatkan supply chain management. Sebuah supply chain merujuk kepada jaringan yang rumit dari hubungan yang mempertahankan organisasi dengan rekan bisnisnya untuk mendapatkan sumber produksi dalam menyampaikan kepada konsumen (Kalakota, 2000). Tujuan yang hendak dicapai dari setiap supply chain adalah untuk memaksimalkan nilai yang dihasilkan secara keseluruhan (Chopra, 2001). Manajemen rantai suplai bisa juga berarti seluruh jenis kegiatan komoditas dasar hingga penjualan produk akhir ke konsumen untuk mendaur ulang produk yang sudah dipakai.
  • Definisi Supply Chain Management (SCM) menurut Simchi-Levi et al. (1999), merupakan serangkaian pendekatan yang diterapkan untuk mengintegrasikan supplier, pengusaha, gudang (warehouse), dan tempat penyimpanan lainnya secara efisien sehingga produk dihasilkan dan didistribusikan dengan kuantitas yang tepat, lokasi tepat dan waktu yang tepat untuk memperkecil biaya dan memuaskan kebutuhan pelanggan. Definisi lain menyebutkan Supply Chain merupakan sekumpulan aktifitas (dalam bentuk entitas/fasilitas) yang terlibat dalam proses transformasi dan distribusi barang mulai dari bahan baku paling awal dari alam sampai produk jadi pada konsumen akhir. Menyimak dari definisi ini, maka suatu supply chain terdiri dari perusahaan yang mengangkat bahan baku dari bumi/alam, perusahaan yang mentransformasikan bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau komponen, supplier bahan-bahan pendukung produk, perusahaan perakitan, distributor, dan retailer yang menjual barang tersebut kekonsumen akhir. Dengan definisi ini tidak jarang supply chain juga banyak diasosiasikan dengan suatu jaringan value adding activities.



Pengertian Supply Chain Management Menurut Para Ahli dan Contohnya

  1. Pengertian Supply Chain Management Menurut Simchi-Levi, David, Philip Kaminsky, dan Edith
    Supply Chain Management merupakan rangkaian pendekatan yang digunakan untuk dapat mengintegrasikan pemasok, produsen, gudang serta toko dengan secara efektif.
    Supaya persediaan barang dapat diproduksi serta didistribusi pada jumlah yang tepat, ke lokasi yang tepat, dan juga pada waktu yang tepat sehingga biaya keseluruhan sistem bisa diminimalisir selagi berusaha dapat memuaskan kebutuhan dan layanan.
  2. Pengertian Supply Chain Management Menurut Robert J. Vokurka, Gail M. Zank, dan Carl M. Lund III
    SCM yaitu semua kegiatan atau aktivitas yang terlibat dalam menghantarkan produk dari bahan baku dengan melalui pelanggan termasuk sumber bahan baku serta suku cadang.
    Manufaktur dan juga perakitan, pergudangan serta pelacakan inventaris, pesanan yang masuk dan juga manajemen pesanan, distribusi di semua saluran, pengiriman ke pelanggan, serta sistem informasi yang diperlukan untuk memantau seluruh kegiatan.
  3. Pengertian Supply Chain Management Menurut Chase, Aquilano, dan Jacob
    SCM ialah sebuah sistem untuk menerapkan pendekatan dengan secara total dalam mengelola seluruh aliran informasi, bahan, serta juga jasa dari bahan baku dengan melalui pabrik serta gudang hingga ke konsumen akhir.
  4. Pengertian Supply Chain Management Menurut James A dan Mona J. Fitzsimmons
    SCM yakni sebuah sistem pendekatan total untuk mengantarkan produk ke konsumen akhir dengan menggunakan teknologi informasi didalam mengkoordinasikan seluruh elemen supply chain dari mulai pemasok ke pengecer.
  5. Pengertian Supply Chain Management Menurut Christopher
    SCM adalah hubungan timbal balik antara penyedia dan pelanggan untuk menyampaikan nilai-nilai yang sangat optimal kepada pelanggan dengan biaya yang cukup rendah namun memberikan keuntungan supply chain secara menyeluruh.
  6. Pengertian Supply Chain Management Menurut Chase, Aquilano, dan Jacob
    SCM ialah sebuah sistem untuk menerapkan pendekatan dengan secara total dalam mengelola seluruh aliran informasi, bahan, serta juga jasa dari bahan baku dengan melalui pabrik serta gudang hingga ke konsumen akhir.
  7. Pengertian Supply Chain Management Menurut Stevenson
    SCM merupakan suatu koordinasi strategis dari rantai pasokan dengan tujuan untuk dapat mengintegrasikan manajemen penawaran serta permintaan.
  8. Pengertian Supply Chain Management Menurut Ballou
    SCM merupakan jaringan dari organisasi–organisasi yang saling berhubungan dan saling membutuhkan satu sama lain dan mereka bekerjasama untuk mengatur, mengawasi dan meningkatkan arus komoditi dan informasi semenjak dari tititk supplier hingga ke end user.
  9. Pengertian Supply Chain Management Menurut Mentzer et. al.
    SCM yakni koordinasi sistem strategis fungsi bisnis tradisional dan taktik seluruh fungsi-fungsi bisnis dalam suatu perusahaan tertentu dan di seluruh perusahaan dalam rantai pasokan. Untuk tujuan meningkatkan kinerja jangka panjang perusahaan individu dan pasokan rantai secara keseluruhan.
  10. Pengertian Supply Chain Management Menurut Dr. Dawei Lu
    SCM ialah sebuah kelompok dari partisipasi perusahaan yang saling terkait yang menambahakan nilai pada aliran dari perubahan input dari Sumber asal mereka ke produk akhir atau jasa yang dituntut dari konsumen akhir yang dituju.
    Supply chain dibentuk dan hanya dapat dibentuk apabila adanya lebih dari satu perusahaan yang berpartisipasi.
  11. Pengertian Supply Chain Management Menurut Said
    SCM merupakan pengelolaan informasi, barang dan jasa mulai dari pemasok paling awal sampai ke konsumen paling akhir dengan menggunakan pendekatan sistem yang terintegrasi dengan tujuan yang sama.
  12. Pengertian Supply Chain Management Menurut Chow et.al.
    SCM merupakan pendekatan yang holistik dan strategis dalam hal permintaan, operasional, pembelian, dan manajemen proses logistik.
  13. Pengertian Supply Chain Management Menurut Pires, et.al.
    SCM yaitu sebuah jaringan supplier, manufaktur, perakitan, distribusi, dan fasilitas logistik yang membentuk fungsi pembelian dari material, transformasi material menjadi barang setengah jadi maupun produk jadi, dan proses distribusi dari produk-produk tersebut ke konsumen.
  14. Pengertian Supply Chain Management Menurut Levi, et.al
    SCM ialah suatu pendekatan yang digunakan untuk mencapai pengintegrasian yang efisien dari supplier, manufacturer, distributor, retailer, dan customer.
  15. Pengertian Supply Chain Management Menurut Pujawan
    SCM ialah jaringan perusahaan- perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir. Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya termasuk pemasok (supplier), pabrik, distributor, toko, atau ritel, serta perusahaan- perusahaan pendukung seperti perusahaan jasa logistik.
  16. Pengertian Supply Chain Management Menurut Schroeder
    SCM merupakan rangkaian dari proses bisnis dan informasi yang menyediakan produk atau jasa dari supplier ke manufaktur, dan mendistributorkan ke konsumen.
  17. Pengertian Supply Chain Management Menurut J.Aitken
    SCM yaitu sebuah jaringan yang terhubung dan saling bergantung dan menguntungkan dalam organisasi dan saling bekerja sama untuk mengendalikan, mengatur dan mengembangkan alrus material dan informasi dari supplier ke end user.
  18. Pengertian Supply Chain Management Menurut Indrajit dan Djokopranoto
    SCM yakni suatu sistem tempat organisasi menyalurkan barang produksi dan jasanya kepada para pelanggannya.
  19. Pengertian Supply Chain Management Menurut Russell dan Taylor
    SCM ialah suatu proses mengelola arus informasi, produk serta juga pelayanan di semua jaringan baik itu pelanggan, perusahaan hingga pemasok.
  20. Pengertian Supply Chain Management Menurut Franks (1997)
    Pendekatan perusahaan untuk mengoptimasi potensi dari keseluruhan bisnis (tennasuk bisnis pendukung) dalam memenuhi kebutuhan komersial yang meningkat yang diindikasikan oleh pennintaan pelanggan pada keseluruhan sistem.

 




 

 

Lihat juga website berikut :

Kunjungi juga jasa maket

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Manajemen Logistik