Keuntungan Dan Kerugian DBMS

Keuntungan Dan Kerugian DBMS

Keuntungan DBMS dan Contohnya

  1. Mengendalikan redudansi data
    Menghilangkan redudansi dengan cara mengintegrasikan filefile tersebut agar salinan dari data yang sama tidak disimpan. Dikarenakan apabila data yang sama dengan data tersebut ditemukan lebih dari satu tabel di dalam basis data maka akan terjadi redudansi.
  2. Meningkatkan Integritas data
    Integritas basis data megacu pada validitas dan konsistensi data yang tersimpan. Integritas dinyatakan dalam constraints.
  3. Meningkatkan keamanan
    Keamanan sebuah basis data melindungi basis data dari pengguna yang tidak berwenang. dengan cara membuat username dan password untuk mengidentifikasikan pengguna yang memiliki hak akses dalam menggunakan basis data. Akses yang diberikan pada pengguna yang telah memiliki hak akses dapat melakukan operasi seperti, retrieval, insert, update, delete.
  4. Meningkatkan pelayanan backup dan recovery menyediakan fasilitas untuk pemulihan data bila terjadi kegagalan pada software atau hardware dapat di pulihkan sehingga dapat meminimalkan jumlah pemrosesan yang hilang.
  5. Berbagi Data
    DBMS memungkinkan pengguna untuk menggunakan data yang sama secara bersamaan tentunya dengan pengguna yang berwenang.




Kerugian DBMS dan Contohnya

  1. Kompleksitas
    DBMS merupakan sebuah perangkat lunak yang sangat kompleks. Database Designers, Database Developer, Database Administrator dan End-user harus mengerti fungsionalitasnya.
  2. Ukuran
    Karena besarnya kompleksitas pada DBMS membuat DBMS membutuhkan sebuah kapasitas penyimpanan yang besar agar dapat menjalankan aplikasinya.
  3. Biaya dalam DBMS
    Biaya dalam DBMS sangat bervariasi, dan itu tergantung dari lingkungan dan fungsionalitas yang diinginkan.
  4. Biaya tambahan dari hardware
    Membutuhkan biaya tambahan untuk kapasitas penyimpanan dan agar dapat mencapai kinerja yang diinginkan sehingga membutuhkan mesin yang lebih besar.
  5. Biaya Konversi
    Biaya konversi relatif lebih kecil. Biaya konversi meliputi pelatihan karyawan untuk menggunakan sistem yang baru dan memungkinkan karyawan dengan keahlian yang khusus untuk membantu konversi dan menjalankan sistem.

 

 

by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Sistem Informasi