Keunggulan Sistem Database

Keunggulan Sistem Database

Menurut Abdul Kadir (2010:3) database merupakan suatu wadah untuk mengelola data. Sehingga Sistem database adalah sistem yang digunakan untuk menghubungkan antar data dapat ditujukan dengan adanya field atau kolom kunci dari setiap tabel atau file yang ada. Menurut Kusrini (2007:5) dalam bukunya Strategi Perancangan dan Pengolahan Basis Data menjelaskan bahwa database mempunyai banyak manfaat. Kita dapat memperoleh manfaat/kelebihan basis data (database) diantaranya adalah :



Manfaat / Kelebihan Basis Data

  1. Kecepatan dan kemudahan (speed)
  2. Kebersamaan pemakai (sharability)
  3. Pemusatan kontrol data
  4. Efisiensi ruang penyimpanan (space)
  5. Keakuratan (Accuracy)
  6. Ketersediaan (Availability)
  7. Kelengkapan (Completeness)
  8. Keamanan (Security)
  9. Kemudahan dalam pembuatan program aplikasi baru
  10. Pemakaian secara langsung
  11. Kebebasan data (data independence)
  12. User view

Pengertian Sistem Database :

  • Kumpulan data dalam bentuk file/tabel/arsip yang saling berhubungan dan tersimpan dalam media penyimpanan elektronis, untuk kemudahan dalam pengaturan, pemilahan,  pengelompokan dan pengorganisasian data sesuai tujuan.
  • Himpunan kelompok data yang saling terhubung dan diorganisasi sedemikian rupa supaya kelak dapat dimanfaatkan kembali secara cepat dan mudah.



Keunggulan Sistem Database

  1. Integrasi data (data integration): beberpa file induk digabungkan ke dalam “kelompok-kelompok” data besar atas yang diakses oleh banyak program aplikasi. Contoh: database karyawan yang menggabungkan file induk penggajian, personel, dan keterampilan kerja.
  2. Pembagian data (data sharing): data yang terintegrasi lebih mudah dibagi dengan pengguna sah.
  3. Meminimalkan kelebihan dan inkonsistensi data (minimal data redundancy and data inconsistencies): karena item-item data biasanya hanya disimpan sekali, maka kelebihan dan inkonsistensi data dapat diminimalkan.
  4. Independensi data (data independence): karena data dan program-program yang menggunakannya independen satu sama lain, masing-masing dapat diubah tanpa mengubah lainnya. Independensi data memudahkan dalam pemrograman dan penyederhanaan manajemen data.
  5. Analisis lintas fungsional (cross-functional analysis): hubungan seperti hubungan antara biaya penjualan dan kampanye promosi, dapat secara eskplisit didefinisikan dan digunakan dalam mempersiapkan laporan manajemen.

 

 

 

 






 

by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Sistem Informasi