Tujuan Sistem Pengendalian Intern

Tujuan Sistem Pengendalian Intern

Tujuan Sistem Pengendalian Intern Menurut Mulyadi 2013

Pengertian sistem pengendalian itern yang diberikan tercakup pula tujuan dari sistem pengendalian intern itu sendiri yang menurut Mulyadi (2013:163) dibagi menjadi dua macam yaitu :

  1. Pengendalian intern akuntansi Pengendalian intern akuntansi meliputi struktur organisasi,metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan terutama untuk menjaga kekayaan organisasi dan mengecek ketelitian dan keandalandata akuntansi. Pengendalian intern akuntansi yang baik akanmenjamin kekayaan para investor dan kreditur yang ditanamkandalam perusahaan yang akan menghasilkan laporan keuangan yangdapat dipercaya.
  2. Pengendalian intern administratif Pengendalian intern administratif meliputi struktur organisasi,metode, dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan terutama untuk mendorong efisiensi dan dipatuhinnya kebijakan manajemen

 



Tujuan Sistem Pengendalian Intern Menurut Mulyadi 2016

  1. Menjaga keamanan harta milik suatu organisasi Manajemen memerlukan informasi yang teliti dapat dipercaya dan tepat pada waktunya untuk mengolah kegiatan-kegiatan perusahaan.
  2. Mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi Pengawasan yang memadai diperlukan untuk melindungi barang-barang atau harta milik perusahaan yang mungkin hilang karena dicuri, disalahgunakan, rusak karena kecelakaan atau musibah dan sebab-sebab lain yang dapat merugikan perusahaan.
  3. Mendorong efisiensi kerja atau operasional perusahaan Mekanisme pengawasan atau pengendalian intern yang diasosiasikan dengan para personil dan kegiatannya, dimaksudkan untuk mencegah atau menghindari terjadinya berbagai peristiwa dan keadaan yang berakibat timbulnya unefisiensi operasi manajemen.
  4. Mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen Kebijaksanaan peraturan dan prosedur-prosedur pelaksanaan itu ditetapkan oleh manajemen sebagai alat untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan. Sistem pengadilan intern berserta mekanismenya diciptakan untuk manajemen bahwa semua kebijakan, peraturan dan prosedur- prosedur yang ditetapkan itu selalu dipatuhi oleh perusahaan.

 

 

 





by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Akuntansi