Jenis-Jenis Petikemas

Jenis-Jenis Petikemas

Jenis Jenis Petikemas. Petikemas merupakan suatu bentuk (kotak, persegi, bulat) yang terbuat dari logam yang mempunyai pintu atau lubang untuk memasukkan sesuatu muatan atau barang agar aman dan terhindar dari pengaruh cuaca yang dilengkapi dengan alat untuk membuka atau mengunci, kemudian pada keempat sudutnya terhadap lubang untuk mengunci serta dapat digunakan berulang kali.

Pengiriman barang dengan menggunakan petikemas (container) telah banyak dilakukan dari tahun ke tahun dan volumenya mengalami peningkatan. Pengangkutan dengan menggunakan petikemas memungkinkan barang-barang digabungkan menjadi satu dalam petikemas sehingga aktivitas bongkar muat dapat dimekanisasikan. Hal ini dapat meningkatkan jumlah muatan dan waktu untuk bongkar muat menjadi lebih cepat. Petikemas adalah satu kemasan yang dirancang secara khusus dengan ukuran tertentu dapat dipakai berulang kali, dipergunakan untuk menyimpan dan sekaligus mengangkut muatan yang ada didalamnya.

 



 

Jenis-Jenis Petikemas Kontainer dan Penjelasannya :

  1. Dry Cargo Container.
    Petikemas ini digunakan untuk mengangkut muatan umum atau bisa disebut general cargo yang terdiri dari berbagai jenis barang dagangan nya kering yang sudah dikemas dalam commodity packing yang tidak memerlukan penanganan khusus.
  2. Reefer Container.
    Petikemas ini digunakan untuk mengangkut barang yang harus diangkut dalam keadaan beku seperti ikan segar, daging hewan.
  3. Bulk Container.
    Petikemas ini digunakan untuk mengangkut muatan curah (cargo), seperti, beras, gandum yang tidak dikemas.
    Konstruksinya tidak menggunakan pintu biasa melainkan hanya bukaan kecil dibagian bawah belakang untuk membongkar muatan curah tersebut. Sedangkan untuk pemuatan barang di curahkan melalui bukaan yang pada atap petikemas.
  4. Open Side Container.
    Petikemas jenis ini mempunyai pintu yang berada di bagian samping memanjang sepanjang petikemas tidak diberi pintu sebagaimana jenis lainnya melainkan hanya terpal saja guna melindungi muatan dari pengaruh cuaca kegunaannya petikemas ini seperti mesin dan alat berat lainnya.
  5. Soft Top Container.
    Petikemas jenis ini terbuka bagian atasnya dari bagian itulah biasanyamuatan diletakkan dan diambil. Bagian atasnya biasanya ditutup dengan terpal untuk melindungi pengaruh cuaca, petikemas ini biasanya digunakan untuk barang-barang yang tingginya melebihi ketinggian petikemas tersebut.
  6. Open Top-Open Side Container.
    Petikemas ini hanya berupa geladak dengan empat tinggi sudut dan empat set lubang untuk memasukkan locking pin. Petikemas ini di gunakan untuk pengepalan barang berat yang tidak memerlukan perlindungan terhadap pengaruh cuaca.
  7. Tank Container.
    Petikemas jenis ini berupa tanki baja berkapasitas 4000 galon (kl. 15.140 liter) yang dibangun di dalam kerangka petikemas jenis open side petikemas ini digunakan untuk mengapalkan bahan kimia atau bahan cair lainnya.
  8. Flat rack Container.
    Petikemas jenis ini hampir berupa alas saja tapi memiliki dua sekat yang terdapat di muka dan belakang berfungsi untuk memuat barang atau muatan seperti head truck, dump truck, dan muatan yang tidak dapat dimasukan dalam dry cargo container.

 

 

Baca juga Tanggung jawab perusahaan bongkar muat




 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Logistik