Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Menurut Para Ahli

Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Menurut Para Ahli

Menurut Mayer et al. (1995) dalam Rofiq (2007: 32), faktor yang membentuk kepercayaan seseorang terhadap yang lain ada tiga yaitu kemampuan (ability), kebaikan hati (benevolence), dan integritas (integrity). Ketiga faktor tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :



Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Menurut Ahli Mayer

  1. Kemampuan (Ability)
    Kemampuan mengacu pada kompetensi dan karakteristik penjual/organisasi dalam mempengaruhi wilayah yang spesifik. Dalam hal ini, bagaimana penjual mampu menyediakan, melayani, sampai mengamankan transaksi dari gangguan pihak lain. Artinya bahwa konsumen memperoleh jaminan kepuasan dan keamanan dari penjual dalam melakukan transaksi. Kim et al. dalam Rofiq (2007) menyatakan bahwa ability meliputi kompetensi, pengalaman, pengesahan institusional, dan kemampuan dalam ilmu pengetahuan.
  2. Kebaikan hati (Benevolence)
    Kebaikan hati merupakan kemauan penjual dalam memberikan kepuasan yang saling menguntungkan antara dirinya dengan konsumen. Profit yang diperoleh penjual dapat dimaksimumkan, tetapi kepuasan konsumen yang tinggi. Penjual bukan semata–mata mengejar profit maksimum semata, melainkan juga memiliki perhatian yang besar dalam mewujudkan kepuasan konsumen. Menurut Kim et al. dalam Rofiq (2007), benevolence meliputi perhatian, empati, keyakinan dan daya terima.
  3. Integritas (Integrity)
    Integritas berkaitan dengan bagaimana perilaku atau kebiasaan penjual dalam menjalankan bisnisnya. Informasi yang diberikan kepada konsumen apakah benar sesuai dengan fakta atau tidak. Kualitas produk yang dijual apakah dapat dipercaya atau tidak. Kim et al. dalam Rofiq (2007) mengemukakan bahwa integrity dapat dilihat dari sudut kewajaran (fairness), pemenuhan (fulfillment), kesetiaan (loyalty), keterus-terangan (honestly), keterkaitan (dependability) dan kehandalan (reliability).

Dalam penelitian ini, faktor yang membentuk kepercayaan dijadikan sebagai dimensi, yang kemudian akan dijabarkan menjadi item pernyataan untuk kuesioner variabel kepercayaan.

 

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen
  2. Hubungan Antara Citra Merek dengan Keputusan Pembelian
  3. Prinsip-Prinsip Yang Digunakan Dalam Kualitas Pelayanan
  4. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
  5. Komponen Komponen Citra Merek Menurut Para Ahli
  6. Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen
  7. Indikator Kepuasan Konsumen Menurut Tjiptono
  8. Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen
  9. Indikator Kepercayaan Menurut Maharani 2010
  10. Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan
  11. Indikator Keputusan Pembelian Menurut Kotler
  12. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  13. Indikator Kualitas Pelayanan Menurut Kotler
  14. Pengertian Merek Menurut UU dan Para Ahli
  15. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  16. Tahap Keputusan Pembelian Menurut Kotler
  17. Dimensi Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  18. Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
  19. Elemen Kepuasan Konsumen Menurut Ahli
  20. Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan
  21. Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
  22. Tujuan Penetapan Harga Menurut Ahli
  23. Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
  24. Karakteristik Kepercayaan Konsumen
  25. Cara Mengukur Kepuasan Konsumen
  26. Dimensi Citra Merek Menurut Ahli
  27. 4 Karakteristik Syariah Marketing
  28. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  29. Jenis Kepercayaan Konsumen
  30. Syarat-Syarat Memilih Merek
  31. 3 Strategi Citra Merek

 

 

 




 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran