Seiring dengan kemajuan teknologi, maka perkembangan media pembelajaran begitu cepat, di mana masing-masing media yang ada punya ciri-ciri dan kemampuan sendiri. Dari hal ini, kemudian timbul usaha-usaha penataannya yaitu pengelompokkan atau klasifikasi menurut kesamaan ciri-ciri atau karakteristiknya.
Macam-Macam Media Pembelajaran Berbasis Teknologi
Ciri-ciri umum dari media pembelajaran menurut (Oemar Hamalik, 1994) :
- Media pembelajaran identik dengan pengertian peragaan yang berasal dari kata “raga”, artinya suatu benda yang dapat diraba, dilihat dan didengar dan yang dapat diamati melalui panca indera.
- Tekanan utama terletak pada benda atau hal-hal yang dapat dilihat dan didengar.
- Media pembelajaran digunakan dalam rangka hubungan (komunikasi) dalam pengajaran antara guru dan siswa.
- Media pembelajaran adalah semacam alat bantu belajar mengajar, baik di dalam maupun di luar kelas.
- Media pembelajaran merupakan suatu “perantara” (medium, media) dan digunakan dalam rangka belajar.
- Media pembelajaran mengandung aspek, sebagai alat dan sebagi teknik yang erat pertaliannya dengan metode belajar.
Menurut Hamdani (2011, 248) media dapat di kelompokkan menjadi tiga jenis yaitu:
- Media Visual
Media visual adalah media yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan indra pengelihatan. Jenis media inilah yang sering di gunakan oleh para guru untuk membantu menyampaikan isi materi pelajaran. Media visual terdiri atas media yang tidak dapatkan diproyeksikan (non projected visual) dan media yang dapat di proyeksikan (project visual). - Media Audio
Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya dapat di dengar) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan para siswa untuk mempelajari bahan ajar. Program kaset suara dan program radio adalah bentuk mediaaudio. Penggunaan media audio dalam pembelajaran pada umumnya untuk menyampaiakn materi pelajaran tentang mendengarkan. - Media audio visual
Sesuai dengan namanya media ini merupakan kombinasi audio dan visual atau biasa di sebut media pandang-dengar. Audio visual akan menjadikan penjayajian bahan ajar kepada siswa semakin lengkap dan optimal. Selain itu, media ini dalam batas-batas tertentu dapat juga menggantikan peran guru. Sebab, penyajian materi bisa diganti oleh media, dab guru bisa beralih menjadi fasiltatator belajar, yaitu memberikan kemudahan bagi para siswa untuk belajar.
Contoh media audio visual, diantaranya program video atau televisi, video atau televisi intruksional, dan program slide suara (sound slide).
Menurut Sanjaya (2010, 172) mengemukakan bahwa media pembelajaran dapat di klasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi, yaitu:
- Dilihat dari sifatnya, media dapat di bagi kedalam:
- Media auditif, yaitu media yang hanya dapat di dengar saja, atau media yang hanya memiliki unsur suara, seperti radio dan rekaman suara.
- Media visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara. Yang termasuk kedalam media ini adalah film slide, foto, transparansi, lukisan, gambar dan berbagai bentuk bahan yang di cetak seperti media grafis, dsb.
- Media audiovisual, yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang bisa dilihat, misalnya rekaman video, berbagai ukuran film, slide suara dan sebagainya.
- Dilihat dari kemampuan jangkauannya,media dapat di bagi kedalam:
- Media yang memiliki daya liput yang luas dan serentak seperti radio dan televisi.
- Media yang memliki daya liput yang terbatas oleh ruang dan waktu, seperti film slide, film, video, dan lain sebagainya.
- Dilihat dari teknik atau cara pemakaiannya, media dapat di bagi kedalam:
- Media yang di proyeksikan seperti film slide,film strip, transparansi dan lain sebagainya.
- Media yang tidak di proyeksikan seperti gambar, foto, lukisan, radio, dan lain sebagainya.
Berdasarka uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa jenis media sangatlah beragam, maka seorang guru harus terampil dalam memilih media. Pemilihan Media yang tepat dan benar dalam proses belajar akan membuat peserta didik termotivasi mengikuti pembelajaran, tetapi jika media yang digunakan tidak menarik maka materi yang di ajarkan pengajar tidak akan diperhatikan oleh peserta didik.
Media pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran, karena media pembelajaran merupakan perantara antara pengajar dengan peserta didik dalam mentransfer ilmu pengetahuan. Semakin maju perkembangan teknologi, pengajar dituntut untuk dapat berinovasi dalam mengimplementasikan media pembelajaran yang dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
Ada beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu antara lain media audio, media visual, dan media audio visual.Penggunaa media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan Self Motivated Learning dan Self Regulated Learning. Self Motivated Learning adalah kegiatan belajar aktif, yang didorong oleh niat atau motif untuk menguasai suatu kompetensi guna mengatasi suatu masalah, dan dibangun dengan bekal pengetahuan atau kompetensi yang telah dimiliki (Haris Mudjiman, 2009). Sedangkan Self Regulated Learning adalah cara belajar siswa aktif secara individu untuk mencapai tujuan akademik dengan cara pengontrolan perilaku, memotivasi diri sendiri dan menggunakan kognitifnya dalam belajar (Pintrich, 1995).
Macam-Macam Media Pembelajaran Berbasis Teknologi
Pembahasan terkait lainnya :
- Fungsi Media Grafis
- Pengertian Pendidikan IPS
- Ciri Ciri Media Audio Visual
- Media Pembelajaran Interaktif
- Klasifikasi Media Pembelajaran
- Karakteristik Media Audio Visual
- Macam Macam Media Pembelajaran
- Jenis Jenis Media Visual Non Proyeksi
- Cara Menggunakan Media Audio Visual
- Prinsip Penggunaan Media Audio Visual
- Kriteria Materi Pembelajaran Yang Baik
- Ciri-Ciri Media Pembelajaran yang Baik
- Indikator Penilaian Media Pembelajaran
- Kelebihan dan Kekurangan Media Grafis
- Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
- Manfaat Media Pembelajaran Bagi Siswa
- Fungsi Media Visual dalam Pembelajaran
- Pengertian Media Grafis Menurut Para Ahli
- Macam Macam Contoh Media Audio-Visual
- Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli
- Ciri-Ciri Media Pembelajaran Secara Umum
- Landasan Penggunaan Media Pembelajaran
- Komponen Keberhasilan Pendidikan Inklusif
- Jenis-Jenis Media Visual yang Diproyeksikan
- Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Unsur Unsur Yang Terdapat Pada Media Visual
- Ciri-Ciri Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Manfaat Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli
- Ciri Ciri Media Pendidikan Menurut Gerlach & Ely
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran
- Macam Macam Media Grafis dalam Pembelajaran
- Pemilihan Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Manfaat Media Pembelajaran dalam Pembelajaran
- Jenis-Jenis Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Langkah-Langkah Penggunaan Media Audio Visual
- Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Jenis-Jenis Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar
- Jenis Jenis Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran
- Peranan Media Pembelajaran dalam Konteks Belajar
- Kontribusi Media Pembelajaran dalam Proses Belajar
- Pengertian Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan
- Peran Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran
- Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran
- Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran
- Fungsi Manfaat Media Audio Visual dalam Pembelajaran
- Keuntungan Kelemahan Lingkungan Media Pembelajaran
- Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
- Tujuan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
- Kelebihan Kekurangan Media Pembelajaran Berbasis Visual