Pengertian Database Menurut Para Ahli

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Basis data merupakan kumpulan berbagai informasi yang disimpan di komputer dan disusun secara sistematis sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut. Sistem informasi memerlukan basis datasebagai media penyimpanan data. Dalam sebuah institusi atau perusahaan, kehadiran basis data memberi kemudahan dalam setiap kinerjanya. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah basis data disebut sistem manajemen basis data. Berikut beberapa pengertian database menurut para ahli.

Pengertian Database Menurut Para Ahli

  • Pengertian Database menurut Connolly dan Begg (2010:65)
    Basis data adalah sebuah kumpulan data yang secara logis terkait dan dirancang untuk memenuhi suatu kebutuhan informasi dari sebuah organisasi.
  • Pengertian Database menurut Indrajani (2015:70)
    Basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan secara logis dan didesain untuk mendapatkan data yang dibutuhkan oleh suatu organisasi.
  • Pengertian Database menurut Gordon C. Everes
    Databaseadalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis,terbagi/shared,terdefinisi secaraFormal dan dikontrol terpusat padaorganisasi.
  • Pengertian Database menurut C.J. Date
    Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.
  • Pengertian Database menurut Toni Fabbri
    Databaseadalah sebuah sistem file-file yang terintegrasi yang mempunyaiminimalprimary keyuntuk pengulangan data.
  • Pengertian Database menurut S. Attre
    Databaseadalah koleksi data-data yang saling berhubungan mengenaisuatu organisasi /enterprisedengan macam-macam pemakaiannya.



Pengertian Database Secara Umum

Basis data (databese) adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputeruntuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untukmengelola dan memanggil kueri (query) basis data tersebut disebut sistem manajemen basisdata (Database Management System).

Terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi pada file basis data agar dapat memenuhikriteria sebagai suatu basis data, yaitu:

  1. Kerangkapan data, yaitu munculnya data-data yang sama secara berulang-ulang pada file basis data.
  2. Inkonsistensi data, yaitu munculnya data yang tidak konsisten pada field yang sama untuk beberapa file dengan kunci yang sama.
  3. Data terisolasi, disebabkan oleh pemakaian beberapa file basis data. Program aplikasi tidak dapat mengakses file tertentu dalam sistem basis data tersebut, kecuali program aplikasi dirubah atau ditambah sehingga seolah-olah ada file yang terpisah atau terisolasi terhadap file yang lain.
  4. Keamanan data, berhubungan dengan masalah keamanan data dalam sistem basis data. Pada prinsipnya file basis data hanya boleh digunakan oleh pemakai tertentu yang mempunya wewenang untuk mengakses.
  5. Integrasi data, berhubungan dengan unjuk kerja sistem agar dapat melakukan kendali atau kontrol pada semua bagian sistem sehingga sistem selalu beroperasi dalam pengendalian penuh.

 

Ciri-ciri Database adalah:

  1. Sistem yang dapat menyimpan data ke dalam floppy disk atau harddisk
  2. Sistem yang menganut pengolahan data untuk ditambah, diubah, atau dihapus dengan mudah dan terkontrol.
  3. Data terpisah dari program

Sifat-sifat Database :

  1. Internal: Kesatuan (integritas) dari file-file yang terlibat.
  2. Terbagi/share: Elemen-elemen database dapat dibagikan pada para user baik secarasendiri-sendiri maupun secara serentak dan pada waktu yang sama (Concurrent sharing).

 

 





by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Sistem Informasi