Istilah pelayanan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan pelayanan sebagai usaha melayani kebutuhan orang lain, sedangkan melayani adalah membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan seseorang.
Salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan dan kualitas perusahaan menurut Sviokla (Lupiyoadi, 2001:147) adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan kepadanasabah. Terdapat dua penjelasan mengenai pelayanan oleh Lovelock dan Wright (2005:5): Pertama, pelayananadalah tindakan atau kinerja yang ditawarkan suatu pihak kepada pihak lainnya. Walaupun prosesnya mungkinterkait dengan produk fisik, kinerjanya pada dasarnya tidak nyata dan biasanya tidak menghasilkan kepemilikanatas faktor-faktor produksi. Kedua, pelayanan adalah kegiatan ekonomi yang menciptakan dan memberikanmanfaat bagi pelanggan pada waktu dan tempat tertentu, sebagai hasil dan tindakan mewujudkan perubahanyang diinginkan dalam diri-atau atas nama-penerima pelayanan tersebut. (Gaby I. M. Walandouw, 2014).
Indikator-Indikator Kualitas Pelayanan Menurut Kotler (2009,p.128) :
-
- Keberwujudan (tangibles) adalah menampilan dan kemampuan sarana dan prasarana fisik perusahaan yang dapat diandalkan keadaan lingkungan sekitarnya merupakan bukti nyata dari pelayanan yang diberikan oleh pemberi jasa.
- Daya tanggap (responsiveness), yaitu suatu kebijakan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat (responsive) dan tepat kepada pelanggan, dengan penyampaian informasi yang jelas.
- Jaminan (assurance), yaitu pengetahuan, kesopansantunan, dan kemampuan para pegawai perusahaan untuk menumbuhkan rasa percaya pada pelanggan kepada perusahaan.
- Empati (empathy), yaitu memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi yang diberikan kepada para pelanggan dengan berupaya memahami keinginan konsumen. Apabila kelima dimensi kualitas layanan mendapat nilai positif maka kualitas layanan ini akan berdampak pada terjadinya keputusan pembelian.
Pembahasan lainnya :
-
- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen
- Hubungan Antara Citra Merek dengan Keputusan Pembelian
- Prinsip-Prinsip Yang Digunakan Dalam Kualitas Pelayanan
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Komponen Komponen Citra Merek Menurut Para Ahli
- Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen
- Indikator Kepuasan Konsumen Menurut Tjiptono
- Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen
- Indikator Kepercayaan Menurut Maharani 2010
- Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan
- Indikator Keputusan Pembelian Menurut Kotler
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Indikator Kualitas Pelayanan Menurut Kotler
- Pengertian Merek Menurut UU dan Para Ahli
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Tahap Keputusan Pembelian Menurut Kotler
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
- Elemen Kepuasan Konsumen Menurut Ahli
- Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan
- Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
- Tujuan Penetapan Harga Menurut Ahli
- Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
- Karakteristik Kepercayaan Konsumen
- Cara Mengukur Kepuasan Konsumen
- Dimensi Citra Merek Menurut Ahli
- 4 Karakteristik Syariah Marketing
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Jenis Kepercayaan Konsumen
- Syarat-Syarat Memilih Merek
- 3 Strategi Citra Merek