Jenis Jenis Media Visual Dalam Pembelajaran

Jenis Jenis Media Visual Dalam Pembelajaran

Jenis Jenis Media Visual Dalam Pembelajaran dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu:

  • Media Visual Non-Proyeksi

Media visual non-proyeksi jenis media yang paling sering digunakan dalam bentuk pembelajaran karena penggunaannya yang sederhana sehingga tidak perlu repot dalam penggunaannya, tidak memerlukan banyak perlengkapan dan lebih murah. Media visual non-proyeksi dapat mengartikan ide abstrak menjadi lebih nyata. Beberapa bentuk media visual non-proyeksi yang sering digunakan dalam pembelajaran dan pengajaran

  1. Prototype dan Model
    Prototype dan model merupakan objek tiruan dalam bentuk tiga dimensi sebagai pengganti dari benda yang sebenarnya. Penggunaan prototype dan model dalam belajar mengajar dapat mengatasi keterbatasan ketersediaan objek nyata, baik keterbatasan karena alasan biaya maupun karena sulit dijangkau karena letaknya jauh. Misalnya, untuk mempelajari tata letak geografis planet bumi sehingga memerlukan globe untuk mengetahuinya.
  2. Media Grafis
    Media grafis memberikan pesan dan informasi melalui simbol visual media. Fungsi dari media grafis itu sendiri sangat menarik perhatian para audience, karena memiliki bentuk yang manarik dan dapat memperjelas pembelajaran, serta dapat mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang menarik.
  3. Media Cetak
    Media cetak merupakan media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk cetak. Media cetak jenis ini tergolong dalam kelompok media cetak yang paling tua karena media yang pertama kali ada dan banyak digunakan dalam proses pembalajaran karena lebih praktis dan terjangkau penggunaannya serta terdapat diberbagai tempat.
  4. Benda Nyata
    Benda nyata merupakan benda yang dapat dilihat dan dirasakan oleh indra peraba, didengar sehingga memberikan pengalaman langsung kepada para audience. Benda nyata tidak harus dihadirkan didalam ruangan kelas tetapi siswa dapat melihatnya langsung ke lokasi objek yang akan dilihat.



  • Media Visual Proyeksi

Dalam perkembangan produk teknologi informasi dan komunikasi, dan komputer memungkinkan media visual dalam pembelajaran dapat ditampilkan dengan alat proyektor. Proyektor berfungsi sebagai media untuk menampilkan objek atau mengilustrasi pada layar proyektor atau di layar monitor dengan ukuran yang lebih besar, sehingga mudah dilihat dan diamati oleh seluruh audience dalam satu kegiatan belajar mengajar. Media visual proyeksi juga dapat dibuat dari kreasi pemotretan menggunkan kamera atau menggunakan program aplikasi yang telah tersedia salah satunya adalah power point.

 

 




 

 

Kunjungi juga web lainnya: