Tugas Freight Forwarding

Tugas Freight Forwarding

Berikut adalah beberapa fungsi atau tugas dan tanggung jawab freight forwarding.

Menurut Amir (2005: 120-123) fungsi dari freight forwader antara lain:

  • Membantu menekan biaya serendah-rendahnya

Freight forwarder membantu eksportir untuk menekan biaya dengan berbagai cara, yaitu menentukan persyaratan harga ekspor khususnya atas dasar CostandFreight(CIF) maka sekurang-kurangnya freight forwading dapat menekan biaya angkut maka harga ekspor atas dasar Cost and Freight (CIF) akan menjadi lebih kompetitif dan pada umumnya freight forwarder dapat mencarikan perusahaan pelayaran yang dapat memberikan ongkos angkut yang lebih murah bagi pelanggannya.

  • Membantu pengawasan atas barang supaya tetap dalam keadaan utuh dan dalam kondisi yang baik (intact and good condition).

Freight forwarder berfungsi mengepak muatan dengan syarat tertentu dan biasanya sudah mempunyai peralatan yang lengkap untuk pengepakan barang-barang yang sesuai dengan angkutan petikemas, pallet, dan lain-lain.

  • Membantu mengamankan barang.

Freight forwarder berfungsi mengamankan barang bila terjadi keterlambatan dalam pelayaran, misalnya: masa berlaku ijin impor dari pembeli berakhir maupun masa berlaku L/C berakhir namun barang terlanjur dikirim dan belum dapat diterima, ditolak pembeli sampai penyelesaian masalah dengan pembeli yang bersangkutan.

  • Membantu eksportir dalam melakukan penyelesaian barang tepat pada waktunya.

Freight forwarder berfungsi untuk memesan ruang di kapal (booking space) dan memperkirakan waktu pengapalan (sailing date) yang sesuai dengan waktu penyerahan (delivery time) yang disepakati dengan pembeli. Manfaatnya adalah hubungan yang terjalin lama antara freight forwarder dengan perusahaan pelayaran lebih mudah dibandingkan oleh eksportir itu sendiri dan dokumen ekspor yang dikerjakan oleh freight forwader dianggap pihak Bea dan Cukai sudah biasa menangani dokumen ekspor, maka dapat memperlancar penyelesaian bongkar muat barang.

 





by Maket Creator

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Manajemen Logistik