Menurut Yousafzai dalam Rahmadi dan Malik, (2016: 130) mendefinisikan kepercayaan sebagai pondasi dari bisnis. Suatu transaksi bisnis antara dua pihak atau lebih akan terjadi apabila masing – masing saling mempercayai. Kepercayaan ini tidak begitu saja dapat diakui oleh pihak lain atau mitra bisnis, melainkan harus dibangun mulai dari awal dan dapat dibuktikan. Terdapat beberapa indikator kepercayaan menurut Maharani (2010) dalam variabel kepercayaan yaitu :
Indikator Kepercayaan Menurut Maharani 2010
-
Kehandalan
Kehandalan merupakan konsisten dari serangkaian pengukuran. Kehandalan dimaksudkan untuk mengukur kekonsistenan perusahaan dalam melakukan usahanya dari dulu sampai sekarang.
-
Kejujuran
Bagaimana perusahaan/pemasar menawarkan produk barang atau jasa yang sesuai dengan informasi yang diberikan perusahaan/pemasar kepada konsumennya.
-
Kepedulian
Perusahaan/pemasar yang selalu melayani dengan baik konsumennya, selalu menerima keluhan-keluhan yang dikeluhkan konsumennya serta selalu menjadikan konsumen sebagai prioritas.
-
Kredibilitas
Kualitas atau kekuatan yang ada pada perusahaan/pemasar untuk meningkatkan kepercayaan konsumennya.
Pembahasan lainnya :
- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen
- Hubungan Antara Citra Merek dengan Keputusan Pembelian
- Prinsip-Prinsip Yang Digunakan Dalam Kualitas Pelayanan
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Komponen Komponen Citra Merek Menurut Para Ahli
- Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen
- Indikator Kepuasan Konsumen Menurut Tjiptono
- Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen
- Indikator Kepercayaan Menurut Maharani 2010
- Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan
- Indikator Keputusan Pembelian Menurut Kotler
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Indikator Kualitas Pelayanan Menurut Kotler
- Pengertian Merek Menurut UU dan Para Ahli
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Tahap Keputusan Pembelian Menurut Kotler
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
- Elemen Kepuasan Konsumen Menurut Ahli
- Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan
- Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
- Tujuan Penetapan Harga Menurut Ahli
- Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
- Karakteristik Kepercayaan Konsumen
- Cara Mengukur Kepuasan Konsumen
- Dimensi Citra Merek Menurut Ahli
- 4 Karakteristik Syariah Marketing
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Jenis Kepercayaan Konsumen
- Syarat-Syarat Memilih Merek
- 3 Strategi Citra Merek