Keunggulan Bersaing Melalui Operasi

Keunggulan Bersaing Melalui Operasi

Keunggulan bersaing (competitive adventege) menurut Heizer dan Reinder adalah penciptaan keunggulan yang unik atas pesaing lain. Idenya adalah penciptaan nilai pelanggan (customer value) dengan cara yang efisien dan bertahan lama. Keunggulan bersaing meliputi bersaing pada pembedaan, bersaing pada biaya, dan bersaing pada respons.



Keunggulan Bersaing Melalui Operasi

    1. Bersaing pada Pembedaan

      Pembedaan berhubungan dengan penyajian suatu kekhasan, peluang sebuah perusahaan untuk menciptakan keunikan bias dilakukan pada semua aktivitas perusahaan. Banyak perusahaan menyertakan jasa dan banyak jasa memasukkan unsur produk, penciptaan keunikan harus dilakukan. Bahkan pembedaan harus diartikan melampaui ciri fisik dan atribut jasa yang mencakup segala sesuatu mengenai produk atau jasa yang memengaruhi nilai ketika konsumen mendapatkannya.
      Manajemen operasi mendefinisikan secara efektif segala sesuatu tentang barang atau jasa yang akan memengaruhi nilai potensial bagi pelanggan. Hal ini dapat berupa jenis barang yang beragam, ciri, atau jasa yang berkaitan dengan produk. Beberapa jasa ditunjukkan melalui kenyamanan (lokasi di pusat kota), pelatihan, pengantaran dan pemasangan produk, atau jasa perbaikan dan pemeliharaan.
      Dalam sektor jasa, satu pilihan untuk membedakan barang adalah melalui pengalaman, maksud dari pembedaan pengalaman dapat mengikat pelanggan untuk menggunakan kelima indra sehingga larut dan menjadi pengguna aktif produk tersebut. Disney melakukan ini pada magic kingdom. Orang tidak hanya menikmati wahana yang ada, tetapi juga larut dalam magic kingdom yang dikelilingi oleh tampilan visual yang dinamis dan sarana yang melengkapi wahana fisik yang ada. Beberapa wahana mengikat pelanggan dengan membiarkan mereka menyetir dan menembak target atau penjahat. Restoran dengan tema seperti Hard Rock Café (1967) membedakan dirinya dengan menyuguhkan “pengalaman”. Hard Rock mengikat pelanggan dengan musik rock klasik, video musik rock layar lebar, memorabilia, dan karyawan yang dapat menceritakan sejarah musik rock.



  1. Bersaing pada Biaya

    Suatu pemicu strategi bersaing pada biaya rendah adalah fasilitas yang digunakan secara efektif. Southwest Airlines berhasil menghasilkan keuntungan saat perusahaan penerbangan AS lain merugi miliaran dolar. Southwest melakukan dengan memenuhi kebutuhan akan penerbangan murah dan menyediakan penerbangan jarak dekat. Strategi operasinya adalah menggunakan airport dan terminal kelas dua, penempatan tempat duduk dengan cara siapa cepat siapa dapat, pilihan harga tiket yang tidak terlalu beragam, kru yang lebih sedikit tetapi terbang lebih lama, penerbangan yang hanya menyajikan makanan ringan atau tanpa makanan, dan tidak ada kantor tiket di pusat kota. Southwest dan perusahaan lain yang menggunakan strategi biaya rendah memahami hal ini dan menggunakan sumber daya secara efektif.
    Kepemimpinan biaya rendah (low cost leadership) berarti mencapai nilai maksimum sebagaimana yang diinginkan pelanggan. Hal ini membutuhkan pengujian sepuluh strategi manajemen operasi dengan usaha yang keras untuk menurunkan biaya dan tetap memenuhi nilai harapan pelanggan. Strategi biaya rendah tidak berarti nilai atau kualitas barang menjadi rendah.

  2. Bersaing pada Respons

    Respons yang cepat dianggap sebagai respons yang fleksibel, dapat diandalkan, dan cepat. Heizen (1978) mendefinisikan respons sebagai keseluruhan nilai yang terkait dengan pengembangan dan pengantaran barang yang tepat waktu, penjadwalan yang dapat diandalkan, dan kinerja yang fleksibel. Respons yang fleksibel dapat dianggap sebagai kemampuan untuk memenuhi perubahan yang terjadi di pasar, yaitu terjadi pembaharuan rancangan dan fluktuasi volume. Produk HP yang mempunyai siklus hidup dalam hitungan bulan, perubahan volume dan biaya selama masa siklus hidup yang pendek mampu mengubah barang dan volume sebagai respons perubahan dramatis dalam rancangan produk dan biaya yang membangun keunggulan bersaing yang langgeng.
    Penjadwalan yang dapat diandalkan, contohnya industri mesin Jerman menjaga keunggulannya melalui respons yang dapat diandalkan, terlepas dari upah tenaga kerjanya yang paling mahal di dunia. Respons yang cepat menggambarkan penjadwalan yang dapat diandalkan. Perusahaan mesin Jerman mempunyai jadwal dan melaksanakan jadwal ini. Hasil penjadwalan ini dikomunikasikan kepada pelanggan dan pelanggan dapat menggandalkan mereka. Oleh karena itu, keunggulan bersaing yang dihasilkan melalui respons yang dapat diandalkan mempunyai nilai lebih bagi pelanggan.
    Kecepatan dalam respons adalah kecepatan dalam rancangan, produksi, dan pengantaran. Contoh, Johnson electric holdings adalah kecepatan pengembangan produk, kecepatan produksi dan kecepatan dalam pengiriman 13 juta motor perbulan, hampir seluruhnya dirakit di Cina, tetapi dikirim ke seluruh dunia. Penerapan strategi manajemen organisasi yang membangun sistem dengan respons cepatlah yang dapat memiliki keunggulan bersaing. Masing-masing keunggulan bersaing menggunakan strategi manajemen operasi yang berbeda, tetapi pada umumnya perusahaan lebih sering menerapkan kombinasi di antaranya.

 

 



 

 

Pembahasan lain : 

  1. Kategori Strategi Bisnis
  2. Karakteristik Mutu Produk
  3. Isu dalam Strategi Operasi
  4. Faktor Penentu Mutu Produk
  5. Fungsi Produksi dan Operasi
  6. Faktor-Faktor Produksi Adalah
  7. Tujuan Persediaan Bahan Baku
  8. Metode Pengendalian Persediaan
  9. Anggaran Pembelian Bahan Baku
  10. Sub-Sub Sistem Produksi Meliputi
  11. Jenis-Jenis Persediaan dan Contohnya
  12. Analisis Situasi dan Strategi Perusahaan
  13. Komponen Strategi Produksi dan Operasi
  14. Biaya Biaya Yang Ada Dalam Persediaan
  15. Aktivitas Aktivitas dalam Sistem Produksi
  16. Pengertian Bahan Baku Menurut Para Ahli
  17. Pandangan Secara Global Tentang Operasi
  18. Faktor Yang Mempengaruhi Luas Produksi
  19. Ruang Lingkup Manajemen Produksi Adalah
  20. Pengertian Proses Produksi Menurut Para Ahli
  21. Pengembangan dan Penerapan Strategi Operasi
  22. Macam Macam Strategi Manajemen Operasional
  23. Pengertian Pengendalian Persediaan Bahan Baku
  24. Pengertian Manajemen Produksi Menurut Para Ahli
  25. Sepuluh Keputusan Strategi dalam Manajemen Operasi
  26. Faktor-Faktor Yang Menentukan Persediaan Bahan Baku
  27. Sejarah Perkembangan Manajemen Produksi dan Operasi
  28. Fungsi Manajemen Produksi dalam Kegiatan Bisnis Meliputi
  29. Strategi Manajemen Operasi dalam Meningkatkan Produktivitas
  30. Pengertian Manajemen Produksi dan Operasi Menurut Para Ahli
  31. Ruang Lingkup Manajemen Produksi dan Operasi di Perusahaan
  32. Manajemen Operasi dan Produksi & Kerangka Keputusan Operasi

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-05-11 02:50:11.

Manajemen Produksi