Menurut Randall dalam Donni Juni (2017,p.204) terdapat lima cara untuk mengukur kepuasan konsumen, yaitu :
Cara Mengukur Kepuasan Konsumen
- Keluhan
Melalui keluhan, perusahaan dapat mempelajari banyak hal. Menurut hasil penelitian konsumen yang merasa tidak puas tetapi tidak mengeluh jarang melakukan pembelian ulang. Namun konsumen yang mengeluh dan keluhannya ditangani dengan baik, adalah mereka yang kembali lagi untuk membeli. - Telepon Bebas/Internet
Perusahaan menawarkan telepon bebas pulsa untuk konsumen yang ingin mengelih, sehingga konsumen dapat langsung menghubungi perusahaan melalui internet. - Survei
Survei ada yang dapat diisi langsung oleh konsumen atau berbentuk penelitian pemasaran yang konsvensional. - Mystery Shoppers
Merupakan orang yang dipekerjakan untuk membeli produk seperti halnya konsumen, kemudian mereka memberikan laporan lengkap mengenai unsur-unsur dari produk tersebut. - Analisis Konsumen
Hilang Semua perusahaan pernah kehilangan konsumen mereka, namun yang paling penting adalah mengurangi jumlah konsumen yang hilang, sehingga perlu dilakukan analisis mengapa konsumen hilang, yang dapat dilakukan melalui wawancara dengan konsumen atau melalui survey.
Pembahasan lainnya :
- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen
- Hubungan Antara Citra Merek dengan Keputusan Pembelian
- Prinsip-Prinsip Yang Digunakan Dalam Kualitas Pelayanan
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Komponen Komponen Citra Merek Menurut Para Ahli
- Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen
- Indikator Kepuasan Konsumen Menurut Tjiptono
- Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen
- Indikator Kepercayaan Menurut Maharani 2010
- Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan
- Indikator Keputusan Pembelian Menurut Kotler
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Indikator Kualitas Pelayanan Menurut Kotler
- Pengertian Merek Menurut UU dan Para Ahli
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Tahap Keputusan Pembelian Menurut Kotler
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
- Elemen Kepuasan Konsumen Menurut Ahli
- Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan
- Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
- Tujuan Penetapan Harga Menurut Ahli
- Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
- Karakteristik Kepercayaan Konsumen
- Cara Mengukur Kepuasan Konsumen
- Dimensi Citra Merek Menurut Ahli
- 4 Karakteristik Syariah Marketing
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Jenis Kepercayaan Konsumen
- Syarat-Syarat Memilih Merek
- 3 Strategi Citra Merek